Student Job

Pre-Event ARCHITECTURE FAIR (AFAIR) 2018 “Architecture as Catalyst”

By  | 

AFAIR merupakan sebuah acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur yang berkolaborasi dengan Departemen Arsitektur Universitas Indonesia sebagai kesempatan untuk menunjukkan kompetensi mahasiswa dalam membuat rancangan yang merespon isu-isu hangat, yang kemudian akan diterjemahkan ke dalam bentuk komunikasi arsitektur kepada masyarakat, akademisi, dan kalangan profesional. AFAIR kali ini merupakan acara yang ketujuh kalinya dengan rangkaian acara berupa penempatan instalasi publik interaktif, talkshow, workshop, sayembara berlevel internasional, dan tentunya pameran karya mahasiswa yang berlangsung dari Juli 2017 hingga Februari 2018.

Tahun ini, AFAIR 2018 mengusung tema “Architecture as Catalyst”. Mengambil terminologi dari dunia kimia, katalisator adalah ‘zat yang menyebabkan atau mempercepat reaksi kimia’. Mengikuti analogi tersebut, arsitektur dapat berperan sebagai stimulan, sebuah penggerak suatu perubahan positif dalam lingkup perkotaan di sekelilingnya. Arsitektur dapat menjadi sebuah katalisator jika dan hanya jika arsitektur dapat memberikan dampak positif yang langsung maupun tidak langsung baik dalam segi sosial maupun ekonomi, dalam skala individu, komunitas, maupun kota.

Melalui AFAIR 2018, Departemen Arsitektur UI ingin mengekspos kesempatan menyenangkan dari seorang arsitek untuk menggunakan keahlian mereka dan memahami konteks sekitar dalam menghasilkan solusi rancangan yang berdampak, dimana pada saat yang sama mengeksplor dan memberikan kesan tersendiri bagi ruang-ruang ini, terutama ruang-ruang residual dan yang terlupakan.

KONSEP​ ​ACARA

A. Konten​ ​Pameran

AFAIR UI 2018 akan menunjukkan karya-karya terbaik mahasiswa Arsitektur dan Arsitektur Interior UI yang memiliki keunggulan dalam harmonisasi ide, kebutuhan manusia, dan lingkungannya. Karya-karya ini akan memberikan gambaran secara keseluruhan tentang arsitektur untuk masyarakat dan akan divisualisasikan dalam bentuk rancangan pameran.

B. Rancangan​ ​Pameran

Kami mengerti bahwa pameran saat ini sudah kehilangan jati diri dalam tujuannya sebagai pameran itu sendiri. Kami memiliki inisiatif untuk mengembalikan tujuan utama dari pameran dalam bentuk yang unik. Selain display, mock-up, instalasi, dan berbagai ragam visualisasi, kami juga akan menunjukkan konten dalam sebuah rangkaian pameran yang juga mengusung tema utama kami, yakni menyelesaikan, merevitalisasi, atau secara sederhana memberikan arti ke dalam sebuah ruang yang sudah ada yang mendorong arsitektur untuk menunjukkan perannya sebagai katalisator.

C. Sayembara​ ​Desain

Sayembara Desain AFAIR UI 2018 akan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai belahan dunia. Mengusung tema utama “Lost and Found: Reclaiming Architecture of Nobody” yang menantang mahasiswa untuk mengeksplor bagaimana arsitektur dapat berkontribusi terhadap perubahan, dimulai dari ruang residual, lingkup terdekat namun juga terlupakan dan tidak memiliki arti – yang dapat menjadi katalisator dari perubahan yang lebih besar. Kompetisi yang unik ini akan mendorong partisipan untuk menciptakan sebuah cara untuk mengatasi masalah identitas – yang berkaitan langsung dengan memori – pada ruang-ruang kosong dan/atau tak berarti. Rancangan mereka bertujuan untuk menghadirkan kembali tujuan kolektif dari ruang yang mereka pilih; mendukung kehidupan publik dengan memberikan nilai memori dan berdampak positif kepada komunitas, budaya, dan lokalitas, dengan tetap berdialog dengan konteks sekitar.

Jadwal​ ​Sayembara

Registrasi Online : 25 Juli 2017 – 20 Oktober 2017
Sharing & Technical Meeting : 9 September 2017
Deadline Pengiriman Proposal Desain : 20 Oktober 2017
Tahap Penjurian Awal : 23 Oktober 2017 – 15 Desember 2017
Pengumuman Top 5 : 20 Desember 2017
Tahap Penjurian Akhir dan Presentasi Finalis : Main Event AFAIR 2018

Juri​ ​Sayembara

Sarah Ginting (SAGI Architects)
Achmad Hery Fuad (Akademisi Universitas Indonesia)
Adi Panuntun (Sembilan Matahari)

 

RANGKAIAN​ ​ACARA

A. Pre-Event

Acara : Talkshow dan Technical Meeting Sayembara Desain
Waktu : 9 September 2017
Tempat : Auditorium K-301, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, Depok

B. Roadshow

Acara : Instalasi Publik Interaktif
Waktu : 4-5 November 2017
Tempat : RTH & RPTRA Kalijodo, Jakarta Utara

C. Sayembara​ ​Desain

Acara : Kompetisi “Lost and Found: Reclaiming Architecture of Nobody”
Waktu : 25 Juli 2017 – Main Event

D. Main​ ​Event

Acara : Pameran, Talkshow, Workshop, dan Presentasi Finalis Sayembara
Waktu : 27 Januari – 4 Februari 2018
Tempat : Art and Culture Center, Universitas Indonesia, Depok*
*to be confirmed

mm
the dreamer. the simple person who loves to discuss. “success is an iceberg”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *