artikel

Be STAR, Be New You!

By  | 

Hi, Youth!!

Gw rizkia dari salah satu program mentoring Student Job Indonesia (@idstudentjob) akan menceritakan pengalaman gw selama terlibat di acara mentoring ini.

Student Job Indonesia, as you know, adalah sebuah portal bagi para mahasiswa/pelajar/fresh graduated untuk mencari pekerjaan entah itu full time job, part time, freelancer, ataupun sekedar volunteering. StuJob -begitu gw akrab menyebutnya- bulan Februari lalu membuka program mentoring batch 1 yang bernama STAR. Inti dari program ini adalah mempersiapkan anak-anak muda yang akan bergabung di program ini untuk lebih siap di dunia kerja terutama di bidang start-up bisnis yang memang di era sekarang ini sedang booming banget.

As my luckiness works, gw terpilih menjadi salah satu dari sekian teman-teman baru gw di program STAR ini. Alhamdulillah. hehehe. So happy I am.

Program STAR ini memiliki enam mentor yang menguasai bidangnya masing-masing dan sangat murah hati untuk membagi ilmunya ke gw dan teman-teman lainnya. Let me introduce you the honourable and super-kind-hearted mentors…

1. Annisa Purbandari : Kakak yang satu ini adalah founder dari Student Job Indonesia. Beliau adalah mentor favorit saya selama di program ini. Why? Beliau selain cantik dan super smart, beliau juga baik hati. Ngga pelit dalam membagi ilmu dan makanan tentunya -hehehehehe- padahal bisa dibilang di awal-awal program -mungkin sampai sekarang- kita belum seperti yang beliau harapkan. Tapi memang beliau adalah sosok mentor yang baik, selalu sabar dalam melihat progress kita dan tidak pernah berhenti encourage kita untuk bisa jadi pribadi yang lebih baik. Too much love untuk Ka Nisa.

2. Sidnei Budiman : Kakak yang ini adalah kakak blasteran Indonesia – Australia. Gw dan teman-teman lain selalu terkagum-kagum kalau beliau sudah berbicara. selain berbobot, show off his cleverness, juga terkagum dengan kefasihan englishnya -yaiyalah blasteran kece- kita jadi berasa lagi ikut tes TOEFL hehehehe. Beliau adalah founder dari Dealoka. By the way, Ka Sidnei ini adalah suami dari kak Annisa dan Agustus ini mereka dikaruniai seorang bayi lelaki yang lucu nan gemay. Baby Al from Sidney, Australia. Hallo from Indonesia Baby Al.

3. Rhein Mahatma : Kak Rhein adalah founder dari startupbisnis.com tapi ngga cuma itu aja, beliau sudah mencetak banyak start-up loh. saking banyaknya gw sampe lupa apa aja, tapi suer banyak banget. Makanya ga heran untuk masalah SEO beliau sudah hatam dan bisa mengerjakannya dengan sangat lihai. Inspiring sekali Kak Rhein!

4. Alicia Van Akker : Kak Alice adalah founder dari Rumah MC. Beliau adalah professional public speaker. Jadi, selain membekali dengan keterampilan digital, kita sebagai anak didik juga dibekali dengan bagaimana menjadi public speaker yang baik, yang tidak gugup dalam menyampaikan suatu ide di depan umum, dan terbiasa berdiri atau menjadi pusat perhatian di suatu converence -asik kan- hehehehe.

5. Riza Fahmi : Kak Riza adalah founder dari AppsCo. Kita belajar banyak dari kak Riza. selain coding, beliau juga mengajari leadership dan bagaimana membentuk team work yang baik. ternyata ada tips and tricks memilih partner bisnis loh. Ngga sembarang orang bisa jadi Co-Founder. You must choose well! dan Kak Riza dengan baik hati membocorkan rahasianya. hehehehe

Well, itu adalah mentor-mentornya. Now, let me tell you the 5 months of awesome mentoring.

Bulan pertama, ka Annisa mengajarkan tentang how to write curriculum vitae yang sesuai target sehingga CV kita dapat mengcover siapa diri kita. Ngga seperti CV-CV yang banyak orang buat, bertele-tele, dan berujung di tempat sampah.

Bulan kedua, giliran ka Sidnei yang mengajarkan kita bagaimana membangun dan mengelola bisnis. As I told you, kalau ka Sidnei udah kasih pengajarannya, kita semua pasti akan dibuat kagum karena pengalamannya yang sudah banyak, yang ngga hanya pengalaman di dalam negeri tapi juga sudah merambah ke negara tetangga. sebut saja Filipina.

Bulan ketiga, adalah bulannya leadership. kita diajarkan tips and tricks membangun team work, memilih Co-Founder, jumlah yang ideal dalam membangun team, skill yang harus dimiliki dalam tim, sampai pembagian cost and profit. Untuk gw pribadi sesi ini adalah sesi yang paling membuat semangat naik. Karena dengan tips and trick itu gw jadi gregetan untuk cari partner bisnis hehehehehe

Bulan keempat adalah bulan SEO!!! Ini giliran ka Rhein yang menjadi mentor kita. Asli lah keren banget. Gw dan teman-teman dikasih tau bagaimana menganalisa traffic by google, masang iklan dan liat biaya sesuai keyword yang mau kita gunakan, marketing and payment via facebook, dan sebagainya. Di sesi ini gw juga tahu kalau biaya SEO itu sungguh-sungguh mahalnya luar biasa. ckckck

Bulan kelima adalah public speaking time oleh Kak Alice. Disini kita belajar untuk ngomong sama….. tembok. hahahaha

Ngomong sendiri dengan tema yang kita suka aja ternyata susah loh. susah karena harus sistematis, runut, dan ngga boleh buyar walaupun ada noise di sekitaran kita. Di awal gw dan teman-teman fail untuk bisa ngomong sistematis, but we’re working on it lah hehehehe

Selain kisah -asik- atau pengalaman lima bulan itu, kita juga diberikan pengalaman untuk terlibat di acara besar seperti Acara IESE 2016 kemarin yang diselenggarakan di ICE BSD. Acara tersebut dihadiri banyak pendiri e-commerce, BeKRAF, Menteri-menteri, Pak Presiden, dan banyak lagi. acara tersebut berfokus pada pengembangan e-commerce di Indonesia. Disini gw mendapatkan pengalaman yang benar-benar baru yaitu ikut hadir dalam meliput private converence dengan para founder dan menteri-menteri. Gila kan?? Keren!!!

Gimana, youth?

penasaran dengan kisah selanjutnya?

keseruan-keseruan di program mentoring STAR ini?

eits, I give you a spoiler yah… STAR akan mengadakan batch 2. kapan?? Stay tuned di Student Job Indonesia (@idstudentjob) and check this http://star.studentjob.co.id/😀

See you next time with new article from StuJobIndonesia!!

Regards

(Penulis : Rizkia Nur Anis, Mahasiswi Trisakti School of Management, Startis Batch 1)

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *