artikel

5 Tanda Kamu Siap Memulai Bisnis

By  | 

mulai usaha

Memulai bisnis membutuhkan usaha, waktu, dan modal lebih dibandingkan bekerja. Memang memulai bisnis melelahkan. Belum lagi jaminan sukses datang. Tidak menutup kemungkinan bisnis akan jatuh. Namun, tidak pernah ada waktu tepat untuk memulai bisnis. Tidak peduli berapa banyak modal yang kamu miliki, berapa lama pengalaman kamu, selalu ada kesempatan untuk sukses dan gagal.

Memang tidak ada waktu tepat untuk memulai bisnis, tapi kamu dapat melihat 5 tanda berikut apa kamu telah siap untuk memulai bisnis sendiri atau tidak.

1. Pekerjaan kamu terasa standard
Ketika kamu mulai merasa pekerjaan kamu tidak lagi bermakna, berasa standard begitu-begitu saja, bukan karena kamu sedang memiliki bad days, kamu merasa standard baik ketika bad days atau good days. Kamu merasa termotivasi saat memiliki suatu ide dan ingin mengejar dan menjadikan realita ide dan mimpi kamu maka saat itu merupakaan waktu tepat untuk mulai bisnis kamu.

2. Kamu memahami resiko berbisnis
Melakukan penelitian terlebih dahulu mengenai resiko yang akan kamu dapatkan seperti kehilangan sejumlah uang dalam jumlah besar, kehilangan pekerjaan sekarang hingga bagaimana proses legal atau hukum berbisnis merupakan faktor penting yang perlu diteliti terlebih dahulu sebelum mulai berbisnis. Ingat, bahwa usia tidak menjamin kesuksesan. Semakin senior posisi di corporate tidak menjamin akan sukses berbisnis sebaliknya ketika mulai dini akan semakin cepat belajar dan beradaptasi.

3. Kamu memiliki Ide Yang Sesuai Passion 
Memiliki ide bisnis yang kamu yakin dapat mendatangkan uang merupakan salah satu tanda kamu siap memulai bisnis. Bila kamu sudah memiliki passion di bidang bisnis yang ingin kamu tekuni, maka kamu akan siap menjalani baik ada aral melintang sekalipun.

4. Kamu memiliki Support Sistem
Memiliki teman, keluarga dan mentor yang mendukung kamu dapat memotivasi untuk terus maju dalam bisnis. Coba berbicara dan diskusikan dengan orang terdekat mengenai niat kamu untuk memulai usaha karena dukungan dari orang sekitar memiliki dampak besar bagi kamu.

5. Kamu mengetahui Tujuan
Menjadi pengusaha lebih dari sekedar mengejar profit. Memiliki visi atau tujuan dalam hidup dapat menjadikan hidup kamu lebih bermakna dan memberi berkah. Mengetahui apa tujuan kamu memulai usaha misal untuk menolong dan memudahkan orang sekitar memberikan value dalam usaha dan kehidupan kamu.

Hal terpenting adalah mempercayai diri sendiri. Hanya dirimu yang mengetahui kemampuan dana kapabilitas diri.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

3 Comments

  1. Era

    January 10, 2016 at 10:01 am

    thank you gan untuk artikelnya, seperti yang saya pikirkan banget, ada
    benarnya pekerjaan macam yang anda paparkan yang banyak dibicarakan tahun ini

  2. Nindya Prita

    March 12, 2016 at 1:36 pm

    Tujuan dalam bisnis memang sangat penting, kalau tidak, akan sia-sia kegiatan kita. Yang ada malah keutungan bisnis tak tentu arah. Yang mau saya tanyakan, bagaimana bila kita punya ide setelah melihat peluang yang ada, tapi kita tak memiliki passion di bidang tersebut. Tetap mengeeksekusi ide ini atau ganti peluang lain?

    • mm

      admin

      March 14, 2016 at 11:14 am

      Hi kak Nindya,

      Berbisnis sebaiknya diimbangi antara peluang dan passion. Bila hanya mengejar keuntungan semata tanpa sungguh-sungguh juga bisnis tidak akan berjalan. Pilih bidang bisnis yang terdapat prospek dan sesuai minat kamu agar senang menjalaninya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *