artikel

Gerakan Nasional 1000 Start Up Digital

By  | 

img_20160921_120141

Mau membantu menyelesaikan permasalahan di Indonesia? Yuk bikin start up digital aja!

Student Job Indonesia bersama Dreamers Radio mengundang Wicak Hidayat dan Anton sebagai perwakilan dari panitia gerakan 1000 start up digital pada tanggal 21 September 2016 untuk sharing mengenai gerakan 1000 start up digital. Gerakan nasional 1000 start up digital awalnya diinisiasi oleh Kibar yang didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mewujudkan Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia” pada tahun 2020. Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara dengan 200 juta penduduk,  jutaan pengguna internet, dan sebagai konsumen teknologi/digital terbesar di dunia. Bertolak dari angka tersebut, Indonesia seharusnya mampu menjadi pemain dan pencipta teknologi bukan hanya sebagai konsumen dari teknologi negara lain. Demi mewujudkan hal tersebut, maka membangun start up digital merupakan salah satu cara efektif demi terwujudnya ekosistem start up digital di Indonesia.

Membangun sebuah Start up digital sama halnya dengan membangun sebuah bisnis. Hal yang membedakannya ialah start up digital menggunakan teknologi sebagai inti kekuatannya. Teknologi yang dimaksud antara lain dapat berupa sebuah website, mobile application, social media,dsb. Menurut Anton, dalam membangun sebuah start up digital yang sustain (berkelanjutan) adalah masalah apa yang hendak diselesaikan. Membangun start up bukan hanya menciptakan sebuah teknologi, tetapi bagaimana teknologi tersebut akhirnya mampu digunakan banyak orang sekaligus menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat. Membangun sebuah start up digital juga memerlukan tim yang solid, memiliki visi yang sama, serta saling melengkapi dengan keahlian/skill yang dimiliki masing-masing. Oleh karenanya, komponen utama tim dalam sebuah start up terdiri dari Hacker (sebagai programmer), Hustler (sebagai marketing dan komunikasi), serta Hipster (sebagai desainer).

Gerakan nasional 1000 start up digital hadir sebagai wadah yang memfasilitasi anak muda untuk membangun start up digital yang sustain (berkelanjutan). Gerakan ini menjaring ide-ide start up digital dari anak muda yang berasal dari berbagai kota besar di Indonesia. Gerakan yang didukung oleh lebih dari 20 partner ini memiliki lima tahapan. Tahap pertama yaitu Ignition (membentuk mindset start up digital), Worskhop (Pembekalan keahlian dasar yang dibutuhkan dalam membuat startup digital), Hackaton (Pembentukan tim yang saling melengkapi skill untuk membuat prototype produk), Bootcamp (Pembinaan mendalam bersama mentor untuk menyiapkan peluncuran produk), Incubation (Pembinaan lanjutan sampai akhirnya siap jadi bagian dari ekosistem startup digital). Pada setiap tahapan tersebut, para peserta yang terpilih akan didampingi para mentor start up digital lainnya dan keseluruhan program ini bersifat gratis

mm
Jiwa muda yang lagi belajar psikologi, digital, youth and employment. Hidup itu cuma sekali, berbagilah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *