artikel

Indonesian Young Health Professionals’ Society : Berkontribusi Untuk Kesehatan Bangsa

By  | 

whatsapp-image-2016-11-09-at-19-12-21

Percayakah kamu bahwa kolaborasi antar disiplin ilmu diperlukan untuk membuat dampak dan perubahan yang lebih besar?

Hal inilah yang dilakukan oleh organisasi yang bernama Indonesian Young Health Professionals’ Society atau yang biasa disingkat menjadi IYHPS. IYHPS adalah organisasi non-profit berbasis komunitas profesional kesehatan muda dari berbagai disiplin ilmu kesehatan. Mereka yang tergabung dalam organisasi ini antara lain dokter, dokter gigi, bidan, perawat, ahli gizi, ahli kesehatan masyarakat, dan apoteker di IYHPS.  IYHPS fokus pada penguatan kolaborasi interprofesi kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Indonesia.

Pada tanggal 26 Oktober 2016, Student Job Indonesia dan Dreamers Radio mengundang Rizky sebagai perwakilan dari IYHPS. Rizky yang baru saja menamatkan pendidikan Apoteker nya ini telah bergabung di IYHPS saat ia masih berkuliah S2. Menurut Rizky, kolaborasi akan menjadi tren baru dalam dunia kerja dan organisasi kedepannya. Kegiatan IYHPS berbasis kolaborasi interprofesi kesehatan, baik di bid.pendidikan dan sosial. Salah satu kegiatan IYHPS adalah Seminar & Training Interprofessional Education & Collaboration (IPE/IPC). IYHPS juga membuat berbagai modul, seperti modul IPE & IPC, serta modul kesehatan reproduksi. IYHPS melakukan penyuluhan/edukasi kesehatan oleh berbagai profesional kesehatan muda. serta melakukan kampanye kesehatan melalui media sosial. IYHPS juga punya kegiatan menulis melalui PENAKES (Penulis Muda Kesehatan).

Rizky berpesan bahwa anak muda harus belajar untuk bekerjasama dan berkolaborasi dengan disiplin ilmu lainnya serta bergabung dengan berbagai komunitas dan kegiatan positif yang dapat mengembangkan skill dan networking.

 

mm
Jiwa muda yang lagi belajar psikologi, digital, youth and employment. Hidup itu cuma sekali, berbagilah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *