artikel

10 Alasan Kamu Wajib Magang Sambil Kuliah

By  | 

Sebagai lulusan baru atau fresh graduates, perusahaan lebih memilih merekrut calon karyawan dengan pengalaman magang dibandingkan dengan yang tidak memiliki pengalaman kerja karena mereka yang telah memiliki pengalaman magang lebih siap terjun ke dunia kerja.

Namun sayangnya, tidak semua universitas atau institusi mewajibkan dan memberikan program magang. Padahal memiliki gelar saja tidak cukup bila hanya belajar teori tanpa bekal pengetahuan dan kemampuan siap dunia kerja.

Nah berikut 10 alasan kenapa kamu harus ikut magang selama kuliah tanpa berpikir 2 kali :
1. Gali Pengalaman.
Sebagai pelajar atau mahasiswa, kita masih minim pengalaman kerja dalam lingkungan kantor dan melalui program magang ini merupakan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman. Kita akan bertemu dengan beragam orang dan melihat bagaimana mereka bekerjasama dengan satu tujuan.

2. Nilai plus di CV
Memiliki pengalaman magang akan menjadi nilai plus karena membuktikan kamu memiliki bekal pengalaman dalam dunia kerja dan praktek kerja nyata dibandingkan mereka yang tidak memiliki.

3. Meningkatkan kemampuan komunikasi
Setiap perusahaan pasti melihat kemampuan komunikasi yang baik untuk posisi atau lowongan apa pun dan yang bisa mengekspresikan diri secara baik. Menjadi pemagang menjadi jalan untuk melatih kemampuan komunikasi dalam dunia profesional.

4.  Meningkatkan rasa percaya diri
Apakah berbicara di depan umum, memberikan presentasi atau memberikan ide baru, pengalaman internship atau magang akan membantu kamu meningkatkan rasa percaya diri dengan mudah. Pengalaman magang akan membantu kamu dalam meraih career goal.

5. Membangun Relasi
Bekerja di kantor akan memberikan kamu kesempatan untuk bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang dari latar belakang berbeda. Pengalaman magang ini yang akan memperluas jaringan profesional dan membangun kontak yang kelak akan berguna.

6. Membantu pada saat interview
Ketika kamu sudah lulus maka kamu akan dapat menceritakan pengalaman magang kamu terutama bila masih dalam bidang yang sama dengan pekerjaan yang kamu lamar.

7. Etos kerja
Masing-masing perusahaan memiliki standardisasi peraturan yang boleh dan tidak boleh dilakukan yang berbeda dengan perusahaan lainnya. Dengan kata lain, kamu jadi memiliki pengetahuan budaya dunia kerja profesional dengan memiliki pengalaman magang.

8. Mendapatkan bekal pengetahuan dari beragam industri
Bila kamu memiliki pengalaman magang di lebih dari 1 perusahaan, maka kamu akan memiliki pengetahuan berbagai sektor industri dalam jangka waktu relatif singkat.

9. Dapat membedakan antara teori dan praktek
Setelah memiliki bekal pengalaman magang profesional maka kamu dapat dengan mudah membedakan teori yang kamu pelajari selama di sekolah atau universitas dengan praktek nyata dalam dunia kerja.

10. Mempelajari sifat manusia
Kamu akan bertemu dan bekerjasama dengan berbagai latar belakang orang berbeda untuk mencapai satu tujuan dalam dunia profesional yang dimana tidak mudah mungkin sebagian akan berbeda pendapat dengan kamu. Kamu harus mempelajari kemampuan untuk mencapai sepakat dengan berbagai tipe orang dengan cara cerdas.

 

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *