artikel

Bagaimana Menulis Konten Yang Baik?

By  | 

Bila kamu suka menulis atau ingin belajar gimana caranya bisa jadi Content Writer yang baik, simak artikel ini;

Berikut ini adalah tips dan cara untuk memilih topik menarik agar banyak dibaca orang.

Melalui Google Trends atau Twitter Trending
Secara umum, topik-topik yang sedang hangat diperbincangkan dapat dilihat di Google Trends atau Twitter Trending. Jika menggunakan Google Trends atau Twitter Trending, sebaiknya lihatlah topik yang sedang hangat pada dua hari terakhir.

Mencari dari situs atau media kenamaan Indonesia
Untuk mendapatkan rujukan mengenai tren berita di Indonesia, sebaiknya terlebih dahulu melihat topik terpopuler atau memeriksa topik berita yang paling banyak dibahas di sejumlah situs media online kenamaan seperti kompas.com, cnnindonesia.com, tempo.co, detik.com, dan lain-lain dalam dua hari terakhir. Sebaiknya terlebih dahulu mengulik sisi lain dari topik yang sedang hangat dibicarakan dan menulisnya dengan gaya feature atau timeless.

Pencarian dengan tools tambahan Google News
Tren berita dari media kenamaan dapat juga dicek melalui Google. Dengan fitur ini, dapat menetukan rentang tanggal artikel yang sedang ‘hot’ di dunia maya. Dari situ, dapat dijadikan rujukan menulis artikel.

Angle
Pembaca cenderung meminta artikel analisis yang berupa prediksi atau topik yang menimbulkan pertanyaan lebih lanjut dari sebuah peristiwa. Tambahkanlah paling tidak dua paragraf dalam artikel yang berisikan analisis Anda sendiri.

Support
Pastikan setiap pernyataan dari opini Anda didukung oleh paling tidak satu fakta pendukung. Semakin banyak sumber / referensi pada artikel-mu semakin bagus kualitas kontenmu

Bingung mau pilih judul seperti apa?
Kamu bisa mulai dengan menganalisis hobi atau kegiatan favorit-mu, bila kamu suka jalan – jalan kamu bisa membuat konten yang membahas tentang cara menghemat uang saat keluar negeri atau tempat berwisata yang paling seru, tidak ada batasan dalam membuat konten, hanya saja perhatikan tata bahasa dan isi ya, jangan sampai mengandung unsur sara atau menjiplak hasil orang lain, stay original!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *