artikel

GalaDiner “Internet dan Dunia Kerja”

By  | 

galadiner-agustus (3)

“Apa saja perubahan dan tantangan yang terjadi di dunia pekerjaan semenjak memasuki era digitalisasi?”

Pada hari Sabtu, 20 Agustus 2016 Student Job Indonesia bersama dengan Kemudi mengadakan acara GalaDiner bertemakan “Internet dan Dunia Kerja” untuk mendiskusikan terkait perubahan-perubahan yang terjadi di dunia pekerjaan, tren bekerja masa kini, bisnis di bidang digital (biasa dikenal sebagai start up digital), hingga beberapa regulasi terkait pengelolaan teknologi dan informasi di Indonesia. GalaDiner kali ini mengundang Wicak Hidayat, seorang mantan jurnalis teknologi yang pernah bergabung di detik.com dan Kompas Tekno sebelum akhirnya ia memutuskan untuk merintis usaha sendiri terkait digital dan teknologi yang diberi nama Lab Kinetic. Selain itu, dihadirkan pula Sidnei Budiman, selaku Founder dan CEO dari Dealoka yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang ilmu komputer dan informatika serta telah berpengalaman di perusahaan digital berskala multinasional.

Acara yang diselenggarakan di Kantor Dealoka ini dibuka dengan presentasi sebagai pengantar diskusi oleh masing-masing narasumber. Sidnei Budiman menjelaskan bahwa seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, siapapun dari kita harus mulai terbuka dan beradaptasi terhadap segala perubahan khususnya perubahan dari konvensional ke modern.  Lebih lanjut, Sidnei menambahkan bahwa untuk pemanfaatan dunia digital dapat dilakukan oleh mereka yang memiliki kemampuan teknis maupun non-teknis. Kemampuan teknis misalnya coding, programming,data analyst,digital marketing dsb. Sedangkan kemampuan non teknis dapat mengembangkan skill nya seperti menulis blog, membuat vlog, endorsement, dll. Wicak Hidayat memberikan pengantar diskusi dengan memaparkan fakta-fakta seputar tren karier semenjak kehadiran internet dan mengajak semua partisipan untuk melakukan introspeksi diri seputar makna dari sebuah bekerja.

galadiner3

Pada sesi talkshow, Sidnei dan Wicak sama-sama menjelaskan manfaat kehadiran internet sebagai sarana berkolaborasi, terhubung dengan banyak orang dengan cara yang mudah dan singkat, serta sangat menunjang dalam menjalankan bisnis. Anak muda khususnya mahasiswa dan freshgraduate perlu memanfaatkan internet sebagai sarana belajar, mengasah skill, dan membangun portfolio diri ketimbang menggunakannya untuk stalking orang lain semata. Terkait dengan dunia karier dan rekruitmen, menurut Sidnei dan Wicak, kehadiran LinkedIn tidak dapat sepenuhnya mengganti rekruitmen tatap muka atau secara langsung karena profile seseorang di social media seperti LinkedIn harus tetap di kroscek kembali melalui interview tatap muka dalam mencari kandidat untuk mengisi posisi strategis. Selain itu, kegiatan stalking akun social media pelamar kerja oleh HRD menurut Sidnei dan Wicak bukanlah kegiatan yang melanggar privacy seseorang dikarenakan saat kita memutuskan untuk membuat akun social media, itu artinya kita harus sadar dan menerima konsekuensi bahwa segala informasi dan data yang kita bagikan akan menjadi konsumsi bagi publik. Lebih lanjut, Wicak menjelaskan bahwa undang-undang seperti UU ITE yang telah memakan banyak korban sebenarnya di sisi lain punya set kebijakan yang melindungi pekerjaan di internet, namun menurut Sidnei regulasi terkait dunia digital yang belum siap membuat para pekerja yang menggunakan internet masih bingung apakah yang mereka lakukan telah sesuai dengan aturan atau belum.

galadiner1

Acara yang berlangsung selama kurang lebih dua jam ini ditutup dengan pembagian doorprizes bagi peserta yang beruntung serta tak lupa ditutup oleh pesan Wicak bahwa setiap anak muda khususnya mahasiswa dan freshgraduate harus mulai mengeksplorasi diri mengenai tujuan karier dan pekerjaan yang akan dipilih nantinya kemudian mempersiapkan diri sejak dini. Sidnei juga menambahkan bahwa setiap anak muda harus mampu memanfaatkan internet dan social media secara cerdas dan bijak seperti membangun portfolio yang dapat membantu karier ketimbang hanya menggunakannya untuk stalking atau selfie semata.

galadiner2

 

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *