artikel

Apa itu Holacracy ?

By  | 

amazing-creative-workspaces-office-spaces-5-5

Dalam istilah management, holacracy merupakan sistem management tanpa dominasi kekuatan pihak tertentu dari hierarki management. Bertolak belakang dengan sistem birokrasi, holacracy tidak memiliki struktur baku organisasi. Holacracy memberikan kebebasan penuh kepada setiap individu untuk berkerja dan berkarya sesuai dengan kapabilitas semaksimal mungkin tanpa atasan langsung. Jadi setiap orang bertanggungjawab penuh atas tugas dan target yang ingin dicapai tanpa perlu melapor kepada supervisor atau manager dan tidak perlu menunggu perintah pekerjaan.
Holacracy mendorong lingkungan entrepreneur yang mendorong karyawan di dalam untuk aktif dan kreatif dalam seluruh proses bisnis perusahaan. Biasanya, startup atau perusahaan rintisan merupakan contoh tepat untuk implementasi sistem ini karena masih dalam skala masih kecil dan bersifat fleksibel.

Apa kelebihannya ?
Setiap orang merupakan bos. Tidak ada birokrasi membebaskan seluruh karyawan menjadi lebih proaktif dalam mengambil keputusan. Intinya, tidak ada lagi bos dan jabatan. Holacracy lebih fokus kepada tugas, tanggungjawab dan eksekusi dari tiap invididu sehingga tidak ada lagi keluhan harus melewati prosedur birokrasi panjang.

Apa kekurangannya ?
Namun sayangnya, tidak semua orang bisa menerima holacracy. Bagi sebagian orang, sistem ini terasa tidak nyaman karena tidak ada standardisasi dalam mengerjakan tugas dan tidak ada orang yang posisinya lebih tinggi sebagai tempat diskusi dan evaluasi pekerjaan.

Perusahaan apa yang menerapkan holacracy ?
Zappos, toko online sepatu, merupakan salah satu startup yang terkenal dengan sistem holacracy.  Bahkan Zappos menawarkan kompensasi sebesar $2000 (setara sekitar Rp 26 juta) bagi karyawan yang ingin keluar. Meskipun begitu, semenjak menerapkan sistem holacracy tahun 2013, angka turnover Zappos meningkat hingga 30% yang merupakan 10% lebih tinggi dari rata-rata tahun sebelumnya. Ini menunjukkan bahwa tidak semua orang siap dan nyaman bekerja dengan sistem holacracy. Nah, bagaimana menurut kamu ?

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *