artikel

Financial Literacy for Youth

By  | 

img_20161019_120337

Apa makna dan pentingnya literasi keuangan bagi anak muda?

Pada hari Rabu, 19 November 2016, Student Job Indonesia dan Dreamers Radio menyelenggarakan live streaming talkshow dengan tema “Financial Literacy for Youth”. Pada tema kali ini, Student Job mendatangkan Nadia sebagai perwakilan dari PPKM (Pelatihan Perencanaan Keuangan Masyarakat). PPKM yang telah resmi menjadi Yayasan Pengelolaan dan Pengembangan Keuangan ini berawal dari kompetisi yang diadakan oleh US Dept of State untuk para alumni penerima beasiswa dari USAID. Tujuan kehadiran PPKM ialah memberikan edukasi mengenai pengelolaan keuangan khususnya kepada ibu-ibu rumah tangga agar mampu mengelola dan merencanakan keuangan dengan baik.

Nadia yang merupakan mahasiswi jurusan Pendidikan Luar Sekolah di UNJ ini bertanggungjawab untuk memberikan pelatihan kepada ibu-ibu yang rumah tangga khususnya mereka yang berasal dari kalangan kelas bawah. Menurut Nadia, anak muda perlu memiliki literasi keuangan yang baik, sebab hal tersebut merupakan life skills yang dibutuhkan sejak kita kenal dengan uang sampai dengan nanti meninggal. Kegiatan-kegiatan yang ada di PPKM sendiri antara lain edukasi keuangan, pengembangan modul, internship, & advokasi tentang literasi keuangan. Lebih lanjut, Nadia menuturkan bahwa berdasarkan Survei yang dilakukan OJK tahun 2013, penduduk indonesia yang masuk ke dalam kategori well-literate hanya 21,84%. Ini termasuk rendah dibandingkan negara-negara di Asia Tenggara lainnya.

Di penghujung acara, tak lupa Nadia memberikan pesan dan tips bahwa anak muda membiasakan menabung minimal 10% dari pendapatan/pemasukan. Hal ini bisa dimulai dari kebiasaan menabung dan menyisihkan uang sebelum uang tersebut digunakan untuk dikonsumsi sehari-hari. Menabung seharusnya dilakukan di awal (saat kita menerima gaji) bukan setelah kita menghabiskan untuk keperluan lainnya. Menabunglah minimal 10% dari pendapatan/pemasukan kita

mm
Jiwa muda yang lagi belajar psikologi, digital, youth and employment. Hidup itu cuma sekali, berbagilah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *