artikel

7 Kesalahan Fresh Graduates Cari Kerja Pertama

By  | 

fresh graduates

 

Apakah kamu baru lulus dan sedang cari kerja pertama ? Cari kerja pertama kali memang penuh tantangan karena minim pengalaman dan belum memiliki track record yang perusahaan percaya. Hal terpenting adalah terus berusaha menjadi lebih baik dan hindari 10 kesalahan yang sering dilakukan berikut agar cepat mendapatkan panggilan kerja.

 1. Meminta gaji terlalu tinggi
Sering kali fresh graduates merasa layak mendapatkan gaji tinggi karena merasa merupakan kandidat berkualitas dengan menyandang gelar sarjana dari universitas ternama dan IP tinggi. Sayangnya perusahaan jarang memberikan gaji dan tunjangan tinggi bagi calon karyawan yang belum memiliki pengalaman kerja sama sekali. Cari tahu terlebih dahulu berapa standar gaji di posisi dan industri perusahaan yang ingin kamu lamar.

2. Tidak menulis surat pengantar
Tidak sedikit HRD mengeluh kepada calon karyawan yang mengirim email hanya melampirkan CV tapi menulis surat pengantar di email. Tulis surat pengantar dimulai perkenalan diri, kemampuan yang dimiliki, alasan minat bekerja di perusahaan tersebut dan nomor yang dapat dihubungi. Dengan menulis surat pengantar yang singkat dan jelas, membuat kesempatan kamu dipanggil interview lebih tinggi.

3. Tidak teliti mengirim e-mail
Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan pencari kerja baru adalah mengirim CV ke banyak perusahaan dalam satu email. Bahkan tidak sedikit yang mengirim CV ke salah perusahaan karena copy paste body email saja. Biasakan untuk selalu teliti memeriksa email tujuan disesuaikan dengan surat pengantar agar tidak salah kirim dan nama kamu tidak dicoret dari perusahaan idaman.

4. Tidak tahu career goal
Setelah lulus, kamu mungkin masih bingung dan meraba-raba terlebih dahulu seperti apa dunia kerja dan karir apa yang ingin kamu tekuni. Bila kamu sudah tahu tujuan karir maka akan lebih memudahkan kamu dan perusahaan untuk mengidentifikasi jenis pekerjaan apa yang cocok dan sesuai dengan kemampuan dan keinginan kamu. Sebagai contoh bila kamu senang bertemu dengan orang dan ingin menjadi professional PR, cari tahu role atau fungsi kerja apa yang tersedia dan bagaimana career path.

5. Tergoda jabatan tinggi
Supervisor, manager atau bahkan head of department terdengar sangat eksklusif dan hebat. Rasanya sangat bangga menyandang jabatan tersebut apalagi kalau kamu baru lulus dan mendapatkan kesempatan untuk langsung ke posisi tinggi tersebut. Eits, ukur dulu kapasitas diri apakah memang sudah waktu yang tepat untuk menduduki posisi tersebut. Belajar dulu dari awal hingga mendalami fundamental core business sambil melatih leadership diri sendiri.  Ingat, semakin tinggi jabatan maka semakin tinggi tanggung jawab dan beban kerja yang harus dilakukan.

6. Tidak research dulu
Jangan sampai kamu menjadi salah satu tipe pencari kerja yang asal mengirim lamaran ke semua perusahaan dengan anggapan yang penting dapat kerja dulu. Cari tahu terlebih dahulu apa jenis perkerjaan yang sesuai dan industri apa yang kamu senangi karena kamu akan menghabiskan lebih dari setengah hari kamu bekerja.

7. Tidak melatih skill
Siapkan minimal satu keahlian kamu yang menjadi nilai lebih agar kamu dilirik oleh perusahaan. Jangan menunggu sampai lulus terlebih dahulu atau bila kamu baru lulus dan masih nganggur cari, kamu bisa mengambil short course seperti Adobe Photoshop, digital marketing atau bahasa Inggris. Perusahaan lebih memilih calon karyawan yang memiliki hard skill.

 

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *