artikel

Binus Industrial Outlook : Startup Or Corporate ?

By  | 

Binus University International mengadakan event dengan mengangkat tema Industrial Outlook pada hari Rabu 23 Maret pukul 11 hingga 13 siang. Bertempat di Hang Lekir Senayan, Industrial Outlook merupakan rangakaian acara pelatihan tahunan yang diselenggarakan oleh Student, Alumni, and Global Employability (SAGE) Binus University International dengan tujuan memberikan pengetahuan mengenai industri, pelatihan soft skill dan isu populer lainnya dalam dunia profesional.

Bekerjasama dengan KompasKarier.com, Student Job kali ini mendapatkan kesempatan turut serta dalam Binus Industrial Outlook dengan menggandeng Indosat dan Dealoka sebagai narasumber dengan topik “Startup or Corporate ?”. Pak Carlos Karo-Karo, Division Head Digital Commerce, mewakili Indosat dari sudut pandang corporate sementara dari sisi startup, kak Yoskha Dwi Adrianto, Jakarta Regional Sales Manager Dealoka.

Acara berlangsung selama 2 jam dan dibuka dengan perkenalan dari KompasKarier.com dan Student Job. Kak Annisa, founder Student Job, menceritakan pentingnya mengetahui purpose-driven career dalam hidup yang meliputi passion, skill, apa yang dunia butuhkan dan kita mendapatkan bayaran.

Annisa share student job
                               Kak Annisa Menceritakan Pentingnya Memulai Karir Sejak Dini

Sesi pertama Binus Industrial Outlook dimulai dengan cerita pengalaman kak Yoskha yang masih kuliah tingkat akhir jurusan HI di salah satu universitas swasta terkemuka namun sudah memulai karir sejak semester 6. Setelah 1 tahun berkarir, kak Yoskha dipercaya naik jabatan dari Account Executive menjadi Sales Manager Dealoka. Meski usia masih muda, tidak menghalangi untuk berprestasi dan membuktikan kompetensi diri.
yoskha binus industrial                                             Kak Yoskha bercerita serunya kerja di startup

Kak Yoskha juga menceritakan bagaimana lingkungan kerja di Dealoka yang santai tapi serius dan dengan jam kerja fleksibel yang penting mencapai target. Suasana kantor di Dealoka juga terasa seperti di rumah apalagi mendapatkan makan siang gratis dan terdapat kucing persia peliharaan di kantor. Hal paling seru adalah team yang kompak (mayoritas masih muda) dan mudah berdiskusi ide baru langsung dengan atasan.

Carlos Binus Industrial Outlook
                   Pak Carlos menceritakan pengalaman merintis karir selama 20 tahun terakhir

Kemudian pada sesi selanjutnya, Pak Carlos dengan gaya khas yang blak-blakan apa adanya membuka sesi dengan penuh canda dan tawa mengurangi ketegangan dan keseriusan di antara peserta. Memiliki latar belakang pendidikan di Australia, membuat Pak Carlos memiliki visi dan mindset global. Memulai karir di AAPT, salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Australia, Pak Carlos terbiasa bekerja dengan berbagai latar belakang orang dan aktif untuk bertanya terutama pertanyaan bodoh. Kenapa ? Berdasarkan nasihat pak Carlos, kita akan terus belajar dan tidaka da rasa malu untuk memiliki rasa ingin tahu.

mahasiswa binus Industrial Outlook
                                       Peserta dengan serius menyimak kedua narasumber

Selama bekerja di APPT, pada mulanya ditempatkan pada bagian teknis namun melihat performance dan pengetahuannya, kemudian diangkat ke bagian lebih strategis yaitu Investment Manager. Setelah dari AAPT, Pak Carlos direkrut oleh Singtel Optus, perusahaan telekomunikasi kedua terbesar di Australia. Padahal pada masa itu merupakan masa yang sulit dan penuh tantangan bagi perusahaan telekomunikasi karena belum siap bersaing dengan kecanggihan teknologi dan kecepatan internet yang akan melemahkan industri telekomunikasi. Akan tetapi Pak Carlos dengan gesit dan cerdik melihat peluang untuk turut serta dalam era bubble dot com ini agar perusahaan telekomunikasi dapat tetap bersaing.

yoskha carlos binus                              Sesi tanya jawab sangat tinggi antusias dari para peserta

Peserta diberikan waktu 20 menit untuk bertanya langsung dari para peserta dengan harapan asa ingin tahu dan penasaran terjawab. Ada peserta tertarik dengan pengalaman kak Yoskha karena merasa seumuran namun belum memiliki pengalaman kerja sama sekali dan bingung bagaimana memulainya. Pesan dari Kak Yoskha yang penting mau belajar karena akan dibimbing. Peserta lain juga tertarik mengetahui tips bekerja di perusahaan besar dari Pak Carlos yang ternyata hanya 1 tips simple : jangan terpaku pada job description yang diberikan. Ketika mulai memasuki dunia profesional, kita harus proaktif dan peduli dengan rekan kerja lainnya. Bila perlu tanya pekerjaan mereka apa dan bantuan apa yang bisa kita berikan sehingga kita akan banyak belajar dan menjadi menonjol agar mudah mendapatkan rekomendasi. Jangan hanya pasif dan menunggu projek saja dari atasan. Kuncinya adalah inisiatif diperlukan dalam dunia kerja.
foto bersama binus
                                            Sesi foto bareng narasumber dan para peserta

Tidak terasa 2 jam sudah berlangsung dan kita tutup dengan sesi foto bareng bersama narasumber. Semoga Binus Industrial Outlook kali ini memberikan pengetahuan dan manfaat bagi teman-teman binus dan semakin mantap dalam menentukan pilihan karir.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *