Competition

ESPRIEX BUSINESS MODEL COMPETITION ASEAN

By  | 

Espriex “Enterpreneural Spirit Exchange” merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Jurusan Administasi Bisnis, Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Brawijaya. Kompetisi ini pertama kali diadakan pada tahun 2012 dan melibatkan mahasiswa diploma, sarjana dan pascasarjana sebagai pesertanya baik di dalam negeri maupun luar negeri di kawasan ASEAN. Espriex dilaksanakan sebagai sarana untuk menumbuhkan motivasi berwirausaha bagi mahasiswa dengan menuangkan kreatifitasnya dalam bentuk business model canvas. Business model canvas sendiri adalah cara baru yangdiperkenalkan oleh Alexander Osterwalder melalui bukunya yang berjudul Business Model Generation. Business model competition seperti ini juga sudah dilaksanakan oleh kampus-kampus terkemuka di dunia melalui International Business Model Competition yang diselenggarakan secara bergantian oleh beberapa universitas terkemuka di Amerika seperti Harvard, Stanford dll.  Penyelenggaraan Espriex sudah mendapatkan pengakuan dari International Business Model Competition (IBMC) sebagai sarana seleksi tingkat ASEAN untuk ikut pada IBMC Mei mendatang.

Espriex 2016 diikuti oleh beberapa negara di ASEAN seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina dan tentunya Indonesia sendiri. Dari jumlah pendaftar yang lebih dari 200 tim, juri memutuskan 30 tim terbaik yang diundang ke Universitas Brawijaya dan bersaing untuk menjadi perwakilan ASEAN di IBMC. Pada babak final, tiga tim teratas diuji oleh 4 juri dari Indonesia, 1 juri dari Malaysia dan 1 juri dari Brigham Young University melalui sambungan telekonferensi dari Amerika Serikat. Pemenang tahun lalu adalah tim TOLKIDZ  dari Universiti Teknologi Malaysia, Malaysia, yang mengembangkan sebuah produk bernama Talki berupa alat yang dapat menghubungkan anak berkebutuhan khusus dengan orangtuanya agar orangtua mengetahui perasaan dan suasana hati si anak serta bisa membantu meningkatkan cara belajar mereka dengan keterbatasan yang mereka miliki.

Tahun ini, Espriex mengusung tema “The Largest Lean Startup in ASEAN.” Tidak banyak berbeda dari tahun lalu, hanya saja jumlah tim yang akan diundang ke Malang dikerucut menjadi 25 tim dengan total hadiah lebih besar yaitu senilai USD7000. Namun untuk nama juri masih dirahasiakan oleh panitia. Pendaftaran sudah mulai dibuka sejak tanggal 26 Desember 2016 dan akan ditutup tanggal 12 Februari nanti.­Espriex akan diselenggarakan selama tiga hari pada tanggal 15-17 Maret 2017 yang terdiri dari berbagai rangkaian acara mulai dari opening ceremony, technical meeting, gala dinner, business class, quarter dan semi final hingga final dan ditutup dengan closing ceremony.

Espriex ini merupakan ajang penghargaan dan apresiasi terhadap inovasi dan semangat bisnis para mahasiswa yang bertujuan memberikan manfaat untuk semua kalangan. Espiex 4.0 iniakan memberikan pengalaman berharga dan tak terlupakan sebagai wadah sekolah singkat bisnis yang memberikan ilmu sesuai dengan bisnis yang dikembangkan serta memberikan jalan untuk bertemu dengan para mentor yang ahli dalam bidang bisnis untuk mencapai bisnis yang berkelanjutan dan memberikan peluang mengembangkan bisnis hingga tingkat internasional.

 

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *