artikel

Being an Active and Outstanding Sojourners Student

By  | 

 

Siapa bilang menjadi mahasiswa perantauan sulit untuk tetap aktif dan berprestasi? Apa aja kiat yang diperlukan setiap mahasiswa perantau agar tetap semanagat meraih prestasi selama di tanah rantau? Yuk simak perjalanan dan pengalaman Diki Aprianto, seorang mahasiswa perantau yang aktif dan berprestasi!

  1. Hallo @kydoark , Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Hallo @IDstudentjob dan semuanya, alhamdulillah luar biasa Kabar aku. Kesibukannya Hny Kuliah,Freelance Host/MC, Komunitas dan menjalankan sedikit Usaha Kecil-kecilan.

 

  1. @kydoark Sekarang kuliah jurusan apa dan mengapa mengambil jurusan tersebut? #IDStalk

Sekarang aku mengambil prodi farmasi, di Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka Jakarta (@bem_uhamka). Pastinya kemauan diri sendiri, maupun awalnya bukan pilihan pertama 😀 dari hati & niat yang tekad untuk memberikan produk & pelayanan kefarmasian kepada pasien itulah alasan saya mengambil prodi tersebut.

 

  1. Apa yang membuat @kydoark memutuskan merantau dan berkuliah di Jakarta? #IDStalk

Kuliah di Jakarta, adalah jembatan saya untuk mengembangkan karir sebagai entertainer, itu yang paling utama. memutuskan merantau ke Jakarta adalah pertentangan besar baik dari orang tua maupun keluarga besar lainnya tidak mengiizinkan saya kejakarta adalah kriminalitas di Jakarta yang mereka takutkan. Namun tidak membuat saya putus asa, saya tetap bertekad untuk merantau ke Jakarta, untuk mencapai tujuan awalnya jadi artis :D. setelah itu, saya nekat untuk berangkat ke Jakarta sendiri tanpa orang tua untuk ikut tes di PTN, namun hanya impian untuk masuk di PTN. Tidak penting menyerah,saya kompromi dengan ibu & ayah saya untuk kuliah di PTS & itupun disetujui oleh mereka,karena kenekatan saya.

 

  1. Hal apa yang mendorong @kydoark untuk terus mengejar prestasi di tanah rantau? #IDStalk

Hal yang mendorong saya untuk terus berprestasi adalah Haters, karena saatnya sekarang saya memberikan pembuktian terhadap kualitas diri saya di Jakarta inilah saat nya saya memanfaatkan untuk mengembangkan karir, dan membutikan kepada orang bahwa saya “Bisa”.

 

  1. @kydoark Sebagai finalist Duta Bahasa, boleh ceritakan apa itu Duta Bahasa dan bagaimana proses mengikuti ajang tersebut? #IDStalk

Saya sebagai salah satu bagian dari Duta Bahasa DKI Jakarta. Duta Bahasa, adalah orang-orang pilihan yang memliki tujuan yang sama yaitu menumbuhkan kepedulian dan meningkatkan peran generasi muda di wilayah DKI Jakarta dalam menetapkan upaya pengembangan, pembinaan dan perlindungan bahasa Indonesia dan bahasa daerah. Serta penguasaan bahasa asing guna memperkuat karakter, martabat, dan daya saing bangsa. Duta Bahasa diselenggarakan oleh pusat pembinaan badan pengembangan & pembinaan bahasa KEMENDIKBUD.  Proses ikut ajang tersebut sebuah keisengan,yang menjadi sebuah keberuntungan. Yang awalnya pesimis menjadi optimis. Proses pertama pengiriman berkas yang diikuti 186 peserta dari mahasiswa/i DKI Jakarta. Proses kedua adalah pengumuman 25 pasang Finalis & wajib mengikuti proses karantina & Grand Final.yang diselenggarakan pada Agustus lalu. Namun, pada saat grand final keberuntungan belum berpihak kepada saya, dan terhenti di TOP 10.

 

  1. @kydoark Boleh ceritakan bagaimana pengalaman kamu sebagai Founder dan President of Youth Climate Change DKI Jakarta? #IDStalk

Sebagai climate ranger itulah panggilan untuk pengurus di Youth For Climate Change DKI Jakarta (@YFCCDKIJakarta). Visi yang saya bawa adalah adaptasi dan mitigasi untuk perubahan iklim, dimana dengan latar belakang saya sebagai tenaga medis, yang dapat saya hubungkan perubahan iklim dengan kesehatan. Pengalaman yang tak henti hentinya membuat saya lebih peduli terhadap bumi dan Lingkungan. Tidak hanya itu komunitas inilah yang saya tegak sejak 2014 membuat saya dapat berjejaring dan networking secara luas. Dan saat ini saya juga menjadi pengurus pusat di Youth For Climate Change Indonesia (@YFCCIndonesia).

 

  1. @kydoark Apa saja tantangan dan hambatan yang dialami sebagai anak perantau dalam meraih prestasi? #IDStalk

Tantangan saya yang harus saya hadapi untuk tetap bersaing dengan orang lain adalah dengan membentuk kualitas diri yang lebih baik lagi dan membuat ciri khas / perbedaan saya dengan orang lain. Hambatannya adalah pribadi saya sendiri yang labil & kurang dewasa,namun semua itu butuh proses untuk ke jenjang yang lebih atas.

 

  1. Terakhir, apa tips/pesan yang ingin disampaikan @kydoark kepada seluruh anak muda yang sedang nyimak #IDStalk saat ini? #IDStalk

Pesan saya untuk seluruh anak muda, manfaatkan waktu muda kalian dengan belajar dan berjejaring secara luas yang berdampak untuk kalian dimasa depan, terutama anak rantau. manfaatkan waktu kalian selama ditanah rantau, berikan yang terbaik utk orang tua, keluarga kalian. dan jangan siasakan waktu kalian selama ditanah rantau, & terus eksplor diri kalian, dan buktikan kalian ” BISA”. Untuk anak rantau, JANGAN PULANG SEBELUM SUKSES,”Dare to Dream Big”, bahagiakan orang sekitar kalian & terus berkarya.

 

 

 

 

 

 

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *