artikel

6 Tips Untuk Mahasiswa Baru

By  | 


college student

Halo.. kenalin nama aku Inez, sekarang semester 3 di Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran jurusan Manajemen Komunikasi.

Aku pengen share buat temen-temen mahasiswa baru tentang tips adaptasi di kampus. Dulu aku sempat mengalami stres yang lumayan hebat karena syok menjadi mahasiswa yang serba mandiri. ngaruhnya ya ke kuliah, ke temen juga, dan ke organisasi.

Aku jadi uring-uringan, tiap minggu tuh haruuus banget pulang ke Bogor, padahal ongkosnya kan lumayan, di jalan juga capek banget, belum lagi kalau macet bisa 5-6 jam perjalanan.

Pengorbanannya gak cuma itu. aku jadi ngelewatin banyak momen-momen yang ga bakal aku alamin lagi. 1 semester pertama ngerasain hidup ga enak banget deh. apalagi aku juga dekat sekali sama keluarga. tapi itu dulu, sekarang aku sudah sangat enjoy dengan kehidupan kampus aku yang ternyata sangat menyenangkan! mau tau gimana caranya? check these out!

1. Know your environtment

Biasanya 3 hari sebelum kegiatan kuliah dimulai, biasanya mahasiswa udah pada tinggal di kosannya. apalagi maba biasanya sih seminggu dulu supaya bisa jalan – jalan sekitar.¬†Ini waktu yang tepat buat mendekatkan diri pada orang-orang sekitar tempat tinggal ataupun kampus kamu. seperti ibu kos, warung, tempat makan yang ada di dekat kosan, ataupun warga sekitar kosan kamu. banyak banget loh enaknya. mulai dari makan gratis, bantuan tak terduga, bahkan yang paling simple, disenyumin kalo ketemu di jalan.¬†Sewaktu-waktu bakalan bermanfaat banget, dan enak dong disayang banyak orang ūüôā (PS: better late than never!)

2. Try Everything

Cobalah semua tempat makan di sekitar kampus kamu. it’s the time for you to decide which is yay, which is nay. ke depannya bakalan enak dan cepat deh kamu milihnya, mana tempat makan yang murah, enak, dan bersih pastinya.¬†Selain itu kamu juga bisa jadiin tempat makan yang udah pernah kamu datengin sebagai referensi ke temen ato buat dijadiin bahan obrolan. percaya deh, pasti selalu ada tempat makan yang belum pernah kamu datengin. dateng ke tempat baru setelah kuliah sama temen-temen juga bisa fun banget loh, daripada langsung pulang ke kosan.

3. Be friend with the one suits you

Ini adalah salah satu yang menentukan kita bakalan hepi-hepi atau malah bikin kamu gak betah. be open and always try to be nice.¬†Kamu harus berteman dengan semua orang, tapi pintar memilih orang-orang yang bakal kamu habiskan waktu lebih banyak bersama.¬†Apakah mereka nerd yang kupu kupu (kuliah pulang kuliah pulang), kunang kunang (kuliah nangkring kuliah nangkring), atau kura kura(kuliah rapat kuliah rapat).¬†Carilah sahabat yang satu visi denganmu, yang bisa menyeimbangkan kupu,kunang,kura itu, dan yang paling penting, dapat diandalkan menjadi “keluarga” baru kamu.

4. Be active

Di kampus pasti banyak banget aktivitas yang bisa kamu kerjakan. mulai dari UKM, kepanitiaan acara, HIMA, ataupun organisasi non formal seperti komunitas-komunitas kedaerahan, pecinta binatang, pecinta musik. Cari yang sesuai dengan diri kamu, kenali anggotanya, dan tentukan yang mana organisasi yang baik, menyenangkan, dan bermanfaat untuk kamu. jangan ikut-ikutan temen. it’s your decision. Memutuskan untuk serius dan berorganisasi di satu kelompok lebih baik daripada mengikuti 5 organisasi dan akhirnya menjadi “bayangan”saja. dalam organisasi itu juga bisa kamu dapatkan teman-teman baru, info baru, dan banyak lagi.

5. Focus first

Don’t be lazy to set your goal! goals kamu ini yang harus kamu fokuskan sejak awal kuliah. buatlah daftar tujuan, harapan kamu selama dan sesudah kamu kuliah. saat kamu down, jadikan ini sebagai semangat kamu untuk tetap berjuang yang terbaik. Kamu akan merasakan hal yang luar biasa saat suatu hari nanti kamu melihat daftar yang sudah kamu tuliskan itu terwujudkan satu per satu.

6. Be grateful.

Ini adalah saran yang menurut aku paling ampuh. bersyukur adalah cara paling ajaib untuk mengubah suasana hati kamu yang lagi kepengen pulang.

tidak semua orang bisa menikmati bangku kuliah. kamu sudah mendapatkan kesempatan ini bagaimanapun caranya. bersyukurlah untuk orangtua mu, untuk beasiswamu, untuk sekolah menengahmu dulu, untuk kesehatan, untuk semuanya. Motivasi diri kamu sendiri, supaya bisa memberikan yang terbaik untuk orang-orang yang kamu kasihi.

 

Sekian tips dari aku buat kamu mahasiswa baru, ataupun lama yang mungkin lagi nggak nyaman di kampus. whoever you are, I hope this helps! Salam sukses untuk kita semua!

Penulis adalah Inez Valencia, mahasiswi Universitas Padjadjaran jurusan Manajemen Komunikasi. Follow twitter @valenciainez.

inez valencia

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *