artikel

10 Menit Lebih Pintar Setiap Hari

By  | 

10 menit menjadi lebih pintar
Menjadi pintar bukan disebabkan oleh keturunan genetik semata namun juga oleh kebiasaan sehari-hari kita. Kita dapat mengasah kemampuan berpikir dan daya analisa menjadi semakin baik kian hari bahkan hanya dengan menyisihkan waktu 10 menit saja. Bagaimana caranya ? Yuk coba ikuti 5 langkah mudah berikut ini :

1. Baca koran. Era digital saat ini membuat kita menjadi terbiasa untuk membaca hanya berupa headline news saja singkat dan ringkas tanpa menelaah kejadian atau peristiwa secara mendalam. Padahal membaca judul berita sekilas saja tanpa memaknai penggalan berita tidak akan mengasah kemampuan mengolah kata dan melatih daya analisa secara tajam. Membaca koran dapat menjadi suatu langkah untuk mengasah kemampuan berpikir, analogi kata, dan menarik kesimpulan dari suatu berita dari berbagai sudut pandang. Biasakan untuk membaca koran setiap pagi sebelum mulai beraktivitas agar tetap update dan terlihat pintar.

2. Nonton channel You Tube Smarter Every Day dengan durasi tidak lebih dari 10 menit. Smarter Every Day merupakan video edukatif yang menjelaskan sains atau kejadian ilmiah di sekitar kita dengan bahasa yang mudah dipahami dan ilustrasi menarik. Bila kamu memiliki rasa ingin tahu atau penasaran dengan fenomena alam namun tidak tertarik untuk membaca buku sains tebal, channel You Tube ini dapat menjadi alternatif ditambah kamu akan terlihat semakin pintar.

3. Pelajari 5-10 kata baru dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Menjadi pandai berkomunikasi dalam bahasa asing tidak dapat dilatih hanya dalam 1 hari semata melainkan dalam jangka waktu yang cukup panjang untuk diasah. Dengan mempelajari 5-10 kata setiap harinya, secara tidak sadar kamu akan menguasai 1.800 kata baru dalam setahun ! Dengan catatan, kamu disiplin dan konsisten dalam melakukannya ya. Beberapa website yang mempermudah kamu dalam memperlajari bahasa asing antara lain Live Mocha, Busuu, dan Duo Lingo.

4. Bergaul dengan orang yang lebih pintar. Luangkan waktu bersama dengan orang yang lebih pintar agar kamu terus termotivasi untuk terus belajar. Tetap rendah hati dan terus bertanya untuk menggali hal-hal menarik dan inspiratif setiap harinya.

5. Berbagi apa yang telah kamu pelajari. Dengan berbagi ilmu yang telah kamu pelajari akan semakin mempertajam daya ingat dan analisa kamu. Selain itu, dengan menjelaskan kepada orang memperlihatkan bahwa kamu memahami dan mengerti dengan jelas apa yang kamu pelajari. Kamu juga dapat mulai menulis blog sebagai wadah aspirasi dan mendapatkan masukan dari orang lain yang memiliki interest dan rasa ingin tahu yang sama.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *