artikel

Bergandeng Tangan Menciptakan Perubahan

By  | 

WhatsApp Image 2016-08-18 at 11.17.21

Negara Indonesia adalah negara yang menunjung tinggi semangat gotong royong. Ya, filosofi inilah yang menjadi semangat Jezzie Setiawan dan rekannya Dhini Hidayati mendirikan gandengtangan.org. Pada hari Rabu, 10 Agustus 2016, Student Job Indonesia dan Dreamers Radio mengundang Dhini Hidayati selaku Co-founder Gandeng Tangan. Dhini mengungkapkan bahwa kehadiran platform gandengtangan juga dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa masih banyak rakyat Indonesia yang berpenghasilan dibawah 2 dollar per hari. Kehadiran social entrepreneur dan UKM dapat menjadi solusi dalam mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia melalui pemberdayaan sosial dan ekonomi masyarakat.

Live Streaming Talkshow yang berlangsung selama satu jam ini, Dhini menuturkan bahwa kesulitan yang biasa dihadapi oleh para pengusaha sosial dan UKM ialah modal atau pendanaan usaha. Melalui kehadiran gandengtangan.org inilah para pengusaha sosial dan UKM akan dihubungkan dengan orang-orang yang akan menjadi peminjam tulus. Peminjam tulus artinya setiap rupiah yang dipinjamkan untuk tiap unit bisnis sosial dan UKM ialah dengan bunga pinjaman 0%. Melalui Gandeng Tangan, setiap orang yang berkeinginan untuk turut serta dalam memberdayakan ekonomi Indonesia dapat memberikan pinjaman bahkan mulai dari 50.000.

Sejak 15 Maret 2015, Gandengtangan.org telah menggalang dana pinjaman kebih dari Rp 300 juta yang dikumpulkan dari 600 pendana individu. Dana tersebut telah mendanai 12 usaha sosial yang memberikan manfaat kepada 3.320 orang yang tersebar di seluruh wilayahIndonesia. Mulai dari wilayah terdekat seperti Jakarta dan Tangerang, hingga Kutai-Kalimantan dan Desa Adonara, NTT. Pada launching gandengtangan.org 2.0, platform ini menyajikan fitur baru seperti “Host Event” dan “Kampanye Versi Kamu”sebagai bentuk perwujudan aksi gotong royong untuk membantu para UMKM dan wirasusahawan sosial. Dengan fitur ini, masyarakat bukan hanya menjadi pendana usaha saja, tapi juga dapat menggalangkan dana pinjaman untuk usaha-usaha yang ada di GandengTangan.org

mm
Jiwa muda yang lagi belajar psikologi, digital, youth and employment. Hidup itu cuma sekali, berbagilah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *