job

3 hal yang harus kamu katakan pada wawancara kerja

By  | 

Apa yang perlu kamu katakan pada wawancara kerja ? Mengatakan bahwa “Saya seorang pekerja keras, jujur, dan dapat diandalkan” ? Sudah bukan jamannya lagi mengatakan hal biasa. Kamu perlu mengatakan hal berbeda jika kamu ingin dipekerjakan. Berikut bagaimana menjadi unik dengan mengatakan 3 hal berikut :

1). Berikan contoh

Kamu belum pernah bertemu dengan orang yang akan mewawancarai kamu jadi kamu perlu membuktikan bahwa kamu merupakan orang yang tepat untuk pekerjaan tersebut. Bagaimana caranya ? kamu buktikan tidak hanya dengan janji belaka tetapi membuktikannya dengan memberikan contoh masalah yang kamu pecahkan dengan hasil yang memuaskan dengan cara bagaimana kamu memperbaikinya.

 

Tunjukkan bahwa kamu memahami  ruang lingkup pekerjaan dengan memberitahukan perkembangan terakhir atau angka statistik industri terkait. Ingat untuk selalu mengecek berita pada saat hari wawancara.

 

2). Tanyakan hal menarik
Satu kunci utama pada wawancara kerja adalah bertanya dari mulai seputar perusahaan atau pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa kamu tertarik. Sebaiknya jangan tanyakan seputar kesempatan training yang akan menunjukkan kamu tidak memiliki ketrampilan seputar pekerjaan. Tanyakan hal original yang akan menarik perhatian perusahaan dan menunjukkan kamu inovatif.

Satu pertanyaan simpel seputar perusahaan yang dapat kamu tanyakan seperti apa yang perusahaan ingin kamu capai dalam 60-90 hari pertama. Pertanyaan seperti ini mendorong antusiasme.

 

3).  Katakan kamu memberi nilai lebih pada perusahaan
Intinya setiap perusahaan ingin menghasilkan uang dan mereka menginginkan kamu untuk membantu mereka. Beritahu bagaimana kamu akan memberi nilai lebih kepada perusahaan akan menentukan kamu diterima atau tidak di suatu perusahaan.

Tunjukkan bagaiamana kemampuan, pengalaman dan pengetahuan kamu akan membuat kamu menjadi asset berharga bagi perusahaan.

Perusahaan potensial mempertimbangkan dua hal dalam merekrut kandidat : bukti kemampuan bahwa kamu merupakan orang tepat untuk pekerjaan dan ide yang kamu miliki untuk membuat perusahaan menghasilkan profit lebih. Ketika perusahaan mempekerjakan kamu, mereka investasi kepada kamu. Saatnya kamu mengembalikan lebih.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *