artikel

Pengalaman Bergabung Dengan StudentJob Indonesia (STAR)

By  | 

Haloo gaes, pada postingan pertama blog saya ini, saya akan share pengalaman saya bersama Student Job. Student Job adalah Job Portal buat para mahasiswa yang mau cari sampingan, disini gak cuma mahasiswa aktif, buat kalian para freelance dan fresh graduates pun bisa join disini. Gak cuma Job Portal, Student Job Pun sering ngadain event event yang temanya anak muda banget, kaya semacem Studi dan Gala Diner, untuk tau lebih lanjut tentang kedua event itu mending langsung kunjungin aja Situs nya yaitu di studentjob.co.id . Pada Januari kemarin, Student Job meluncurkan Program STAR (Student Associate Program) yang pada intinya di program ini kita para startis akan di mentoring oleh para ahli dibidangnya dan tentu sudah berpengalaman, berikut adalah para mentor Di Program STAR Batch 1.

Mentorship Studentjob.co.id

Awal Mula

Awal mula saya bergabung dengan program ini ketika saya mendapat pesan dari line official Studentjob, yang memberi informasi tentang pendaftaran STAR, pada saat itu pula saya langsung buka situs tentang kegiatan mentoring ini. Tanpa pikir panjang saya pun langsung mendaftar sebagai peserta STAR. Beberapa minggu kemudian saya diberitahu lewat email bahwa saya lolos seleksi dan berhak untuk mengikuti FGD(Focus Group Discussion) *cmiiw. Sebelum kita mengikuti FGD, setiap peserta wajib mengikuti tes personality, tes nya sendiri gak sulit, karena hanya jawaban personal yang dibutuhkan, meskipun agak bingung soalnya pakai bahasa inggris hehe :D. Setelah FGD, saya pun diberitahu bahwa saya lolos babak selanjutnya, yaitu tes wawancara, dan setelah mengikuti sekelumit tes dan seleksi, saya pun akhirnya terpilih menjadi Startis(sebutan untuk para peserta).

Sesi Mentoring

Mentoring pertama, Pada kesempatan kali ini kita diperkenalkan kepada para mentor dan juga ada topik bahasan yaitu mengenai pembuatan CV yang menarik yang dipandu langsung oleh Mastahnya yaitu Kak Anisa Founder StudentJob :D. Pada bahasan kali ini pun, cukup menarik perhatian saya, karena selama ini saya masih banyak kesalahan dalam pembuatan CV, untung aja ada program ini, jadi saya bisa banyak belajar hehe

Sesi Mentoring pertama

Sesi Mentoring pertama

Mentoring Kedua, Pada mentoring kali ini bertema Membangun Leadership, yang di mentori langsung oleh Kak Sidney Budiman selaku CTO Dealoka dan kak Riza Fahmi selaku CO-Fonder Hacktiv8, bootcamp yang lagi nge hits banget di kalangan developer :D. pada tema kali ini saya banyak sekali mendapatkan ilmu tentang leadership terutama cara bagaimana memimpin sebuah startup.

Mentoring Kedua

Mentoring Kedua

Mentoring ketiga, Pada mentoring kali ini bertema Membangun Bisnis . Pada tema kali ini, banyak sekali hal baru yang saya dapatkan mengenai membangun Startup, Pembawaan para 2 mentor ini pun sangat mudah dimengerti, jadi kami para mahluk awam dapat mencernanya dengan mudah :D. Pada kesempatan kali ini para peserta di wajibkan untuk membawa ide bisnis apa yang ingin dikembangkan dan mempresentasikannya didepan para mentor

Mentoring Ketiga

Mentoring Ketiga

Mentoring Keempat, Sesi kali ini bertema DIGITAL MARKETING yang dibimbing oleh kak rhein mahatma dari startupbisnis.com . Banyak ilmu digital marketing yang saya dapatkan pada sesi kali ini, meskipun selama ini saya adalah blogger, ternyata masih banyak sekali ilmu tentang digital marketing yang belum saya tahu. Oh iya, pada mentoring kali ini juga ada sesi pengumuman Startis terbaik, dan yang terpilih pada kesempatan kali ini adalah saya sendiri hehe.

Mentoring keempat

Mentoring keempat

Pemberian hadiah oleh kak Annisa

Pemberian hadiah oleh kak Annisa

Mentoring kelima, ini dia mentoring yang paling saya minati ketika masuk program STAR hehe, maklum salah satu tujuan saya mengikuti program ini adalah melatih softskill :D, sesi kali ini bertema Public Speaking yang dimentori langsung oleh Alicia van Akker beliau adalah founder rumahMC. disesi ini banyak sekali tips yang di berikan oleh kak alice mengenai berbicara didepan orang banyak. Pokoknya saya banyak ilmu public speaking yang saya dapatkan pada sesi ini.

Mentoring kelima

Mentoring kelima

Sebenarnya masih ada sesi terakhir mentoring, tetapi berhubung masih berlangsung diakhir bulan ini, jadi saya belum bisa share hehe. Overall sejak mengikuti program ini banyak sekali ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan, melalui program inilah saya mempunyai teman dari kampus lain, jadi kesannya gak kuper gitu hehe.

 

Kegiatan Lain

Kegiatan lain yang saya ikuti selama mengikuti program STAR yaitu diikutsertakan menjadi panitia acara ataupun volunteer di kegiatan studentjob, berikut ini adalah dokumentasinya.

Foto saat menjaga stand studentjob di acara IESE, pada akhir april lalu

Foto saat menjaga stand studentjob di acara IESE, pada akhir april lalu

Event galadiner di CIMB

Event galadiner di CIMB

Galadiner di Sampoerna Strategic

Galadiner di Sampoerna Strategic

Saya sudahi dulu sharing pengalaman saya mengenai studentjob ini hehe, sebenernya masih banyak yang saya ingin tulis, tapi berhubung masih banyak tugas kuliah yang minta dikelonin, jadi cukup segini dulu hehe, Terima kasih yang sudah membaca.

Penulis : Syehbi Herbian (Mahasiswa Universitas Pamulang, Startis Batch 1)

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *