artikel

Pengalaman Magang di Sejasa.com

By  | 

Sebentar lagi udah mau UAS semester genap. Setelah UAS, libur tiga bulan. Dan, untuk pertama kalinya dalam sejarah hidup saya, tiga bulan lamanya libur dan saya terancam nggak liburan dan nggak ngapa-ngapain. Kalau waktu libur setelah UN SMA dulu kan dipake buat belajar dan tes-tes masuk kuliah terus, kan. Tapi untuk libur kali ini, saya bakal ngerasa kosong banget. Duh, nggak kebayang gimana hidup saya kalau tiga kali tiga puluh hari tanpa ada kegiatan. Masa cuma tidur-makan-nonton-tidur doang?

Akhirnya, saya memutuskan buat mengisi libur selama tiga bulan ini dengan magang aja. Sebenernya, nggak cuma buat ngisi libur yang kosong. Salah satu to-do list saya selama kuliah adalah saya ingin merasakan kerja dulu sebelum lulus. Kalau magang yang resmi dari kampus kan nggak terkesan kerja banget gitu loh.

Awalnya memang agak susah buat cari kerjaan magang yang available untuk anak tingkat satu seperti saya. Karena pastinya minim banget pengalaman dan ilmunya dan biasanya mereka lebih ngutamain fresh graduate atau mahasiswa tingkat akhir. Akhirnya, saya coba apply ke beberapa perusahaan yang menurut saya pekerjaannya masih bisa saya kerjakan dan persyaratannya juga nggak terbatas untuk mahasiswa tingkat akhir aja. Sebagai mahasiswa, saya terbantu banget karena ada Studentjob.

Akhirnya saya apply berbagai macam kerjaan, reporter-editor-social media-content writer-customer support-admin marketing-data entry. Saya udah nggak mikirin apapun itu pekerjaannya, karena yang paling penting buat saya adalah pengalaman dari proses magang ini. Yakin banget bakal dapet pengalaman yang seru di luar dari konteks pekerjaan doang. Toh, saya juga sadar ilmu saya masih cetek banget, jadi nggak usah muluk-muluk banget buat nyari yang pas banget buat jurusan saya. Malah, justru saya sendiri yang menghindar dari pekerjaan yang berbau bisnis banget.

Tada! Akhirnya saya dapet e-mail panggilan untuk wawancara. Waktu itu bertepatan banget dengan hari ulang tahun saya. Di e-mail juga saya diucapin, loh! Saya jadi terharu. Karena waktu itu saya masih kuliah dan ditambah lagi dengan persiapan untuk UAS, saya harus negosiasi dulu buat nentuin wawacaranya. Kebetulan waktu itu ada jadwal kosong dan saya wawancara ke kantor itu. Beberapa hari kemudian, akhirnya saya diterima buat magang di perusaahan start-up tersebut! Yeay!

Akhirnya, tiga bulan libur saya bisa digunakan degngan cara yang lebih baik dan tidak sia-sia. Untuk hitungan pengalaman kerja pertama kali, magang di perusahaan ini seru banget! Salah satu to-do list saya udah bisa saya check-list dan akhirnya bisa juga ngerasain untuk kerja dan terlibat di dalam start-up.

 

Sebagai content writer and social media internship, saya harus bisa memaksakan diri saya buat nulis sekitar empat sampai lima artikel setiap harinya. Bahkan, beberapa kali pernah sampai tujuh artikel sehari! Jujur, ini aneh banget buat saya. Padahal, waktu UAS kemaren saya stuck banget waktu jawaban soal essay saya masih satu halaman padahal temen saya udah sampai berlembar-lembar. Berbagai macam komentar di halaman Facebook yang harus saya bales, juga kadang jadi hiburan buat saya dan teman intern saya. Belum lagi, saya harus muter otak buat cari ide bikin newsletter.

Aktivitas di kantor juga seru banget! Sejak magang, saya jadi sering makan mie cup instan, kue dan pizza! Berbanding terbalik banget, ya? Mie instan karena kalau laper, makanan itu yang paling gampang dan paling terjangkau. Pas banget, selama saya intern di sini, ada lima orang yang ulang tahun dan selalu kebagian kue. Kalau pizza, karena di kantor sering ada acara mulai dari ulang tahun manager saya-evaluasi-lomba 17an-sampai waktu last day saya di kantor. Yummy!

Waktu last day saya yang mepet banget sama hari pertama kuliah itu, cukup berkesan buat saya. Selain lagi-lagi-makan-pizza, saya juga foto-foto sama temen-temen di kantor. Termasuk sama komandan, alias CEO perusahaan itu! Plus, saya juga dikasih gift sama user saya, salah satu komik strip kesukaan saya!


Pengalaman PP Bogor-Jakarta Utara juga bermacam-macam yang saya alamin. Di minggu awal magang, powerbank yang merupakan kado dari teman-paling-dekat-saya dan parahnya belum pernah saya pake sama sekali hilang dicopet waktu berebut masuk naik kereta. Di minggu terakhir saya magang, karena ketinggalan kereta pulang yang baru aja lewat, saya berniat buat ke stasiun Jatinegara dulu. Eh, saya malah jadi muter-muter. Bayangin, saya sampe ‘nyasar’ karena salah naik kereta ke arah Bekasi! Wah, pokoknya seru banget, deh! Pengalaman kerja tiga bulan yang menyenangkan buat saya!

Terimakasih Student Job untuk membantu mendapatkan pengalaman magang berharga ini 🙂

Punya pengalaman kerja seru berkat Student Job seperti Diana ? Yuk kirimkan cerita dan foto kamu ke info@studentjob.co.id 🙂

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

1 Comment

  1. Sudiddo

    October 10, 2017 at 11:57 am

    Aih seru banget, sukses terus Diana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *