artikel

Jakarta MUN : Engraving History: Facing the Challenge of Civilization

By  | 

Jakarta Model United Nations merupakan kegiatan simulasi sidang PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) yang menawarkan pengalaman yang edukatif dimana partisipan dapat belajar tentang diplomasi dan cara menghadapi tantangan dalam bernegosiasi dalam panggung internasional. Selama konferensi, partisipan diharapkan mendapatkan pengetahuan lebih lanjut tentang bagaimana konferensi PBB bekerja dengan aktif memberikan kontribusi dalam menyelesaikan sebuah masalah dan isu global. Peserta yang berpartisipasi dalam Jakarta Model United Nations berasal dari dalam maupun luar negeri.

Jakarta Model United Nations diselenggarakan oleh ISAFIS (Indonesian Student Associations for International Studies). ISAFIS merupakan sebuah organisasi non-profit yang telah berdiri sejak tahun 1984. Organisasi ini beranggotakan mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari Jabodetabek dan telah berkembang pesar sejak berdirinya. ISAFIS memiliki beberapa penghargaan salah satunya adalah ISAFIS dianugerahi Peace Messenger Award dari Sekretaris Jendral PBB pada tahun 1987, Perez De Acqueller.

Tahun ini Jakarta Model United Nations 2016 membawakan tema “Engraving History: Facing the Challenge of Civilization”.  Tujuan dari Jakarta Model United Nations 2016 ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para pemuda atas isu internasional yang tidak hanya mencakup isu militer, dan keamanan tradisional. Namun juga terdapat tantangan dalam bidang pangan, kemiskinan, kejahatan transnasional, dan sebagainya. Jakarta Model United Nations 2016 menghadirkan tujuh council: United Nations Security Council (UNSC); Social, Humanitarian, and Cultural Committee (SOCHUM); World Health Organization (WHO); Special Session of the UN General Assembly on the World Drug Problem (UNGASS); United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC); High Level Political Forum on Sustainable Development; dan Press Committee.

Jakarta Model United Nations 2016 diselenggarakan dari tanggal 20 – 24 Juli 2016 ini terdiri dari rangkaian acara yang tidak hanya mendiskusikan dan berdiplomasi tentang isu dan tantangan terkini yang harus dicari solusinya, tetapi terdapat rangkaian acara lain yang dimulai dari 20 Juli 2016, yakni Opening dan Vis – a vis. Para delegasi diberi kesempatan untuk bertemu dan bercengkrama dengan delegasi lainnya. Pembukaan ini disambut oleh Malikah Ambarani (Secretary General of Jakarta MUN 2016), M. Ivan Putra (President of ISAFIS), and Mrs. Pratiwi (Representative of Bakrie University).

Kemudian Kamis, tanggal 21 Juli 2016 Jakarta Model United Nations mengadakan social event yaitu Gala Dinner dan Panel Discussion. Bertempat di Hotel JS Luwansa, kegiatan ini dihadiri oleh VIP guest diantaranya yaitu Dewi Fortuna Anwar (Researcher), Borger Olsen Tormodsgard (First Secretary Embassy of Norway, Jerry Sambuaga (Dosen Hubungan Internasional UPH), Kornel Soemardi (Head of Investor Relations PT Pertamina), Collie Brown (Representation from UNODC), Meidyatama Suryodiningrat (President Director of the national news agency LKBN ANTARA), Candice Sakamto Vianna (Representation from Embassy of Brazil), dan Yani Saloh (a Communication Consultant for Environment and Climate Change). Agenda Panel Discussion dengan bertemakan “Human Trafficking and Refugees” juga telah menghadirkan dua pembicara yaitu Shafira Ayunindya (Project Assistant IOM) dan Jeffrey Savage (Senior Protection Officer UNHCR).

Cultural Night atau malam kesenian merupakan salah satu dari rangkaian social event dimana para delegasi dapat mempresentasikan kebudayaannya. Delegasi tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi berasal dari berbagai negara. Jakarta Model United Nations juga menampilkan kebudayaan khas Jakarta berupa makanan dan penampilan tarian dari Abang None Jakarta Selatanserta dimeriahkan oleh Games.

Pada hari terakhir, terdapat rangkaian menarik yaitu Hearing With The Experts. Jakarta Model United Nations menghadirkan para pakar mewakili setiap council untuk memberikan masukan dan saran kepada para delegates perihal draft resolutions. Selain itu, para experts juga memberikan ilmu yang berhubungan dengan council dan isu yang sedang dibicarakan. Mereka yang hadir adalah

  1. Andika Putraditama dari the World Resource Institute (Mr. Andika Putraditama) untuk perwakilan HLPFD
  2. Pnb. Supri Abu, Sh.H., M.H., dari TNI Angkatan Udara  untuk perwakilan UNSC
  3. Candice Sakamoto Vianna Konselor Kedutaan Besar Brazil untuk perwakilan WHO
  4. Duta besar Meksiko untuk Indonesia, H.E. Mr. Frederico Salas as Ambassador dan Mr. Collie Brown Country Manager the UNODC Indonesia) untuk perwakilan  UNGASS
  5. Sandrayati Moniaga dari Komnas HAM dan Mr. Haris Azhar dari KontraS untuk perwakilan SOCHUM
  6. Konsultan Komunikasi untuk perubahan lingkungan dan iklim Mrs. Yani Saloh dan pakar Teknologi Low – Carbon dan  Kepala Sub Direktorat Nasional dari Pusat Pengembangan Teknologi Low -Carbon and Capacity  Ardina Purbo, M.Sc,  untuk perwakilan UNFCCC
  7. Annisa Putri Adisty, Kepala Hubungan Masyarakat dan marketing atau Head of Public Relation and Marketing dari GNEWS untuk perwakilan Press Committee

Setelah Hearing with The Experts, acara diakhiri dengan pesta penutupan yang diselenggarakan di EXODUS Kuningan City pada malam hari. Selain pesta dan games, terdapat awarding atau penyerahan pemenang di setiap council.

Jakarta Model United Nations 2016 menjalin mitra resmi bersama Universitas Bakrie sekaligus sebagai tempat kegiatan berlangsungnya Jakarta Model United Nations tahun ini. Universitas Bakrie merupakan salah satu universitas swasta di Jakarta di bawah Yayasan Pendidikan Bakrie. Universitas Bakrie berlokasi di tengah-tengah pusat hiburan dan olahraga di Jakarta sehingga mudah dijangkau dan dikenali oleh masayrakat sekitar. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Universitas Bakrie adalah memiliki program beasiswa yang diberikan kepada lebih dari 600 mahasiswa di dalamnya. Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa berasal dari sekolah terbaik dari seluruh Indonesia dan diseleksi secara ujian tertulis.

 

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *