artikel

Kenali Minat, Bakat, dan Passion-mu

By  | 

idstalk-ardinin_17447348_fb21b8767f56fa1a66d5ad333ea23da3e41c233a

*Review live chat #IDStalk*

  1. Hallo mbak @ardiningtyasp, apa kabar? Apa saja kesibukan saat ini?

Halo, menulis, mengajar dan konsultan adalah kesibukan saat ini 🙂

  1. Apa sih fokus karier mbak @ardiningtyasp dan mengapa memilih hal tersebut?

Membantu pengembangan diri & karier, karena menarik & meaningful.

  1. Menurut mbak @ardiningtyasp, apa sih perbedaan minat, bakat, dan passion?

Minat : Ketertarikan kita pada 1 atau lebih bidang, Bakat: potensi yang perlu diasah mjd skill. Passion: minat tinggi & komitmen terhadap satu/lebih bidang yg dilakukan terus menerus (bukti).

  1. Menurut mbak @ardiningtyasp, apakah sebuah minat dapat selalu menjadi passion dalam diri kita?

Tidak semua minat adalah passion, perlu komitmen untuk membuktikannya.  Misal kita minat dengan novel detektif, belum tentu jadi passion penulis novel detektif kecuali kita mencoba terus dengan komitmen. Bisa jadi, minat menjadi hobi, aktivitas saat senggang, bukan passion.

  1. Bagaimana relevansi minat, bakat, dan passion dalam dunia pekerjaan?

 Minat, bakat, dan passion bisa menjadi sumber energi positif dalam kerja & karier.

  1. Menurut mbak @ardiningtyasp apa yang menjadi kesulitan dan hambatan anak muda dalam menentukan minat, bakat, dan passion?

 Biasanya terjebak dengan makna passion yang disamakan dengan minat & melupakan komitmen. Minat bisa membawa pada passion tapi memerlukan komitmen, bukan hanya suka atau tertarik. Banyaknya pilihan mendorong banyak minat anak muda, tinggal menjalani dengan komitmen untuk tahu passion. Mengetahui & meyakini passion membutuhkan komitmen & waktu, bukan terburu, ada suka-dukanya bukan hanya senang 🙂 ketika melewati masa sulit, orang cenderung mengira bukan lagi passion 🙂 akhirnya ditinggalkan.

  1. Kapan waktu yang tepat untuk mulai mengenali minat, bakat, dan passion?

Bisa kita kenali sejak di bangku pendidikan, ada minat yang terus menarik diri untuk melakukan aktivitas tersebut. Bisa juga melalui hobi karena hobi juga bisa menjadi petunjuk minat ke bidang kerja tersebut.

  1. Apa kiat sederhana untuk mengenali apa yang menjadi minat,bakat, dan passion kita?

Mencoba minat secara konkret untuk mengetahui passion atau bukan, jika minat fotografi maka lakukan & libatkan diri dalam dunia tersebut, tidak hanya membayangkan atau iseng.

  1. Terakhir, apa pesan dan tips yang ingin disampaikan mbak @ardiningtyasp kepada anak muda yang sedang menyimak #IDStalk malam ini?

Peka terhadap minat diri & buktikan secara konkret untuk mengetahui passion 🙂 . Passion tidak muncul di awal tapi setelah kita menjalani, minat yang ada di awal. Jangan bosan mencoba tapi juga  harus bertanggungjawab karena karier adalah tanggung jawab pribadi. Jangan jadikan passion sebagai excuse karena bosan atau tidak bertanggungjawab atas aktivitas yang ada.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *