artikel

3 Langkah Agar CV Kamu Dilirik HRD

By  | 

tips menulis cv

Sudah mengirimkan belasan bahkan puluhan CV namun belum dipanggil interview juga ?
Masih bingung gimana cara membuat CV agar dipanggil interview bahkan syukur-syukur sampai diterima kerja ?

Belum dipanggil HRD bukan berarti kamu tidak berkualitas atau tidak memenuhi kualifikasi. Mungkin saja cara kamu menulisnya di CV belum rapih dan sesuai dengan standar CV. Padahal
CV merupakan bagian terpenting karena merupakan materi promosi kamu kepada perusahaan. Bila kamu tidak memaksimalkan atau salah menulis, malah bisa-bisa CV kamu tidak dilihat sama sekali lho. Bayangkan setiap harinya HRD menerima ratusan bahkan ribuan CV. Kamu hanya memiliki kesempatan 10 detik untuk membuat HRD terkesima dan ingin memanggil kamu interview. Coba simak 3 langkah mudah berikut agar CV kamu dilirik HRD.

1. Cantumkan pendidikan terakhir saja.
Menulis riwayat pendidikan dari mulai pendidikan dasar atau bahkan taman kanak-kanak tidak perlu. Selain hanya memakan tempat saja, HRD hanya peduli dengan pendidikan terakhir kamu. Hindari menulis riwayat pendidikan kamu dari TK seperti gambar di bawah ini.
kesalahan menulis cv
Cukup tulis pendidikan terakhir yang sedang atau sudah selesai kamu tempuh dengan detail jurusan, tahun lulus dan IPK.

2. Deskripsikan keahlian
Fokus kepada kualitas daripada kuantitas. Bila kamu aktif terlibat dalam panitia event atau organisasi, deskripsikan apa jabatan dan jenis pekerjaan kamu. Jangan hanya menulis asal posisi sebanyak mungkin tanpa menjelaskan apa kerjaan yang kamu lakukan dan apa tujuan kamu terlibat dalam proyek tersebut. Bila kamu dapat mendeskripsikan pekerjaan serta relevansi dengan skill kamu akan menjadi poin lebih bagi HRD meskipun kamu belum memiliki pengalaman kerja di perusahaan.

Hindari menulis pengalaman kerja seperti ini. Hal ini membuat perusahaan bingung apa sebenarnya keahlian dan tujuan karir kamu. Semakin banyak pengalaman kerja yang kamu tuliskan dan tidak memiliki hubungan menunjukkan bahwa kamu mudah terbawa arus dan hanya ikut-ikut saja.

kesalahan menulis cv

tips menials cv

Deskripsikan career goal kamu atau keahlian kamu dengan jelas dari mulai ketrampilan berkomunikasi, presentasi, dan kemampuan bahasa. Dengan definisi seperti di bawah ini, kamu menunjukkan bahwa kamu memiliki keahlian dan tujuan karir yang jelas yang menjadi poin plus agar dilirik perusahaan. Tentunya deskripsi keahlian dan kelebihan yang kamu tunjukkan ini harus sesuai dengan syarat kualifikasi yang diminta perusahaan.
tips menulis cv

tips menulis cv

tips menulis cv

3. KISS (Keep It Simple Stupid)
Buat CV ringkas, jelas dan padat. Tulis data diri yang penting saja dan tidak memakan banyak tempat. Cukup cantumkan nama lengkap, alamt, link linkedin, e-mail, akun social media dan nomor hp yang dapat dihubungi.
tips menulis CV
Tidak perlu mencantumkan anak ke berapa dari berapa saudara, nama lengkap kedua orang tua, status dan sebagainya yang tidak penting. HRD akan menanyakan detail ketika interview atau setelah kamu diterima kerja.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *