Competition

PEMILIHAN PUTRA PUTRI BAHARI INDONESIA 2015

By  | 

POSTER P3BI (INFO)

Jakarta 20 Nopember 2015, Dalam rangka menanamkan jiwa kebaharian di kalangan generasi muda Indonesia serta menyambut Hari Nusantara yang diperingati pada setiap tanggal 13 Desember, kembali akan diselenggarakan ajang Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia (P3BI) 2015. Sehubungan dengan hal tersebut, Dewan Kelautan Indonesia (DEKIN), yang diketuai oleh Presiden Republik Indonesia, memberikan Rekomendasi kepada Yayasan Dharma Ayu Bahari (YDAB) sebagai penyelenggara utama bekerjasama dengan instansi-instansi maupun stakeholder terkait lainnya. Hal ini didasarkan kepada pengalaman keberhasilan penyelenggaraan pada tahun-tahun sebelumnya dimana YDAB yang didirikan oleh “Tiga Serangkai” yakni Alm. Laksamana TNI (Purn) Sudomo bersama Bapak R. Sunardi Hamid dan Ibu Raden Suningsih Sunardi merupakan motor utama penggerak kegiatan kesuksesan acara tersebut.

Pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia dimaksudkan untuk memilih putra putri terbaik Indonesia yang memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, terutama berkaitan dengan nilai-nilai hakiki perjuangan serta keberadaan bangsa bangsa dan negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, serta berkepribadian dan berpenampilan yang mencerminkan nilai-nilai ke-Indonesiaan. Tujuannya adalah tumbuh kembangnya karakter bahari dan kecintaan terhadap laut bagi generasi muda Indonesia yang pada gilirannya diharapkan menjadi “agent of change” (agen perubahan) dan “agent of develepment” (agen pembangunan) dalam membangun masa depan Indonesia yang memanfaatkan potensi dan kekayaan Indonesia dari laut dan lewat laut. Namun demikian para calon/kandidat harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh Panitia sebagai berikut:

1. Warga Negara Indonesia yang sudah berumur 17-25 tahun, dibuktikan dengan KTP atau Kartu Identitas lainnya.

2. Pendidikan minimal telah lulus SMA/sederajat, dibuktikan dengan Ijazah yang dilegalisir.

3. Berpenampilan menarik, tinggi badan minimum 160 cm (Perempuan) dan 170 cm (Laki-Laki).

4. Belum pernah menikah.

5. Berbadan sehat dan bebas dari HIV/Aids dan Narkoba, dibuktikan dengan Surat Keterangan Dokter dari Rumah Sakit Pemerintah.

6. Bisa berenang dan/atau menguasai salah satu cabang olah raga air (dayung, selam, ski air, selancar, dll).

7. Memiliki wawasan budaya daerah asal dan mampu menampilkan salah satu seni budaya daerahnya.

8. Mampu berbahasa Indonesia dengan baik dan mampu berbahasa Inggris serta atau salah satu bahasa asing.

Sedangkan Persyaratan lainnya adalah:

1. Mengisi formulir pendaftaran yang disediakan panitia.

2. Melampirkan CV/Daftar Riwayat Hidup terbaru.

3. Foto Copy KTP/KTM/Kartu Pelajar sebanyak 1 lembar.

4. Foto Copy Akta Kelahiran sebanyak 1 lembar.

5. Melampirkan surat ijin dari orangtua.

6. Melampirkan sertifikat penghargaan/prestasi (jika ada).

7. Menyerahkan pas foto terbaru dengan latar belakang warna biru ukuran 4×6 sebanyak 1 (satu) lembar, foto seluruh badan, foto close up terbaru berpakaian office attire dan berpakaian daerah asal peserta), latar belakang putih, tampak depan, ukuran 4R, masing-masing 1 (satu) lembar, jumlah foto seluruh badan 2 (dua) lembar.

8. Menyiapkan 3 karya tulis jika sudah terpilih sebagai finalis (minimal 3000 kata atau 3 lembar) diserahkan pada saat pendaftaran ulang di tanggal 30 November, dalam bentuk hard copy dengan tema :

                        a. Pariwisata Bahari (termasuk sungai, danau)

                        b. Lingkungan Hidup Bahari

                        c. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Bahari

9. Biaya pendaftaran Gratis.

10. Peserta tidak sedang mengikuti rangkaian kegiatan sejenis lainnya.

11. Peserta yang terpilih yaitu Putra dan Putri, baik di tingkat Kabupaten/Kota, maupun Provinsi, dan Nasional, wajib mempersiapkan diri untuk bertugas selama 1 (satu) tahun sebagai Duta-Duta Bahari daerahnya dan Duta Bahari Indonesia 2015 untuk pemenang tingkat nasional.

12. Peserta yang telah mengikuti seluruh rangkaian pemilihan Putra Putri Bahari Indonesia, baik di tingkat Kabupaten/Kota,Provinsi, dan Nasional, menjadi anggota Ikatan Putra Putri Bahari Indonesia.

Rekruitmen dan Seleksi Pendaftaran dan seleksi telah dimulai dari tingkat kabupaten/kota, selanjutnya juara umum putra dan juara umum putri di tingkat kabupaten/kota mengikuti seleksi di tingkat provinsi, kemudian juara umum putra dan putri di tingkat provinsi akan mengikuti Grand Final di Jakarta. Rangkaian kegiatan panjang dimulai dengan pendaftaran dan seleksi di kabupaten/kota, telah dilaksanakan pada bulan Agustus s/d September 2015.

Kemudian dilanjutkan pelaksanan seleksi di Provinsi pada bulan Oktober 2015. Sebagai informasi, bahwa tempat pendaftaran kemarin dilaksanakan di Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi masing-masing dan Dinas Pariwisata Provinsi masing-masing. Sebagai puncak prosesi seleksi tertinggi (grand final) akan dilaksnakan pada tanggal 7 Desember 2015 mendatang.

Selain memperebutkan thropy Juara Umum, dalam acara Grand Final juga akan dipilih Putra Putri Favorit, Putra Putri Persahabatan, Putra Putri Lingkungan Hidup, Putra Putri Teknologi dan Putra Putri Pariwisata. Juara umum tingkat nasional akan menjadi Putra dan Putri Bahari Indonesia 2015, serta akan dihadirkan pada puncak acara peringatan Hari Nusantara 2015 untuk menerima PIALA PENGHARGAAN DARI PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA di Banda Aceh yang akan datang. Sampai dengan hari ini, Panitia telah berhasil menyeleksi dan memilih sebanyak 23 Pasang perwakilan provinsi. Sedangkan beberapa provinsi yang belum mengirimkan wakil hasil audisi di daerah, telah dibuka audisi seleksi yang dilaksanakan kemarin Sabtu, 14 Nopember 2015 di Ballroom Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta dengan menghasilkan sebanyak 11 pasang Calon/kandidat putera puteri bahari Indonesia 2015. Setelah diperoleh kandidat P2BI (Putra Putri Bahari Indonesia) 2015, selanjutnya tanggal 30 Nopember 2015 s.d 6 Desember 2015 akan dilaksankan Pendidikan dan Latihan (Diklat) dengan homebase Kesatrian Sekolah Komando dan Staf TNI Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir Jakarta Selatan. Selama kurang lebih satu minggu tersebut, para kandidat akan mendapat pembekalan diantaranya wawasan nusantara, bela negara, kebaharian, cinta lingkungan dan kepariwisataan serta hal-hal lain yang menjadi bekal bilamana nanti menjadi duta-duta bahari pada masa-masa yang akan datang.

Dalam rangkaian diklat tersebut juga akan dilaksanakan praktek dan studi lapangan dimulai dengan pengenalan diving (penyelaman), praktek penyelaman di lapangan sampai dengan Joy Sailing bersama salah satu KRI (Kapal Republik Indonesia) kebanggaan bangsa Indonesia. Tujuan dari kesemua itu, disamping mengenalkan kepada calon kandidat kehidupan kebaharian juga untuk semakin memantapkan kedalamanan keilmuan selama teori di kelas dengan melaksanakan uji praktek lapangan sebenarnya sebagai seorang pelaut sejati.

Salam Bahari…

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

3 Comments

  1. Muhammad Syafiq

    December 18, 2015 at 9:29 pm

    Aduh ketinggalan nih, sebetulnya kepengen ikut. Namun, telat! Apakah bisa saya ikutan?

  2. subhi hairudin

    February 26, 2016 at 4:44 pm

    Kalu di lampung bagaimana cara mendaftarnya min?

  3. Aprillia

    December 14, 2016 at 2:02 pm

    Untuk thn ini di medan ada gk ya? Kira2 udah dibuka blm pendftarannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *