artikel

Ini 4 Manfaat Menulis Terhadap Karier

By  | 

manfaat-menulis-terhadap-karier

Siapa bilang kemampuan menulis hanya akan menguntungkan karier mereka yang bekerja sebagai penulis, copywriter, content writer, editor, dsb? Berikut manfaat yang bisa kamu rasakan saat memiliki kemampuan menulis yang baik terhadap karier kamu.

 

  1. Penulisan Cover letter yang salah = Langsung Ditolak

http://jobsupport4u.weebly.com

 Saat menulis cover letter untuk melamar kerja, jika ada satu saja kata yang typo,  salah ejaan, tanda baca, atau grammar (tata bahasa) di dalam cover letter-mu, itu akan membuatmu langsung masuk dalam daftar “ditolak”. Kenapa? Karena satu kesalahan kecil saja saat kamu menulis cover letter, itu menunjukkan bahwa kamu tidak mampu detail pada hal kecil dan dianggap memiliki komitmen kerja yang lebih rendah.

 

  1. Menulis = Job Skill Paling Essensial

https://www.scribendi.com/

Berdasarkan pendapat Raj Sabhlok dari Zoho Corp seperti yang dikutip dalam artikel Forbes menyebutkan bahwa job skill yang paling essensial adalah skill menulis. Beberapa perekrut perusahaan lebih menyenangi kandidat pelamar kerja yang memiliki blog. Selain itu, dalam The MetLife Survey of the American Teacher menyebutkan bahwa 97% jajaran eksekutif perusahaan menempatkan skill menulis sebagai skill yang paling essensial atau sangat penting.  43% dari Manager menyebutkan bahwa kesalahan ejaan dalam resume/cover letter dapat membuat kandidat pelamar kerja tidak dipanggil ke tahap interview.

 

  1. Berguna Untuk Promosi Jabatan

https://www.ivyexec.com

Berdasarkan The National Commission on Writing’s survey dari 120 perusahaan di Amerika yang telah mempekerjakan 8 juta karyawan, kemampuan menulis dalam dunia professional  memiliki efek kuat terhadap keputusan untuk direkrut atau dipromosikan jabatan serta gaji dari seorang karyawan. Rendahnya kemampuan menulis dan berkomunikasi telah lama dianggap sebagai faktor utama dari promosi jabatan

 

  1. Tulisanmu = Gambaran Dirimu Yang Sebenarnya

http://theprayingwoman.com/

Tulisan kita merupakan refleksi dari pikiran kita dan diri kita sendiri. Jika kamu mau dipandang sebagai seorang pemikir cerdas, kamu harus bisa refleksikan itu di setiap cara kamu dalam menulis. Jika kamu mau dipandang menonjol dan dipertimbangkan oleh manager, kolega, perusahaan potensiL, klien, dsb, kamu pun harus mampu merefleksikan kapabilitas dan kemampuan diri kamu salah satunya melalui tulisan yang berkualitas.

 

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

1 Comment

  1. veby

    January 15, 2017 at 1:23 pm

    menarik, perlu dikampayekan tips ini di zaman copy paste

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *