artikel

My Excited Experience in STAR Program

By  | 

Apa itu STARTIS ?

Apa itu Student Job Indonesia?

Oke, mungkin pertanyaan itu  yang paling banyak muncul ketika saya menceritakan pengalaman baru saya kepada teman-teman kampus. Untuk itu saya ingin berbagi pengalaman baru saya diluar kegiatan kampus yaitu program Startis yang diselenggarakan oleh Student Job Indonesia.

Startis merupakan program mentorship yang diselenggarakan oleh Student Job selama 6 bulan. Jadi dalam program ini kita diajarkan mengenai dunia digital seperti bisnis Startup, namun tak hanya itu,  kita juga diberi ilmu baru mengenai bagaimana cara membuat CV yang baik, public speaking, leadership, digital marketing dan masih banyak lagi yang bisa kita dapat.

Setiap sebulan sekali kita dibimbing dan diajarkan oleh para mentor yang disediakan dari Student Job. Apa itu Stundent Job ?

Student Job merupakan job portal khusus pelajar SMA/SMK, Mahasiswa dan fresh graduates yang memberikan informasi lowongan kerja magang, part time, volunteer, dan full time jobs. Student Job sendiri memiliki Founder yang juga sekaligus CEO yang bernama Annisa Purbandari. Nah ka Annisa sendiri ini lah yang merekruit saya dan teman-teman Startis  dalam programa  Startis yang diselenggarakan oleh Student Job.
Pertemuan 1 (19 Maret 2016 – Welcoming STAR)

Pada pertemuan pertama ini kami diperkenalkan dengan para Mentor yang akan memberikan ilmu nya mengenai bidang nya masing-masing. Tak hanya kepada para mentor kami diperkenalkan, saya juga berkenalan dengan teman-teman baru yang mengikuti program Startis dari berbagai kampus dan berbagai jurusan.

Nah di pertemuan pertama ini kami dimentoring langsung oleh Founder dan CEO Student Job Indonesia yaitu Ka Annisa Purbandari. Kami diajarkan bagaiman cara membuat CV yang baik dan benar agar langsung dilirik oleh perusahaan.

Pertemuan 2 (30 April 2016 – Membangun Bisinis)

Pada pertemuan kedua ini kami dibimbing oleh ka Sidnei Budiman dan ka Riza Fahmi. Ka Sidnei sendiri merupakan CEO dan Founder dari Dealoka selain itu ka Sidnei juga mengembangkan sistem management dan teknologi pada perusahaan multinasional. Sementara ka Riza Fahmi sendiri merupakan Managing Director dari AppsCo, tak hanya itu ka Riza juga pernah menjabat sebagai Team Leader Programmer di PT Okezone Indonesia, Programmer di Linuxindo dan PT AineworkIndonesia. Waaaah kebayangkan sekece apa para mentor dari Startis ini…!!

Nah di pertemuan ini ka Sidnei dan ka Riza mengajarkan kami bagaimana mencari ide bisnis yang valid, bagaimana membuat ide bisnis dari berbagai masalah yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari dan apa saja persiapan sebelum memulai bisnis, dijamin deh seteleh kamu mendapatkan ilmu dari kedua mentor tadi pasti langsung terpikir untuk membuat bisnis sendiri….hahahaa…

Pertemuan 3 (28 Mei 2016 – Leadership & People Development)

Pada pertemuan ketiga ini kami masih dibimbing oleh ka Riza dan ka Sidnei, namun tema yang dibahas pada pertemuan kali ini berbeda dari pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan ini kami membahas bagaimana menjadi seorang pemimpin dalam menjalankan bisnis dan bagaimana mencari partner kerja yang sejalan dengan visi dan misi bisnis yang kita jalankan juga bagaimana membangun kerjasama yang baik dalam sebuah tim. Naah setelah mendapatkan ide bisnis kita bisa langsung mencari partner kerja yang sesuai dengan visi misi bisnis kita dan membangun kerjasama yang baik dalam sebuah tim kerja. Fightiing !!

Pertemuan 4 (18 Juni 2016 – Digital Marketing)

Memasuki bulan Ramadhan, kami tetap semangat untuk mengikuti program mentoring kali ini, karena tema yang dibawakan pada bulan ini sedikit berbeda dari bulan sebelumnya, kerena kami membahas mengenai Digital Marketing..!! naah buat kamu nih yang sebelumnya gak punya bayangan sama sekali mengenai dunia digital, mentoring kali ini berguna banget untuk membuka wawasan kita mengenai dunia digital. Pertemuan kali ini dimentoring oleh ka Rhein Mahatama yang merupakan Co-Founder dari startupbisnis.com. naah buat yang masih bingung apa itu startup bisnis, disini dibahas tuntas mengenai konsep bisnis startup sendiri oleh ka Rhein. Dijamin ilmu nya sangat amat bermanfaat.

 

Pertemuan 5 (30 Juli – Public Speaking)
Okeey lanjut ke pertemuan kelima…tak terasa waktu berjalan cepaaat yaah…

Pada pertemuan ini kami diajarkan mengenai bagaimana meningkatkan rasa percaya diri ketika berbicara di depan umun tak hanya diajarkan tapi kami praktik langsung berbicara di depan umun bersama ka Alicia Van Akker yang merupakan pemilik RMC & Co (Royal Media Communication) yang menangui Rumah MC Indonesia. Pasti udah banyak bangeet kan pengalaman ka Alice dalam bidang public speaking sehingga membuat kami jadi termotivasi untuk banyak berbicara di depan umum namu tak hanya di berbicara depan umun tapi juga kita belajar bagaimana bisa menjadi pendengar yang baik untuk setiap percakapan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Okeehh….Finally tersisa satu bulan lagi program Mentoring kami….sediih kalo membayangkan bagaimana excited nya kami mengikuti program ini dan tiba-tiba harus berakhir pada bulan ke-enam dibulan Agustus ini… Selama mengikuti program Startis ini kami tak hanya mengikuti program mentoring nya saja tapi ka Annisa juga ka Sita dari Student Job Indonesia juga mengajak kami untuk terjun langsung dalam setiap event-event besar yang diadakan khusus untuk anak muda dan mahasiswa seperti kami baik itu event dari Student Job sendiri maupun event dari luar yang berkerjasama dengan Student Job Indonesia.

kia-star

Penulis : Puti Melati Khalishah ( Mahasiswi Universitas Gunadarma, Startis Batch 1)

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *