artikel

E-YOUTH CHAPTER 7

By  | 

Poster BPC (1)

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah pengangguran di Indonesia pada Agustus 2015 mencapai 7,56 juta orang. Angka pengangguran ini kemungkinan besar meningkat setiap harinya hingga hari ini. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan meningkatkan minat kewirausahaan masyarakat mulai dari masyarakat umum, kalangan mahasiswa hingga kalangan siswa sekalipun.

Entrepreneurial Youth (E-Youth) Chapter 7 hadi runtuk meningkatkan minat kewirausahaan kaum muda Indonesia untuk berkarya dan inovatif dalam berwirausaha. Entrepreneurial Youth (E-Youth) Chapter 7 merupakan salah satu bentuk apresiasi dan partisipasi dari Departemen Pendidikan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Bakrie (BEM-UB). Tema E-Youth Chapter 7 kali ini adalah Be Passionately Creative. Tujuan utama dari kegiatan E-Youth Chapter 7 kali ini adalah untuk menghasilkan entrepreneur yang mampu mengembangkan usahanya dengan ide-ide kreatif sesuai passion mereka. E-Youth Chapter 7 memiliki 4 rangkaian acara yang sangat disayangkan jika tidak diikuti yang terdiri dari,

  1. Road to Business Plan Competition (BPC)

Road to Business Plan Competition, kegiatan yang telahberhasildilaksanakan, pada 5, 6, 12 dan 13 Desember 2015 di Universitas Bakrie yang mentoring yang diberikan untuk mahasiswa/iUniversitas Bakrie yang mendaftarkan team-nya dan kegiatan ini bersifat internal dengan tujuan mematangkan persiapan team dalam kegiatan Business Plan Competition. Materi yang disampaikan adalah ide bisnis, produksi, marketing, finance, pengembangan usaha dan penyusunan proposal dengan bebreapa bintang tamu, yaitu:

  1. Pandit Sumawinata, MBA sebagai dosen Universitas Bakrie
  2. Didit Herawan sebagai dosen Universitas Bakrie
  3. Aryo Moedantion sebagai CEO & Founder anakmuda.net
  4. Aakar AbyasaFizuno sebagai CEO & Founder Janus Financial
  5. Reiner Bonifasius Rahardja sebagai Founder & Executive Director of The Accelerator – Accelerating Entrepreneurs
  6. Firman Ardiansyah sebagai alumnus program studi Management Universitas Bakrie yang sekarang bergelut di dunia bisnis

 

  1. Business Plan Competition (BPC)

Kompetisi pembuatan proposal yang bertemakan“The Real Navigation of Your Business”dan lingkup pesertanya bersifat umum.Timeline BPC E-Youth Chapter 7 :

  1. Pendaftaran dan submit Proposal dilaksanakan pada tanggal 26 Desember 2015 hingga 28 Januari 2016
  2. Seleksi proposal dilaksanakan pada tanggal 29 Januari 2015 hingga 3 Februari 2016
  3. Pengumuman hasil seleksi dilaksanakan pada tanggal 4 Februari 2016
  4. Techinical Meeting, Opening Ceremony dan Field Visit dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2016
  5. Presentasi dan Awarding dilaksanakan pada tanggal 12 dan 13 Februari 2016

Hadiah yang diberikan untuk acara BPC E-Youth Chapter 7 dibagi menjadi, :

  1. Juara 1

Rp 8.000.000,00 + Trophy + Sertifikat

  1. Juara 2

Rp 6.000.000,00 + Trophy + Sertifikat

  1. Juara 3

Rp 4.000.000,00 + Trophy + Sertifikat

  1. Favorite Team

Rp 500.000,00 + Sertifikat

 

  1. Entrepreneurial Race (E-Race)

Kegiatan berbentuk festival yang memasarkan produk-produk usaha kreatif mahasiswa Universitas Bakrie maupun pihak eksternal. Bentuk usaha yang akan ditampilkan adalah usaha mahasiswa yang memiliki produk yang cukup unik, mampu membaca trend, serta dapat menciptakan value dan lifestyleter sendiri bagi konsumennya. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 17 hingga 19 Februari 2016 yang mana peserta akan memperebutkan beberapa kategori juara, yaitu :

  1. The Most Favorite Stand

Untuk stand yang memiliki dukungan terbanyak oleh pelanggannya melalui voting terbuka.

  1. The Most Creative Stand

Untuk stand yang memiliki dekorasi yang unik sehingga menarik pelanggan untuk berbelanja.

  1. The Most Social Media Popular Stand

Untuk stand yang paling banyak mengunggah usahanya dan kegiatan E-Race serta mendapatkan likester banyak di media sosial.

 

  1. Grand Seminar

Acara ini merupakan acara puncak dari E-Youth Chapter 7 yang akan dilaksanakan pada 28 Februari 2016 dengan dibagi menjadi 2 sesi yang terdiri dari, talkshow dan workshop. Tema yang akan diangkat dalam Grand Seminar pada E-Youth Chapter 7 kali ini adalah “Know the Challenge of Passionate Business”. Acara dihadiri oleh pembicara-pembicara yang memiliki kemampuan di bidang masing-masing yang dimulai dari CEO, Entrepreneur, ataupun Entertainer yang bergelut di bidang entrepreneur. Peserta juga akan diajak dalam beberapa kelas peminatan dengan dibagi dalam sebuah kelompok dan dibimbing oleh salah satu pembicara serta penyelesaian kasus yang terkait. Tak hanya itu, akan hadiah uang berdasarkan skor tertinggi tiap-tiap kelas peminatan

Banyak keuntungan dan pengalaman bermanfaat yang bisa kamu dapatkan di E-Youth Chapter 7. So, take your chances, come and get involved in E-Youth Chapter 7 and be passionately creative!

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *