artikel

6 Kalimat Interview Yang Harus Dihindari

By  | 

job-interview-business-meeting
Interview kerja bukanlah perkara mudah terutama persaingan kerja pada jaman sekarang semakin ketat sehingga menuntut kita menjadi lebih kreatif. Dalam proses pencarian kerja pun kita harus semakin kreatif dari mulai mengirim CV dan surat lamaran hingga pada proses interview kerja.

Sebenarnya apa saja kunci utama agar lulus menghadapi wawancara dan diterima kerja di posisi dan perusahaan yang telah kita incar. Menjadi diri sendiri merupakan kunci utama pada saat panggilan interview kerja. Namun, ada beberapa kalimat yang perlu diperhatikan dan dihindari sehingga proses pelamaran kerja dapat berjalan mulus.

Berikut 6 kalimat interview yang harus dihindari :

1. “Saya tidak memiliki kekurangan.”
Tidak ada manusia yang sempurna. Tidak perlu malu atau takut untuk menceritakan kekurangan dirimu. Namun, tidak perlu juga mengatakan bahwa kekurangan kamu adalah terlalu senang bekerja keras. Hal ini hanya akan dicap berbohong atau menutupi kekurangan.

2. “Saya memiliki hubungan tidak baik dengan atasan saya.”
Tidak perlu curhat colongan apalagi sampai menjelekan atasan dan perusahaan tempat sebelum bekerja. Keep it personal. 

3. “Saya pernah dipecat tapi itu bukan salah saya.”
Jangan terlalu panjang memberi alasan hingga bertele-tele yang bisa panjang seperti telenovela.

4. “Saya bersedia bekerja apa saja.”
Perusahaan justru akan menilai bahwa kamu tidak mengetahui skill apa yang kamu miliki dan bidang yang kamu minati.

5. “Saya bersedia ditempatkan di mana saja.”
Bila kamu memang hanya ingin bekerja di kota tempat kamu melamar kerja sebaiknya katakan dengan terus terang. Tidak perlu memberikan impresi berlebihan yang sebenarnya kamu tidak inginkan.
6. “Saya mampu melakukan pekerjaan apa pun.”
Sebaiknya ceritakan latar belakang pendidikan serta pengalaman kerja sebelumnya sehingga perusahaan juga dapat melihat potensi kamu.

Setelah mengetahui kalimat apa saja yang perlu dihindari dalam interview kerja, semoga kamu menjadi semakin pede dan siap dalam menghadapi panggilan kerja. Ingat, tidak perlu berbohong dan tidak perlu berlebihan dalam menceritakan diri sendiri pada saat perusahaan bertanya. Jadilah diri sendiri 🙂

mm
Founder Student Job
Aktif berbagai komunitas dan berbagi inspirasi melalui tulisan dan event.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *