artikel

Meaningfull Experience with Student Job Indonesia (STAR)

By  | 
Untuk kalian yang sering sering update mengenai internship, volunteer, dan event seru bermanfaat lainnya pasti udah gak asing lagi sama Student Job Indonesia. Yap kali ini aku mau sharing pengalaman aku mengenai salah satu program Student Job Indonesia yang aku ikuti yaitu STAR.
Just for your information, STAR itu program mentoring dari Student Job Indonesia yang berdurasi selama enam bulan dan dimentori oleh lima mentor hebat yang masing-masing memiliki start up yang berbeda. Mentor yang pertama itu ada Ka Alicia Van Akker ( pemilik RMC & Co), kedua ada Ka Annisa Purbandari ( Founder dan CEO Student Job Indonesia), ketiga ada Ka Rhein Mahatma (Co- Founder startupbisnis.com), keempat ada Ka Riza Fahmi (Managing Director dari AppsCo) dan yang terakhir ada ka Sidnei Budiman (CEO dan Founder Dealoka).
Mentoring dilakukan setiap sebulan sekali, dan disetiap bulannya kami para STARTIS ( sebutan untuk para anggota STAR) di mentori oleh mentor yang berbeda dengan tema yang berbeda pula. Sebelum aku sharing pengalaman kelas mentoring di STAR, aku mau kasih info dulu bahwa dari sekian ratus applicants yang mendaftar program STAR cuma tiga belas peserta loh yang terpilih untuk masuk kedalam program ini setelah melewati tahap pendaftaran, FGD dan Psikotest, dan yang terkhir wawancara ( proud of us 🙂 )

1. Mentoring Pertama ( Welcoming STAR)

Untuk pertemuan pertama di mulai bulan Maret 2016 dan dimentori oleh ka Annisa dengan materi perkenalan program, pembagian tugas dan the one and only yang aku tunggu-tunggu yaitu Pembuatan CV dan Cover Letter. Untuk pertemuan pertaman semua mentor hadir untuk memperkenalkan dirinya kepada kami para STARTIS tapi Ka Rhein berhalangan hadir jadi tidsk bisa hadir di pertemuan ini. Di pertemuan ini ka Annisa sharing bagaimana membuat CV yang simple tapi berkualitas, bukan yang hanya berlembar-lembar tapi tidak jelas isinya. Honestly i love this session , karena sesi ini membuat perubahan yang cukup signifikan dalam CV aku . Yang tadinya isi cvnya tidak jelas, and now so much better. Thank You ka Annisa untuk  ilmunya.

2. Mentoring ke Dua dan Ke Tiga (Membangun Bisnis dan Leadership)

Pertemuan kedua dimentori oleh ka Sidnei dan ka Riza. Tema untuk pertemuan kedua ini yaitu membangun bisnis. Dalam mentoring ka Sidnei dan ka riza secara bergantian memberikan materi ke kami mengenai bagaimana mencari ide bisnis yang valid. Selain itu ka itu ka Sidnei dan ka Riza juga memberikan ilmu mengenai cara merealisasikan bisnis yang berjalan dan juga apa aja sih persiapan yang harus kita persiapkan sebelum memulai berbisnis. Selain itu ka Sidnei dan ka Riza ngejelasin secara detail loh mengenai how to get an investor. Di pertemuan ketiga ka Sidnei dan ka Riza memberikan materi mengenai leadership dan people development. Dalam  menyampaikan materi ka Sidnei dan ka Riza memiliki gaya yang berbeda. Aku suka banget cara ka Sidnei mendeliver materi ke para STARTIS selalu ada sesuatu yang diucapin ka Sidnei yang membuat materinya menjadi seru terutama di bagian cara mendapatkan investor. Untuk ka Riza aku suka cara pikir ka RIza, terutama ketika sesi sharing satu persatu mengenai startup apa yang ingin kami para STARTIS buat di kemudian hari.

3. Gala Diner Student Job Indonesia

Di sela-sela program STAR, STARTIS boleh berpatisipasi disetiap  eventnya  Student Job, salah satunya Gala Diner. For your information Gala Diner merupakan acara untuk umum , disetiap eventnya Gala Diner selalu kasih tema yang berbeda dengan pembicara yang berbeda juga. Dan acara ini fix free dengan syarat kalian harus register terlebih dulu untuk setiap acara Gala Dinernya. Kalian bisa liat foto di atas, audience banyak kan? . Dan disetiap Gala Diner Student Job selalu ngadain Door prize untuk audience yang aktif dan beruntung, hadiahnya juga menarik-menarik mulai dari merchandise sampai voucher pulsa dan juga voucher ayam goreng.

4. Mentoring Ke empat ( Digital Marketing)

Pertemuan kelas mentoring yang keempat sayangnya aku berhalangan hadir. Tapi menurut buku modul yang aku dapet, mentor hari itu ialah ka Rhein dengan tema Digital Marketing . Dan materi yang akan dishare yaitu konsep digital marketing, perbedaan SEO dan SEM (aku sendiri ga tau ini apa ), Strategi dan praktik langsung SEO (aku pun gak tau ini juga).

5. Mentoring ke Lima (Public Speaking )

Mentoring sesi ini mentoring tercepat tapi padat menurut aku. Untuk pertemuan kelima di mentori sama ka Alice. Ka Alice shraing mengenai bagaimana supaya kita bisa berkomunikasi sama orang baru, menjadi speaker yang baik dan juga melawan rasa takut pada diri sendiri ketika berbicara di depan umum. Pertemuan kelima merupakan pertemuan yang aku tunggu, karena i love public speaking dan aku juga lumayan penasaran sama ka Alice. So, setiap materi yang ka Alice share di pertemuan ini, aku menganggapnya itu semua bermanfaat dan penting.
Untuk saat ini kelas mentoring baru sampai ke pertemuan kelima, dan over all program STAR sangat menambah pengalaman, teman dan juga pengetahuan tentunya. Dan yang paling menyenangkan bisa ketemu sama para mentor yang udah aku ulas diatas, ketemu Ka Sita, mas Udin , dan juga para STARTIS ( Rozan, Syehbi, Yudhis, Kia, Puti, Alvin, Zayn, Muhfid, Vins, Rizal, Kayla) .
Penulis : Friska Hazar Nafa Fianti (Mahasiswi Universitas Trisakti, Startis Batch 1)
mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *