artikel

10 Kebiasaan Tanpa Sadar Bikin Lelah

By  | 

10 kebiasaan bikin cepat lelah
Sering merasa lelah meski tidak banyak aktivitas yang dilakukan ? Masih muda tapi kok sering cape ? Terkadang kita berpikir mungkin penyebabnya karena kurang tidur atau kebanyak begadang semalam mengerjakan tugas. Padahal ada beberapa kebiasaan lain yang tanpa disadari membuat kita lelah. Nah coba simak 10 kebiasaan yang tanpa disadari membuat kita cepat lelah dalam sehari-hari.

1. Makan junk food
Makanan yang tinggi gula dan karbohidrat sederhana memiliki peringkat tinggi soal indeks glisemik (GI) sebagai indikator seberapa cepat karbohidrat meningkatkan gula darah.Lonjakan gula darah diikuti penurunannya secara tajam menyebabkan kelelahan sepanjang hari. Oleh karena itu, kita perlu jaga gula darah agar tetap stabul dengan mengonsumsi makanan berprotein dan gandum. Pilihan yang baik ialah ayam dipanggang tidak digoreng dan beras merah, salmon dan ubi jalar atau salad dengan ayam dan buah.

2. Kurang minum air putih
Menurut pakar diet dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine, Amy Goodson RD, mengatakan kekurangan cairan atau dehidrasi berdampak pada menurunnya tingkat energi. Dehidrasi menyebabkan penurunan volume darah, yang membuat darah lebih kental. Hal ini menyebabkan jantung memompa kurang efisien, mengurangi kecepatan oksigen dan nutrisi mencapai otot dan organ.

3. Jarang olahraga
Dalam sebuah studi dari Universitas Georgia, diketahui orang dewasa sehat yang mulai olahraga ringan minimal tiga kali seminggu selama 20 menit merasa lebih segar dan memiliki daya tahan tubuh lebih baik dibandingkan dengan yang jarang berolahraga. Olahraga rutin dapat meningkatkan daya tahan tubuh, membantu membuat sistem kardiovaskular berjalan lebih efisien dan memberikan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh.

4. Minum kopi seharian
Sebuah studi memperlihatkan bahwa tiga cangkir kopi sehari bagus namun faktanya konsumsi kafein berlebihan menganggu siklus tidur secara serius. Kafein menghalangi adenosin, sel aktif yang mengantar tidur. Minum kopi 6 jam sebelum jam tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur.

5. Begadang pada weekend
Aktivitas terlalu larut pada akhir pekan dapat mengganggu tidur di hari Minggu dan mempersulitnya. Disarankan untuk bangun dan istirahat 20 menit sehingga dapat memberikan kesempatan pada tubuh untuk mengisi ulang energi tanpa harus memasuki waktu tidur yang terlalu lama.

6. Perfeksionis dan terlalu cemas berlebihan
Menjadi sempurna akan mendorong untuk bekerja lebih keras dan lebih lama dari waktu yang diperlukan dapat membuat tidak ada kepuasan diri. Lebih baik tetapkan tujuan dan batas waktu untuk sebuah proyek.

7. Tidak sarapan
Melewatkan sarapan dapat membuat tubuh menjadi lemas dan justru mendorong nafsu makan dua kali lipat pada saat makan siang. Sarapan merupakan bagian penting untuk mendorong metabolisme. Makan sarapan yang sehat mencakup biji-bijian, protein tanpa lemak, seperti oatmeal, selai kacang, smoothie buah, almond telur dan yogurt.

8. Tidak bisa mengatakan “tidak”
Menyenangkan orang lain tidak jarang mengobarkan energi dan kebahagiaan kita. Apalagi bila hal tersebut membuat kita kesal dan marah. Cobalah belajar untuk tegas mengatakan “tidak”.

9. Kurang zat besi
Kurangnya asupan zat besi dapat menyebabkan lesu, mudah marah, dan kurang fokus. Hal ini karena kurangnya oksigen dalam tubuh. Perbanyak konsumsi daging sapi tanpa lemak, kacang meah, tahu, telur, sayuran dan kacang-kacangan.

10. Cek email menjelang tidur
Menurut medical director of New York Neurology & Sleep medicine P.C New York, cahaya silau dari layer handphone atau komputer  dapat menghilangkan rite sikardian tube dungeon melepaskan melatonin, hormon yang membantu meregulasi siklus tidur dan bangun dari tidur. Hindari memegang handphone ketika menjelang tidur.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *