artikel

Perjalanan 6 Bulan STAR Bersama Student Job

By  | 

Tidak terasa sudah memasuki bulan terakhir dari proses mentorship STAR yang dijalankan oleh Indonesian Student Job. Dan tidak terasa berapa banyak kegiatan dan proyek yang aku kerjakan selama berada di dalam program ini.

Untuk yang belum tau, STAR itu adalah sebuah program mentorship yang berjalan selama 6 bulan dan murid-murid yang masuk akan mendapatkan mentorship dari orang-orang keren. Ada kak Sidnei Budiman CEO dan Founder dari Dealoka, kak Rhein Mahatma Founder dari startupbisnis.com, kak Riza Fahmi Managing Directornya AppsCo, kak Alicia Van Akker Founder dari RumahMC, dan kak Annisa Purbandari Founder Student Job Indonesia.

STAR mengadakan pertemuan sekali per bulan dimana kita belajar berbagai hal yang berbeda-beda di setiap minggunya. Selebihnya kita mendapatkan tugas individual ataupun tugas kelompok. Sebagai contohnya aku memilih untuk membantu sisi desain untuk poster dan announcement dari Student Job. Maka selama 6 bulan ini aku membuat berbagai poster dan desain-desain yang bisa dilihat dibawah:

WhatsApp Image 2016-08-09 at 20.48.13

idstalk isra

Mini Stage IESE Student Job Rabu 27

 

  • Bulan pertama kita belajar tentang cara membuat CV (Curriculum Vitae) yang baik bersama kak Annisa. Kita di berikan tips-tips membuat CV yang bagus dan tidak berbelit dan cara untuk membuat CVnya menonjol.
  • Bulan kedua kita dibimbing oleh kak Sidnei dan kak Riza tentang bagaimana cara membangun bisnis. Kita diajarkan cara mencari ide bisnis yang valid, cara merealisasikan bisnis yang berjalan, dan apa saja persiapan yang diperlukan sebelum memulai berbisnis.
  • Bulan ketiga kita belajar tentang kemampuan leadership dan cara menjadi pemimpin yang baik bersama kak Sidnei dan kak Riza. Kita di berikan berbagai contoh apa sih sifat-sifat pemimpin yang baik dan bagaimana cara membangun kepercayaan dalam tim.
  • Bulan keempat kita belajar cara mengundang orang ke website kita atau digital marketing bersama kak Rhein. Salah satu hal yang dipelajari adalah tentang SEO dan cara menggunakannya, perbedaan antara SEO dan SEM, dan praktik langsung cara menggunakan SEO.
  • Bulan kelima kita belajar cara meningkatkan kepercayaan diri dengan belajar public speaking bersama kak Alicia. Sayangnya aku tidak bisa ikut yang bulan ini karena ada acara yang bertabrakan.
  • Bulan keenam akan diselengarakan minggu depan dan akan melanjutkan pelajaran bulan keempat tentang digital marketing bersama kak Rhein dan kak Sidnei.

Selama enam bulan ini banyak sekali yang aku pelajari dan kegiatan-kegiatan yang aku ikuti. Yang paling berkesan padaku mungkin ketika membantu menyelengarakan acara-acara GalaDiner dimana aku gk bisa masuk kedalam gedungnya karena belum punya ktp 😛

Penulis : Yudhistira Gowo Samiaji (Siswa Homeschooling, Startis Batch 1)

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *