artikel

10 Tanda Pikir Lagi Karir Sekarang

By  | 

career job kerja

Bagaimana perasaan kamu ketika pergi ke kantor dengan pekerjaan yang kamu cintai dan merasa senang serta tertantang setiap harinya ? Namun bagaimana bila tiba-tiba pekerjaan kamu terasa hampa dan tidak bermakna ? Kamu marasa tidak yakin dengan jenjang kamu sendiri. Coba cek 10 tanda berikut bahwa pekerjaan kamu akan menghancurkan karir kamu.

1. Kamu tidak lagi merasa senang memulai proyek baru. 

Medulla proyek baru merupakan cara terabit untuk belajar dan menunjukkan inisiatif jiwa leadership kamu dalam pekerjaan. Jika kamu menemukan bahwa proyek hanya sekedar kerja dengan imbalan gaji semata tanpa memiliki nilai lebih, maka ini merupakan tanda bahwa kamu perlu mencari pekerjaan lain. Ketika kamu kehilangan antusias apa yang kamu lakukan lambat lawn akan berdampak negatif terhadap karir kamu.

2. Kamu hanya seperti robot 

Jika kamu bangun, pergi kerja, menjawab email dan pulang kerja melewati hari maka ada yang hilang dalam hidup kamu yaitu partisipasi aktif kamu. Bila kamu dapat melakukan pekerjaan kamu dengan mata tertutup tanpa passion atau antusiasme, maka ini waktunya kamu memikirkan pekerjaan lain. Hal ini penting untuk memiliki pekerjaan menantang yang membuat otak kamu terasah atau kamu akan kehilangan kesempatan untuk memiliki jenjang karir lebih tinggi lagi.

3. Kamu hanya berpenghasilan standar.

Memiliki pekerjaan tetap tanpa perkembangan tidak hanya buruk untuk karir tetapi juga tidak back untuk kesehatan finansial. Seorang reporter Forbes menyatakan bahwa menetap di perusahaan yang sama membuat kamu 50% berpenghasilan lebih rendah dibandingkan dengan yang pergi mencari kesempatan di luar.

4. Kamu melakukan hal yang sama dengan sebelumnya. 

Pekerjaan kamu seharusnya memberikan kesempatan menantang agar kamu menjadi lebih baik. Bila kamu tidak memiliki tantangan akan sulit untuk mengukur kinerja kamu. Menjadi nyaman dengan pekerjaan kamu sekarang membuat kamu tidak berkembang secara personal dan professional. Coba kerja atau tantangan baru yang menuntut kamu keahlian baru sehingga kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan promosi atau peningkatan gaji.

5. Kamu selalu mengeluh.

Akhir-akhir ini kamu semakin sering mengeluh dengan rutinitas harian hingga hampir seluruh rekan kerja kamu menyadarinya. Pastikan bahwa rasa tidak bahagia kamu tidak mempengaruhi urusan kantor dan hubungan personal dengan rekan kerja. Terus-menerus mengeluh dapat menutup pintu peluang yang ada di luar. Jadi usahakan untuk tetap terlihat positif dan berusaha yang terbaik.

6. Kamu tidak di top industri.

Ketika kamu memiliki karir cemerlang, pastikan bahwa kamu melakukan pekerjaan efektif dan efisien bukan lebih kepada teknologi canggih. Lihat kesempatan untuk mempelajari hal baru bahkan di luar hal yang berhubungan dengan pekerjaan. Kita tidak pernah tahu ketika ada kesempatan datang.

7. Kamu tidak menggunakan keahlian terbaik.

Pekerjaan kamu seharusnya memberikan kesempatan untuk unjuk bakat dan ketrampilan yang dimiliki. Misal kamu adalah tipe orang yang peduli dan melayani maka bekerja di depan komputer sepanjang hari bukan pekerjaan yang sesuai untuk kamu. Selalu ada aspek dari pekerjaan yang kamu tidak suka namun pastikan perkerjaan kamu memberikan ruang untuk menunjukkan keahlian terabit kamu yang membuat kamu memiliki kualitas terbaik.

8. Kamu membuat kesalahan kecil setiap hari.

Setiap orang membuat kesalahan namun jika kamu merasa frustasi dengan sering melakukan kesalahan harian tiada ujung. Hal ini mungkin karena kamu tidak menyukai tugas yang diberikan dan lebih lagi karena mempertimbangkan untuk keluar dari pekerjaan sekarang. Perbaiki dan mulai lebih teliti lagi karena hal ini akan berdampak terhadap penilaian atasan dan rekan kerja lain.

9. Kamu sering berargumen dengan manager.

Manager kamu dapat membuat karir meningkat atau sebaliknya bagaikan di neraka. Ketika manager kamu kurang atau tidak memiliki jiwa pemimpin yang baik, hal ini menjadi tantangan bagi kamu untuk melakukan pekerjaan terbaik dan menjadi sumber perhatian. Namun jika kamu terus bertentangan dengan atasan, hal ini menjadi pertanda kinerja kamu dipertimbangkan yang berdampak kepada karir kamu terhadap evaluasi dan rekomendasi.

10. Kamu meragukan diri sendiri. 

Dampak terbesar dengan menetap di pekerjaan yang salah atau tidak sesuai adalah rasa percaya diri. Seiring berjalan waktu, kamu mulai menanyakan mengenai diri kamu sendiri apakah sudah mengambil keputusan tepat. Ketika pekerjaan kamu sekarang tidak lagi memiliki kesempatan untuk terus belajar dan berkembang, bahkan untuk merasa baik dan percaya diri dengan diri sendiri, ini waktunya kamu pindah mencari kesempatan lebih baik bagi karir kamu.

 

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *