artikel

10 keahlian baru yang dapat kamu pelajari dalam 6 enam bulan

By  | 

Ketika kamu memasuki dunia kerja atau industri baru, resume kamu masih kurang kemampuan dan pengalaman terutama jika kamu baru lulus. Tidak dapat dipungkiri ketika perusahaan menanyakan kapabilitas kamu dalam hal teknis baru yang membuat kamu mendadak seolah berada dalam air panas.

Terdapat banyak cara untuk meningkatkan resume kamu salah satunya dengan dengan mempelajari beberapa kemampuan baru. Berbagai kemampuan aplikatif dapat kamu pelajari dalam waktu enam bulan atau kurang, yang merupakan jalan terbaik untuk menarik perhatian perusahaan potensial secara elegan.

Apa pun pilihan pekerjaan kamu, berikut 10 keahlian paling berguna yang dapat kamu pelajari secara online dengan link ke web untuk memulai belajar.

1. Edit foto dan video
Semakin banyak pekerjaan dengan persyaratan kemampuan edit foto dan video, jadi manfaatkan waktu luang kamu dengan mempelajari teknik fungsional ini ketika liburan atau akhir pecan, minimal menguasai satu program editing.

Untuk edit foto, cara termudah dan paling banyak digunakan adalah Photoshop, tapi bila kamu ingin terlihat lebih professional bisa mencoba mempelajari Corel Paintshop Pro X6.

Untuk edit video, terdapat ratusan program yang dapat kamu gunakan seperti Final Cut Pro, After Effects, Lightworks dan Sony Vegas. Menguasai kemampuan bekerja dengan multimedia merupakan asset berharga untuk resume dan jenjang karir masa depan.

2. RJP (Resusitasi Jantung Paru) dan P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan)

Bukan hanya sebagai kemampuan impresif untuk pekerjaan, tetapi juga berguna dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mendapatkan dua tahun sertifikasi ini, kamu dapat mempelajarinya di organisasi American Red Cross, American Heart Association, National Safety Council.

Kamu dapat membantu orang dengan kebutuhan medis dan memperlihatkan tanggungjawab kamu kepada calon perusahaan potensial. Jika kamu ingin lebih mendalami lagi, kamu dapat mengambil EMT certification.

 

3. Bartender

Jika kamu tertarik bekerja di restoran bergengsi, kenapa tidak mencoba belajar menjadi bartender ? Pekerjaan ini tidak semudah yang terlihat, bahkan di bar standar sekalipun. Di beberapa restoran akan mengadakan tes prospektif dengan menanyakan bagaimana menyajikan minuman dengan tipe apa makanan apa mereka sebaiknya disajikan dengan spesifik bahan dan campuran minumannya. Kamu dapat belajar online disini http://www.youtube.com/playlist?list=PLA3A37C2734A7BDE5

4. Blog

Jaman sekarang hampir semua orang punya blog, tetapi catatan online seputar ide kamu bisa mengesankan calon boss kamu. Menyusun catatan rapih bisa memperlihatkan kemampuan menulis kamu, dapat kamu pelajari di http://www.problogger.net/archives/2006/02/14/blogging-for-beginners-2/

Blog juga dapat menuntun kamu menemukan gaya bicara dan menulis yang memakan waktu dan tenaga terutama tergantung bidang kamu. Bila ingin terlihat lebih menonjol bisa ditambahkan kemampuan desain HTML.

5. Manajemen Proyek

Kunci menjadi seorang pemimpin adalah kolaborasi keahlian dan praktek. Menguasai manajemen proyek atau minimal mempelajari kemampuan dasar dapat mempermudah pekerjaan kamu sekalipun bisnis bukan bidang kamu.

Mempelajari bagaimana bekerja dengan dana, kewajiban, kebutuhan, tugas merupakan kemampuan penting untuk berbagai pekerjaan. Mungkin akan terlihat sulit bagi pemula namun tidak ada salahnya mencoba mempelajarinya http://www.fastcompany.com/1822525/what-hell-project-management-anyway

6. Microsoft Office

Kamu mungkin familiar dengan berbagai program Microsoft Office termasuk Word dan Powerpoint. Ketika semua orang mempelajari fungsi dasar, terdapat beragam fitur tersembunyi yang dapat membuat laporan atau presentasi kamu menjadi tak terlupakan. Menguasai Excel dapat menjadi keuntungan seperti mendalami konsep pivot tables yang dapat mempercepat jalur karir kamu.

7. Notaris

Menjadi notaris public tersertifikasi dapat menjadi lebih mudah dari yang kebanyakan orang pikir. Tergantung dari peraturan pemerintah, terdapat ujian khusus yang bisa kamu pelajari lebih lanjut disini http://www.howstuffworks.com/how-to-become-notary-public.htm

8. Menyelam

Bukan berarti secara langsung kamu terkait dengan bidang prospektif kamu tetap lebih bagaimana mengembangkan ketertarikan kamu untuk melangkah lebih lanjut ke tujuan professional. Akan memakan kurang lebih enam bulan untuk mempelajari teknik menyelam. Ini memperlihatkan bahwa kamu tidak hanya secara alamiah memiliki rasa ingin tahu tetapi juga kamu memahami pentingnya mengikuti peraturan dan kode keamanan. Kamu juga dapat belajar memasak atau belajar menyetir yang semuanya memiliki manfaat di suatu waktu dibutuhkan dalam ruang lingkup professional.

9. Berbicara di depan umum

 

Menyampaikan pendapat dan sudut pandang kamu secara efektif dan persuasive di depan khalayak ramai dengan rasa percaya diri dan tenang tidaklah mudah. Berbicara di depan umum merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikembangakan terutama bila bidang pekerjaan kamu membutuhkan untuk berbicara di depan banyak orang. Terdapat kelas atau institusi khusus untuk belajar berbicara di depan umum seperti Toastmasters.

10. Bahasa

Mungkin kamu masih ingat sedikit bahasa Jerman atau Prancis yang dipelajari ketika mata pelajaran tambahan SMA ? Atau kamu memang memiliki minat dan bakat dengan kebudayaan dan bahasa Korea ? Jika kamu memiliki minat terhadap suatu bahasa asing ada baiknya kamu tingkatkan kemampuan linguistic kamu dalam beberapa bulan. Kamu bisa mempelajarinya secara online di http://duolingo.com atau http://livemocha.com

Selain bahasa asing, kamu juga dapat mempelajari bahasa pemograman. Kamu bisa memulai dengan HTML dengan spesifik kode yang bisa kamu pelajari di Codecademy.

Sumber : http://mashable.com

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *