event

Public Health Expo 10: Dealing with Neonatal Mortality Rate in Indonesia

By  | 

Beberapa tahun terakhir angka kematian neonatal di Indonesia selalu menunjukan angka yang sama, yaitu 19/1000 kelahiran hidup dan sama sekali tidak mengalami penurunan. Sedangkan, di dalam Sustainable Development Goals (SDGs) pada poin 3.2 menyebutkan bahwa kematian neonatal seharusnya berada di bawah angka 12/1000 kelahiran hidup. Neonatal mortality adalah kematian bayi berusia 1-28 hari setelah dilahirkan, penyebab terbesar masalah ini adalah kelahiran prematur, asfiksia, dan berat badan lahir rendah.

Public Health Expo merupakan salah satu acara nasional tahunan di bidang kemahasiswaan ilmu kesehatan masyarakat. Tahun ini Public Health Expo sudah memasuki tahun ke-10 dan mengangkat tema “Early Moment Matters: Taking Action To Deal With Neonatal Mortality in Indonesia”. Hal ini didasari atas keyakinan, bahwa anak adalah generasi penerus bangsa, sehingga mereka diharapkan dapat tumbuh menjadi pribadi yang sehat, cerdas dan memiliki kehidupan yang sehat. Tak hanya itu, Public Health Expo 10 hadir untuk menyebarluaskan isu kematian neonatal melalui keilmuan kesehatan masyarakat dan mempromosikan isu kematian neonatal kepada masyarakat luas agar meningkatkan kesadaran, pengetahuan dan kepedulian tentang pentingnya hal tersebut. Public Health Expo sendiri memiliki beberapa rangkaian acara yaitu Roadshow, Fun Health Promotion, Public Lecture, Explore Departement, Speech Contest, dan acara puncak yaitu Seminar Kesehatan Nasional.

  • Roadshow merupakan kegiatan kunjungan ke beberapa SMA di daerah Jabodetabek untuk mempromosikan ilmu kesehatan masyarakat, isu mengenai kematian neonatal, sekaligus memperkenalkan kegiatan Public Health Expo 10 dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.
  • Fun Health Promotion merupakan kegiatan promosi kesehatan dan edukasi mengenai isu kematian neonatal dan Public Health Expo 10 kepada masyarakat melalui cara yang menarik, salah satunya dengan pemeriksaan kesehatan gratis dan fun games.
  • Speech contest merupakan ajang kompetisi pidato dalam Bahasa inggris dengan mengangkat isu tentang kematian neonatal yang diperuntukan bagi siswa dan siswi SMA agar mereka lebih peduli dengan masalah kesehatan yang ada di Indonesia.
  • Public Lecture merupakan kuliah umum yang dikhususkan untuk siswa SMA atau sederajat dengan membahas isu kematian neonatal melalui perspektif keilmuan kesehatan masyarakat.
  • Explore Department merupakan kegiatan pengenalan seluruh departemen keilmuan yang ada di FKM UI kepada siswa/I SMA.
  • Seminar Kesehatan Nasional, merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan PHE 10, dengan mengangkat tema Early Moment Matters: How to Deal with Neonatal Mortality Rate in Indonesia dengan menghadirkan pembicara yang ahli dalam isu tersebut yang berasal dari institusi pemerintah, akademik, NGO dan perwakilan mahasiswa berprestasi. FKM UI sebagai pembicara.

Melalui upaya promosi kesehatan dalam rangkaian Public Health Expo 10, diharapkan dapat membantu meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai isu kematian neonatal sebagai salah satu upaya menurunkan angka kematian tersebut, demi menjadikan Indonesia semakin sehat dan sejahtera.

mm
the dreamer. the simple person who loves to discuss. “success is an iceberg”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *