artikel

Ini Alasan Kenapa 8 Jam Kerja Sehari

By  | 

Very busy business
Pada saat revolusi industri, jam kerja bisa mencapai 10 hingga 18 jam sehari. Hal ini dikarenakan perusahaan berusaha memaksimalkan produksi dari pabrik-pabrik dengan menjaga agar pabrik bekerja semaksimal mungkin setiap harinya. Sementara upah yang didapat para pekerja juga sangat minim. Bayangkan saja betapa lelah bekerja pada saat itu.

Darimana Asal Mula Ide 8 Jam Kerja ?

Peraturan 8 jam kerja berlangsung hingga abad ke-19 hingga Robert Owen, seorang bangsawan Inggris menyarankan bahwa dalam sehari waktu dibagi menjadi tiga bagian yaitu jam kerja, jam istirahat dan jam rekreasi. Kemudian muncul slogan “Delapan Jam Kerja”. Namun hal ini tidak langsung mendapat tanggapan serius sampai terjadi demo buruh dengan tuntutan pengurangan jam kerja bagi buruh pabrik. Jam kerja kemudian dikurangi khusus perempuan dan anak-anak menjadi 10 jam per hari.

Gagasan 8 jam kerja muncul kembali pada 1884 oleh Tom mann, anggota Federasi Sosial Demokrat, dengan membentuk “Eight Hour League”. Tuntutan terus berdatangan dari kelas pekerja di Amerika Serikat hingga pada tanggal 1 Mei 1886 ditetapkan hari pertama jam kerja menjadi 8 jam kerja sehari.

Perusahaan Apa Yang Pertama Kali Menerapkan ?

Pada tahun 1905 perusahaan pertama yang menerapkan 8 jam kerja atas inisiatif sendiri adalah Ford Motor Company. Henry Ford, pendiri dan pemilik Ford Motor Company, bahkan memberikan gaji dua kali lipat. Ford mengatakan bahwa hal ini sangat efektif dan terbukti dalam 2 tahun berikut perusahaan mendapatkan keuntungan dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Perusahaan lain kemudian mencontoh hal yang sama.

Jadi Bagaimana Sekarang ?

Jumlah jam pada jaman sekarang ini bukanlah halangan untuk mencapai hasil kerja optimal. Dengan mengatakan berapa jam kita bekerja bukan lagi menjadi hal penting apalagi dengan kecanggihan teknologi. Menurut Tony Schwartz, CEO Energy Project, bekerja sekarang ini berdasarkan energi seseorang. Pada dasarnya manusia bukan robot yang dapat beraktivitas secara konstan dan pasti tetapi dalam kondisi berbeda-beda Pikiran kita hanya dapat fokus selama 90-120 menit dengan jeda istirahat 20-30 menit.

Jadi daripada kita fokus dengan jumlah 8 jam kerja, sebaiknya kita berpikir tingkat produktivitas dalam 90 menit. Apa saja yang dapat kita capai selama 90 menit tersebut.

 

mm
Founder Student Job
Aktif berbagai komunitas dan berbagi inspirasi melalui tulisan dan event.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *