artikel

Bekerja di Pelosok Negeri Bersama NDI

By  | 

whatsapp-image-2016-09-21-at-09-31-11

Bekerja di pedalaman mungkin terdengar tidak lazim, tetapi inilah yang dilakukan oleh dua wanita cantik yang didorong oleh kepeduliannya untuk memberdayakan ibu-ibu di pedalaman Indonesia.

Pada tanggal 7 September 2016, Student Job Indonesia dan Dreamers Radio mengundang perwakilan dari Nusantara Development Initiatives yaitu Intan Wierma dan Ayu untuk berbagi seputar pengalamannya bekerja di salah satu daerah pedalaman di Indonesia Timur. Intan dan Ayu sama-sama digerakkan oleh motif dan tujuan yang sama saat memutuskan bekerja di pelosok negeri, salah satunya ialah lebih menyenangi jenis pekerjaan yang bersifat eksploratif dibanding sebagai pekerja kantoran.

Nusantara Development Initiatives atau yang biasa disingkat menjadi NDI adalah social enterprise yang berfokus pada 3 aspek: Women, Technology, Social Impact. NDI memberdayakan perempuan di pelosok negeri untuk jadi wirausaha lampu tenaga surya yang dikenal sebagai Ibu Rumah Terang. Ibu Rumah Terang memperkenalkan lampu tenaga surya ke masyarakat. Sehingga mereka punya sumber penerangan yang sehat,aman,dan hemat.

Intan dan Ayu bercerita bahwa banyak hal yang mereka dapatkan saat bekerja untuk memberdayakan perempuan di pelosok negeri. Mulai dari merasakan bagaimana kehidupan yang sangat berbeda dari kota seperti akses untuk air bersih hingga membuktikan sendiri bagaimana toleransi begitu terasa nyata saat berinteraksi langsung bersama penduduk lokal yang berbeda budaya, bahasa, kebiasaan, adat istiadat, dan agama. Mereka juga belajar berempati dan belajar menjalani hidup dengan penuh sederhana dan bersahaja dari para penduduk lokal―sesuatu yang tak akan pernah mereka dapatkan ketika mereka memilih bekerja di kantoran.

Sebagai penutup, Intan dan Ayu sama-sama berpesan agar anak muda mampu mengenali apa yang menjadi panggilan hati terdalamnya dan harus bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat dan bangsa melalui program/kegiatan pemberdayaan sosial.

mm
Jiwa muda yang lagi belajar psikologi, digital, youth and employment. Hidup itu cuma sekali, berbagilah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *