artikel

Pengalaman Magang Danone

By  | 

Sebagian besar mahasiswa pasti pernah dan akan merasakan yang namanya praktek kerja lapang. Praktek kerja lapang atau magang atau internship adalah kegiatan magang kerja yang dilakukan oleh mahasiswa di perusahaan tertentu sesuai dengan bidang ilmu dari mahasiswa tersebut. mahasiswa yang melakukan PKL biasanya telah menempuh minimal 5 semester perkuliahan. Nah , dengan adanya praktek kerja lapang ini mahasiswa dapat berlatih bagaimana menghadapi dunia kerja secara nyata nantinya. selain itu mahasiswa juga dapat mengembangkan softskillnya seperticommunication skillshow to be profesional, analisis dan problem solving.

Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya saat melakukan pkl di salah satu perusahaan multinasional terbesar berbasis beverage industry yang ada di indonesia yaitu PT Danone Dairy Indonesia.

Danone

PT. Danone Dairy Indonesia, Cikarang Bekasi.

Kenapa milih danone.?

Sebenarnya saya gak pernah kepikiran akan pkl di danone. ceritanya gini. Waktu itu Saat saya lagi bingung nyari perusahaan buat magang. Kebetulan saat itu ada info di danone juga sedang membuka lowongan untuk mahasiswa pkl. infonya darimana.? dari internet pastinya.

Lanjut…..

Beberapa hari kemudian saya langsung nyari temen dan menawarkan untuk pkl  bareng di danone . Salah satu temen pun langsung setuju gabung. kemudian kita langsung berinisiatif untuk menghubungi pihak danone. Kita menghubungi pihak danone via telfon dan Alhamdulillah kita bisa langsung bisa ngobrol sama staf HRnya yang bagian recruitment. Setelah mengungkapkan maksud, tujuan dan Tanya ini itu,  kita langsung disuruh mengirim proposal sama cv via email. Ternyata prosesnya gak ribet, 2 minggu setelah pengiriman proposal saya berinisiatif menghubungi pihak danone via email dan langsung dibales. Dan hasilnya,  kita diundang untuk interview ke perusahaan. Yap. Kita lalu berangkat ke bekasi untuk wawancara seminggu kemudian.

Pas interview, kita langsung ketemu sama user kita namanya ibu Ivo. Jadi, user itu merupakan pembimbing lapang kita dan dia yang bertanggung jawab membimbing kita selama pkl juga ngasih job – job ke kita nantinya. Bu Ivo adalah salah satu supervisor di danone . Setelah wawancara Alhamdulillah kita diterima pkl di sini. Sama Bu Ivo, kita langsung dikasih project-project buat dikerjain pas pkl nantinya. Eh iya, kebetulan disini kita diterima pkl di bagian Quality Assurance and Food Safety, jadi bagian ini itu yang ngurusin mutu sama keamanan pangan di danone, bagian ini juga mengurus mulai dari HACCP, sanitasi, GMP, Quality dan masih banyak lagi. Menyenangkan juga bisa diterima pkl di posisi yang sesuai dengan background kita yaitu teknologi pangan.

Setelah melakukan proses negosiasi dengan bu Ivo. jadi saya akan pkl selama 2 bulan di perusahaan ini. dimulai pada pertengahan desember 2013 sampai pertengahan februari 2014.

Enak gak PKL di Danone ?

Overall, kegiatanku selama PKL di danone berjalan menyenangkan. banyak sekali keuntungan yang saya dapat selama saya melakukan PKL di sini. ternyata dunia kerja memang benar-benar berbeda dengan dunia kampus, disini kita dituntut untuk bekerja secara profesional,  kita harus bisa menyelesaikan tugas sesuai deadline yang telah diberikan oleh atasan kita. dari sana aku belajar untuk lebih mandiri, belajar penyelesaian masalah, dan yang pasti belajar profesional.

Selain menambah softskill masih banyak lagi keuntungan yang bisa kita dapat ketika kita PKL di perusahaan sebesar Danone. kebetulan saya melakukan PKL di bagian office, jadi kita berada satu ruangan dengan para pegawai kantor danone . sangat menyenangkan, disini kita bisa mengamati pekerjaan seorang manager, pekerjaan supervisor dan pekerjaan HRD. pengalaman yang luar biasa. :).

Camera 360

spot kerja sewaktu PKL

Yang lebih menyenangkan lagi, saya menganggapnya sebagai bonus. Ketika  saya melakukan PKL di Danone adalah kita mendapatkan lunch gratis setiap harinya dan juga kita juga bisa menikmati produk-produk danone yang tersedia dikantin secara gratis. selain itu kita juga mendapatkan Allowance yang menurutku lebih dari cukup buat jajan seorang mahasiswa. heuheu.

Camera 360

free activia 🙂

sekian ya..itu tadi cerita tentang pengalaman PKL di Danone, Buat kamu yang mau PKL saya sarankan untuk memilih perusahaan yang sudah cukup besar, karena disana kamu akan mendapatkan keuntungan yang sangat banyak dan pengalaman yang sangat luar biasa.

Nuri Prayoga
Nuri Prayoga, mahasiswa teknologi pangan Universitas Brawijaya.
Follow twitter account @npryg

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

7 Comments

  1. puja

    March 25, 2016 at 1:38 pm

    Post ini sangat menarik karena saya juga sedang mencari perusahaan pkl. Kalau boleh tau wawancaranya seperti apa ya kak? Ada syarat tertentu tidak untuk melamar pkl disana?

  2. agfa

    April 18, 2016 at 11:49 pm

    mau tanya mas klo pas wawancara ditanya apa aja ya? Terus kesehariannya saat pkl kerjaan yang kita lakukan apa aja ya mas? Monggo mas ditunggu balasannya, terimakasih

  3. hafidz anshori

    May 16, 2016 at 11:14 am

    mau tanya kak, apakah di danone membuka kerja praktek juga untuk mahasiswa D3 ? dan kalau boleh saya mau minta kontak serta alamat perusahannya yang di cikarang. terimakasih

  4. glory

    June 2, 2016 at 4:08 pm

    Mau nanya mas kalo untuk tahun sekarang lagi buka lowongan ga? boleh minta alamag email danonenya? terimakasih 🙂

  5. Titik Sarici

    December 27, 2016 at 5:36 am

    Kak kalo boleh tau persyaratan disana apa Aja ya?

  6. dita milih

    September 13, 2017 at 12:10 pm

    kira kira kalo sekarang, danone masih buka untuk mahasiswa pkl ga ya kakk?

  7. Aini

    February 20, 2018 at 5:51 am

    kak kalok boleh tau di prusahaan itu berapa maksimal mahasiswa yg diterima kak ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *