artikel

5 Jenis Skill Ini Wajib Kamu Cantumkan di CV

By  | 

Bagi para fresh graduates atau bahkan mahasiswa freelancer yang sedang mencari lowongan pekerjaan tentu harus sudah memiliki curriculum vitae (CV) karena merupakan persyaratan baku yang harus dilampirkan oleh setiap pelamar. Tetapi permasalahannya, belum banyak pelamar yang tahu ciri-ciri CV yang bisa menarik perhatian HRD. Biasanya, CV hanya dilihat sekilasan saja oleh HRD karena masalah waktu yang terbatas sedangkan jumlah pelamar sangat banyak. Maka sebaiknya, CV yang baik terdiri hanya dari satu halaman yang sudah bisa mencakup semua hal tentang kamu. Di dalam CV kamu bisa menceritakan siapa diri kamu melalui biodata, pengalaman kerja dan organisasi, riwayat pendidikan, dan skill. Kadang, calon pelamar masih suka kebingungan dengan skill yang dimiliki. Makanya, simak artikel berikut, yuk, untuk mengetahui skill apa saja yang bisa kamu cantumkan.

cv-skills-and-strengths
(Sumber Gambar : plotr.co.uk)

  1. Kemampuan bahasa

Memasuki masa MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) membuat banyak sekali perusahaan-perusahaan asing yang merekrut pekerja lokal. Hal ini membuat kemampuan berbahasa berkembang menjadi sangat penting. Bahasa yang dimaksud bukan hanya bahasa Indonesia, ya, tetapi juga bahasa asing terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan yang lainnya. Dalam menjelaskan kemampuan berbahasamu di CV tidak perlu panjang lebar, kok. Kamu bisa mencantumkan nama bahasa yang kamu kuasai lalu memberikan gambaran kemampuanmu berupa skala dari 1-5. Hemat kata, kan?

  1. Kemampuan teknologi

Era modern seperti saat ini membuat kamu dituntut untuk menguasai satu atau beberapa aplikasi maupun gawai penunjang pekerjaan. Di bagian ini kamu bisa mencantumkan nama dari aplikasi yang kamu kuasai atau mencantumkan hanya dengan logo dari aplikasi yang dimaksud untuk menghemat dan memperindah tataletak rancangan CV.

  1. Kemampuan komunikasi

Kemampuan ini tentu saja harus dimiliki semua calon pelamar. Kalau berkomunikasi saja tidak bisa, bagaimana mau bekerja di bawah ketentuan perusahaan orang lain, kan? Apalagi untuk yang memiliki banyak riwayat organisasi sebelumnya, skill ini ditunjang dari pengalaman-pengalaman tersebut, loh. Jadi, pastikan dan cantumkan bahwa diri kamu adalah orang yang mampu berkomunikasi dan bersosialisasi dengan baik, ya.

  1. Kemampuan bekerja dalam tim

Pekerjaan dalam perusahaan biasanya saling terkait satu sama lain. Hal tersebut membutuhkan teamwork yang baik untuk membantu kelancaran pekerjaan. Kemampuanmu untuk bekerja dalam tim bisa sangat mempengaruhi penilaian untuk memastikan seberapa baik kamu berkomunikasi dan menangani emosi serta ego. Biasanya, kemampuan ini dicantumkan berupa presentase berapa persen kamu mampu bekerja secara baik dalam tim.

  1. Kemampuan untuk memimpin

Setiap perusahaan pasti mendambakan pekerja yang kreatif dan memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi untuk lebih maju. Kemampuan ini membuat perusahaan mampu melihat seberapa tegas, kreatif, dan bijaksana kamu. Oleh karena itu, untuk lebih menggambarkan, kemampuan ini sangat penting untuk kamu cantumkan dalam bentuk presentase di CV.

Kelima skill yang disebutkan di atas bisa menambah kemungkinanmu untuk diterima di perusahaan yang kamu incar, loh. Kalau CV-mu sudah siap, yuk segera upload di akun studentjob.co.id pribadimu.

mm
Seorang pengguna bahasa, penikmat sastra, pengagum aksara yang senang mengeksplorasi hal-hal baru dalam hidupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *