artikel

Apa Beda Kerja Magang, Part Time, dan Freelance

By  | 


Apa kamu punya waktu kosong dan ingin mengisi dengan kerja sambilan sambil menambah uang saku ? Nah, mungkin kamu bingung lebih baik memilih magang, part time atau freelance ya sebagai pelajar atau mahasiswa.

Apa Itu Magang

Masalah magang telah diatur dalam Undang-Undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan khususnya pasal 21 – 30. Dan lebih spesifiknya diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi no. Per.22/Men/IX/2009 tentang Penyelenggaraan Pemagangan di Dalam Negeri.

Magang merupakan bagian pelatihan kerja yang menjadi syarat utama kelulusan dalam meraih gelar sarjana. Meski belum seluruh universitas mewajibkan program magang, mahasiswa didorong untuk turut aktif memiliki pengalaman magang selama kuliah.

Dengan memiliki bekal magang maka mahasiswa memiliki pengalaman dan nilai lebih agar siap terjun ke dunia kerja ketika lulus kuliah kelak. Program magang tergantung dari kebutuhan dari pemagang dan perusahaan. Kisaran waktu magang bisa antara satu hingga tiga bulan. Tidak jarang mahasiswa melakukan magang selama enam bulan lamanya.

Magang biasanya mendapatkan bayaran atau fee yang relatif dari tempat magang. Ada juga perusahaan atau institusi yang tidak memberikan remunerasi tetapi memberikan value lainnya seperti sertifikat, mentor dan network. Tujuan dari program magang adalah melatih ketrampilan sehingga pemagang belum mendapatkan salary seperti karyawan tetap.

Nah, apakah sudah jelas mengenai magang ? Selain magang, mari kita bahas kerja part time dan freelance.

Jam Kerja Part Time

Part time memiliki setengah dari jam kerja normal atau full time. Jam kerja full time adalah 40 jam dalam seminggu atau 8 jam kerja dalam sehari. Bila total jam kerja dalam seminggu kurang 30 jam maka dapat dikatakan kerja part time atau paruh waktu. Tipe pekerjaan part time biasanya yang membutuhkan pergantian shift seperti bekerja di restaurant, atau mengganti karyawan cuti.

Bagaimana Sistem Kerja Freelance

Freelance atau pekerja lepas biasanya bekerja independent tanpa terikat kontrak panjang. Freelance memiliki keahlian dan ketrampilan khusus yang dibutuhkan untuk proyek tertentu. Pekerjaan freelance biasanya remote (dapat dilakukan dari rumah atau dari mana saja) namun ada juga kebutuhan untuk bertemu langsung sesekali dengan klien. Namun freelancer sering kali mengalami hambatan ketika dikejar deadline.

Jadi, pilih kerja apa ?

mm
Founder Student Job
Aktif berbagai komunitas dan berbagi inspirasi melalui tulisan dan event.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *