artikel

Live Streaming Talkshow Working as A Public Relations

By  | 

IMG-20160716-WA0001.jpg

Rabu, 29 Juni 2016, Student Job Indoesia mengundang Steffira Devie selaku Public relations PT Nutrifood Indonesia untuk berbagi cerita dan pengalaman bekerja sebagai public relations di FMCG Company di Dreamers Radio yang bertempat di Jalan Kemang Raya. Steffi, yang merupakan panggilan akrab nya, mengaku bahwa dirinya bukanlah lulusan dari jurusan public relations atau komunikasi dari pendidikan S1 nya.  Namun, semasa kuliah, Steffi aktif berorganisasi baik di dalam maupun di luar kampus dan sering dipercaya di bagian Humas, dan akhirnya keaktifannya mengikuti beragam kegiatan dan kompetisi itulah yang membuat dirinya berhasil “dilirik” dan dipercaya untuk bergabung di salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia.

Steffi  menceritakan mengenai tugas utamanya sebagai seorang PR (Public relations) yang meliputi 3 hal : 1. Membangun reputasi perusahaan yg positif, melalui program CSR, social media, networking. 2. Support brand activation yang berhubungan dengan media sebagai stakeholder utama PR; termasuk bikin Press conference, press release. 3. Menjadi “garda” terdepan dalam berhubungan dengan publik & masyarakat; pemerintah, mahasiswa, komunitas, dll. Selain tugas utama, skill yang harus dimiliki sebagai seorang PR menurut Steffi antara lain ; a. Attitude – Untuk jadi seorang PR, kita tentu harus sincere 🙂 Karena dasar membangun reputasi positif adalah kejujuran & integritas. b. Copywriting – Mulai dari nulis press release (harus menemukan angle yang menarik sehingga media tertarik menulis), sampai konten untuk social media. c.  Interpersonal skill – untuk paham gimana caranya menjalin relasi dengan orang, berkomunikasi & membuat orang tersebut nyaman ngobrol dengan kita. d. Public Speaking Skill – gak hanya pintar ngomong, namun juga harus mampu mem-filter mana informasi yg layak disampaikan atau tidak.

Live streaming talkshow yang dipandu seru dan interaktif oleh DJ Ica ini ditutup dengan pesan khusus Steffi bagi anak muda yang ingin terjun dan berprofesi sebagai Public Relations, yaitu 1. Bangun positive self-image, 2. self-branding yang sincere & bukan pencitraan. 3. Latih skill yang dibutuhkan sejak kuliah; 4. terlibat di organisasi & ikut social activities untuk melatih social sensitivity.

mm
Jiwa muda yang lagi belajar psikologi, digital, youth and employment. Hidup itu cuma sekali, berbagilah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *