event

PAMERAN ARSITEKTUR UI 2015

By  | 

afair ui

Architecture UI Fair (AFAIR) merupakan  acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Arsitektur dan  Departemen Arsitektur Universitas Indonesia sebagai sarana unjuk karya yang terkait proses pembelajaran Arsitektur UI kepada masyarakat umum. Setiap tahunnya AFAIR hadir dengan tema yang berbeda, sebagai bentuk tanggapan terhadap isu arsitektur yang sedang berkembang dalam masyarakat.

Andil seorang arsitek terhadap nilai estetika suatu bangunan merupakan hal  yang tidak dapat dipungkiri. Hal  ini dibuktikan dengan banyaknya bangunan dengan tampilan yang indah dan bentuk yang menarik.

Oleh sebab itu, terkadang jasa arsitek digunakan untuk mengedepankan nilai estetika / aspek visual pada sebuah desain. Namun, apakah tujuan utama profesi arsitek adalah memecahkan masalah estetika semata atau dapat member alternative solusi suatu masalah melalui desain yang mereka ciptakan?

Lalu, seperti apa profesi arsitek sebenarnya? Bagaimana mereka mentransfer hasil pemikiran melalui karyanya

“We are more interested to what the building does than how the building looks”
-Rem Koolhas

Sebagai bentuk tanggapan terhadap isu tersebut, AFAIR kali ini hadir dengan tujuan memperkenalkan profesi arsitek danjurusan Arsitektur UI secara lebih mendalam kepada masyarakat. Tema Role-Architecture Play diangkat untuk membuat pengunjung bermain seolah menjadi seorang arsitek agar dapat mengetahui seperti apa proses desain dan berbagai jenis metode perancangan yang dilakukan dengan cara yang interaktif dan komunikatif sehingga mudah untuk dimengerti

AFAIR 2015

MAIN EVENT (28thJanuary – 1st February), Place : F3, FX Sudirman Jakarta

 1. MAIN EXHIBITION (28thJAN – 1ST FEB 2015)

Pameran karya terpilih dari mahasiswa yang merupakan hasilkarya  studio perancangan atau mata kuliah pilihan, dengan output dua dan tiga dimensi yang menggambarkan proses belajar Arsitektur di Universitas Indonesia.

2. TALKSHOW (31st JANUARY 2015)

Proses diskusi dan sharing dengan banyak pembicara dengan latarbelakang edukasi di bidang arsitektur. Bagaimana latar belakang edukasi arsitektur di antara mereka semua dapat mempengaruhi pekerjaan mereka sekarang? Selama Talkshow berlangsung, pembicaraakan berbagi pengalaman mengenai aplikasi arsitektural. Pembicara di representasikan oleh praktisi arsitektur, artists / seniman, dan akademisi.

Nama Pembicara:

  • Achmad Noerzaman (Architect, President Director of PT ARKONIN)
  • Jay Subiakto (Film Director, Art Director)
  • Irianto (Architect, Antara)

3. WORKSHOP (31st JANUARY 2015)

“Graphic  Design in Architecture” by Jamal M. Aziz &FebrianAnugrah

DESIGN COMPETITION FINALISTS REPRESENTATION ( 1st FEBRUARY 2015)

Finalis design competition terpilih akan mempresentasikan karyanya di acara Main Event AFAIR 2015, dan tentunya di depan juri yang terdiri dari AndraMatin, Wendy Djuhara, Gunawan Tjahjono dan Enira Arvanda.

iNFO LEBIH LANJUT :

afair-ui.com

Twitter : @AFAIRUI

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *