artikel

Live Streaming : A Story of Young Successful Entrepreneur

By  | 

IMG_20160713_114524

Berwirausaha sambil kuliah? Bisa!

Berwirausaha sambil kuliah bagi sebagian orang terdengar sulit. Tapi ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Student Job Indonesia bersama dengan Dreamers Radio mengundang Michael Nugroho, mahasiswa semester akhir di Prasetya Mulya yang sukses menjalankan bisnis SMITH Men Supply dimulai sejak tahun pertamanya kuliah. Berawal dari sebuah tugas kuliah dan kegemarannya menggunakan pomade, Michael Nugroho bersama teman-teman kelompok terinspirasi untuk membuat produk pomade home industry yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan khusus para pria.

Di acara live streaming talkshow yang berlangsung selama satu jam ini, Mike (sapaan Michael), menceritakan proses perjalanannya ia membangun bisnis SMITH yang mampu membuatnya “berdarah-darah”. Mike harus melakukan trial and error terhadap produk pomade buatannya, belajar mengenai bahan dasar pembuatan pomade, mengorbankan waktu weekend, hingga harus bolak-balik Jakarta-BSD demi memasarkan produk pomade nya. Namun, semua pengorbanan “berdarah” yang ia dan teman-temannya lakukan mampu menuai hasil yang manis. Dalam kurun waktu kurang lebih tiga tahun, SMITH mampu memproduksi hingga 3000 pomade setiap bulannya dan memiliki working space.

Menurut Mike, menjadi wirausahawan mampu merubah dirinya menjadi individu yang lebih dewasa, belajar membagi waktu, belajar bersikap professional dan menempa mentalnya menjadi anak muda yang lebih baik. Di akhir sesi talkshow, Mike berpesan kepada anak muda khususnya mahasiswa yang ingin mencoba berwirausaha agar terus mencoba dan jangan cepat menyerah. Menurut Mike, ide bisnis bisa datang dari hal-hal sederhana yang ada di sekitar kita. Kita hanya perlu lebih aware dan peka terhadap segala hal yang ada di sekitar kita untuk dapat dijadikan ide berbisnis.

mm
Jiwa muda yang lagi belajar psikologi, digital, youth and employment. Hidup itu cuma sekali, berbagilah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *