artikel

6 Jenis Usaha Yang Bisa Dilakukan Oleh Anak Kuliah

By  | 

 

Sebagai anak kuliahan, anak kosan, apalagi anak perantauan, keinginan untuk punya uang sendiri memang selalu menghampiri. Biasanya, disaat keinginan dan isi dompet tak sebanding, atau disaat kiriman dari orangtua tersendat, gak sedikit mahasiswa yang berani ambil kesempatan untuk cari uang tambahan. Beberapa ada yang nyari tambahan dengan cara part-time, magang, freelance. Namun beberapa juga mempertimbangkan bikin usaha sendiri yang masih bersifat kecil-kecilan

Nah berikut ini adalah 6 jenis wirausaha yang bisa kamu coba sebagai anak kuliahan!

  1. Bisnis kaos/clothing

Bisnis kaos memang terdengar sudah umum. Tapi kalau kamu senang design dan tau apa yang lagi diminati dan dicari oleh teman-teman, kamu harus memanfaatkan peluang ini. Kamu bisa cari tau jenis tren kaos apa yang lagi digandrungi teman-teman kamu, lalu jadikan lah itu peluang bisnis!

  1. Jualan Pulsa

Jenis wirausaha ini memang terlihat yang paling mudah, namun saat dijalani rasanya susah-susah gampang. Masalah yang biasanya muncul ketika jualan pulsa adalah banyak yang bayarnya ditunda-tunda alias ngutang. Nah untuk hal kayak gini, kamu bisa siasatin dengan cara menjual pulsa dengan nominal yang kecil-kecil dan tidak menerima hutang dengan pemesanan pulsa diatas 50 ribu misalnya. Bisa coba mulai jualan pulsa dari Dealoka dengan harga terjangkau.

  1. Reseller

Selain coba jualan pulsa, banyak mahasiswa yang menjajal sebagai reseller dari suatu produk. Selain modal yang terjangkau, menjadi reseller juga termasuk jenis bisnis yang mudah karena kamu tidak harus menciptakan dan mendesain produknya dan cukup menawarkan ke teman-teman.

  1. Jasa Fotografi

Diantara sekian banyak teman-teman yang kamu punya, pasti ada beberapa diantaranya yang senang dengan foto ala-ala. Itu tuh foto yang ala-ala model iklan atau foto endorse. Nah kamu harus sigap menangkap peluang ini dan langsung tawarin jasa fotografi dengan harga yang terjangkau tapi kualitas sama bagusnya dengan foto studio oleh fotografer handal.

  1. Jadi Blogger

Buat yang senangnya nulis atau curhat-curhat ala diary, bisa langsung coba jadi blogger. Daripada hanya curhat-curhat di social media, lebih baik langsung aja tulis di blog. Kalau tulisan kamu bagus dan menarik, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari traffic blog atau iklan yang minta diendorse atau diulas di blog kamu. Selain itu, banyak juga kan penulis-penulis terkenal yang memulai pekerjaannya hanya dari sesederhana membuat blog?

  1. Jadi Vlogger

Di era dimana video semakin popular di social media, kamu harus bisa memanfaatkan secara bijak, jangan cuma dipakai untuk update status doang. Kalau kamu senang dengan hal-hal yang berkaitan dengan otomotif, IT, kecantikan, dsb, kamu bisa manfaatkan ruang digital itu untuk promosikan keahlian kamu sekaligus membuka peluang menjadi endorser.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *