artikel

JOIN THE “STAR” AND BE A SPRINKLE “STAR’

By  | 

Sedikit berbagi cerita dan pengalaman di STAR (Student Associate Program) yang diadakan oleh salah satu job portal anak muda, yakni Student Job Indonesia. Berawal dari ‘kegalauan’ tentang masa depan yang ingin berbeda dari kebanyakan orang, akhirnya gue menemukan sebuah program yang pas dan cocok banget sama passion gue. Awalnyasempet bingung program mentoring jenis apa ya yang diadakan SJI?Tapi setelah gue lolos seleksi dan mengikuti program mentoring, ternyata program ini cukup keren untuk mencetak pemuda dengan pola pikir yang berbeda.

FYI, di program STAR  ini gue belajar baaanyak banget hal mengesankan. Terutama mengenai self development skill dan technology, yang memang di era sekarang itu lagi dibutuhkan banget.  Program STAR merupakan program mentoring yang diadakan setiapbulanselama setengah tahun dengan mentor ‘kece’ pendiri startup, seperti Sidnei Budiman (Dealoka), Rhein Mahatma (startupbisnis.com), Riza Fahmi (Appsco), Alicia van Akker (RMC & Co) dan pastinya Annisa Purbandari (Studentjob Indonesia). Selain program mentoring, kita juga dilibatkan dalam event-eventkeren seperti Galadiner dan Studi. Bahkan bisa ikut ke acara seru lainnya,freepast pula.

Pokoknya banyak banget pengalaman berharga yang diperoleh.Yang berkesan? Hmm jangan ditanya.Jawabannya pasti baaanyak banget. Salah satunya yaitu ketika jadi MC di acara Galadiner tentang Financial Planning, dan bisa hadir di acara InterntionalCewe Quat, dan Yot National Conference. Selain nambah ilmu, nambah pengalaman, juga nambah relasi loh! Btw, orang-orang yang lolos seleksi STAR keren-keren loh!Kurang keren apa?Dari 200 pendaftar hanya dipilih 15 orang dan program STAR ini tidak dipungut  biaya alias GRATISSSS.Cocok banget ‘kan buat mahasiswa dan anak kostan yang haus akan ilmu dan relasi?Hehe.

Saat ini, program STAR sudah berjalan selama 5 bulan dan setiap bulannya kita diberikan materi yang berbeda, dari mulai gimana cara membuat CV yang menarik, membangun bisnis, leadershipand people development, digital marketing, dan public speaking. Kalo menurut gue, program ini lebih menekankan gimana caranya menjadi pemuda yang kreatif, aktif, inovatif, dan mandiri. Keren banget ‘kan?

Berikut gue akan menjelaskan lebih rinci kegiatan STAR:

  1. Pertemuan rutin setiap bulan

Well, pertemuan ini pertemuan rutinan di setiap bulan dengan tema bulanan yang berbeda, seperti yang udah gue bahas diatas. Setiap bulan para mentor keren akan men-transfer ilmu mereka kepada para STAR.

  1. Galadiner dan Studi

Galadiner merupakan program bulanan yang diadakan SJI untuh menambah pengetahuan dan skill anak muda, semacam seminar dan pelatihan gitu. FYI aja, Galadiner itu FREE.Terus apa bedanya sama Studi? Nah kalo Studi itu biasanya semacam pelatihan dan sifatnya berbayar. Tapi jangan salah, narasumber/coaching-nya keren-keren, juga cocok lah buat anak muda yang mau menambah skill.

  1. Magang

Nah selain kita mendapatkan mentoring dan dilibatkan dalam berbagai event, kita juga diberi kesempatan untuk magang. Salah satu yang guealamiyaitu jadi digital excecutive. Di bagian ini gue diajarkan bagaimana membuat planning konten sosmed yang menarik, mengisi konten sosmed supaya menarik, dan dibutuhkan ide-ide kreatif untuk menjadi digital excecutive.

Well, itulah cerita pengalaman gue mengikuti progam STAR, “One of Special Thing in My Life” bisa ketemu dan belajar dari orang-orang keren.  Don’t try to be perfect, just try to be better than you were yesterday!

 

Penulis : Rozanisa (Mahasiswi Politeknik AKA Bogor, Startis Batch 1)

 

 

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *