artikel

Mengenal Digital Marketing dan Prospeknya

By  | 

idstalk-tuhu-nugraha

  1. Hallo kak @tuhunugraha Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

 Hi sekarang jadi CEO Upnormals Pingfans, sebuah digital strategy agency. Selain itu menjadi trainer tentang digital strategy, dan pengajar S2 di LSPR.

  1. @tuhunugraha Ceritain dong dulu awal mula saat terjun di dunia digital marketing seperti apa? #IDStalk

 Setelah lulus MM UGM, karir pertama di Maverick sebagai Konsultan PR. Setelah itu jadi marketing strategist di PT. D&D General, baru Jan 2008 pindah ke digital. Pindah ke digital saat itu diajak sama Pak @nukman founder dari Virtual Consulting, dari sini awalnya. posisi pertama di digital marketing sebagai web consultant.

  1. Hal apa yang membuat kak @tuhunugraha tertarik menggeluti digital marketing? #IDStalk

Digital marketing ketika itu masih baru & berkembang, jadi peluangnya masih luas. Ilmunya juga sangat dinamis jadi sangat menantang, karena dituntut untuk selalu update.

  1. @tuhunugraha Apa sih sebenernya digital marketing itu dan apa pentingnya memiliki skill ini? #IDStalk

Digital marketing itu komunikasi pemasaran yang memanfaatkan kanal digital. Manfaatnya semua brand harus paham ini, krn konsumennya saat ini sebagian besar di sana.

  1. @tuhunugraha Bagaimana prospek karier di ranah digital marketing saat ini dan beberapa tahun mendatang? #IDStalk

Prospeknya sangat bagus, karena saat ini terjadi kelangkaan praktisi dengan skill ini. Permintaannya lebih tinggi dibanding jumlah orang yang punya skill ini. Ke depan juga kebutuhannya akan makin tinggi karena semua terhubung ke digital.

  1. @tuhunugraha Bisa jelaskan singkat apa perbedaan SEO dan SEM dalam digital marketing ?

SEO itu meningkatkan rangking di hasil pencarian mesin pencari spt Google secara organic. Makanya SEO ini butuh waktu yang lebih lama untuk mendongkrak rangking. SEM itu pasang iklan di hasil pencarian, jadi langsung ada di halaman pertama. Biasanya SEM ada di bagian atas atau kanan dari hasil pencarian.

  1. @tuhunugraha Apakah berkarier di bidang digital marketing lebih baik memiliki background IT? #IDStalk

Justru tidak harus dari jurusan IT, karena tidak banyak bicara teknis. Digital marketing terbuka untuk berbagai jurusan yang penting mau belajar. Jurusan yang paling mendekati pastinya dari komunikasi atau marketing.

  1. @tuhunugraha Apa saja tantangan berkarier di ranah digital marketing? #IDStalk

Harus selalu update dengan perkembangan ilmu terbaru. Kedua harus kreatif, dan penuh imajinasi. Mulai belajar dari sekarang tentang digital marketing. Bisa dengan memulai baca blog saya di http://tuhunugraha.com . Kalau di luar blog yang direkomendasikan adalah http://econsultancy.com . Cari mentor yang memang ahli di bidang digital marketing.

  1. @tuhunugraha Terakhir, apa yang ingin disampaikan kak @tuhunugraha untuk anak muda yang tertarik berkarier sebagai digital marketer? #IDStalk

Magang di brand atau agency yang bergerak di digital marketing. Buat yang tertarik di Upnormals Pingfans juga terbuka lho untuk magang.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *