artikel

Ragam Donasi Di 7th Ramadhan Jazz Festival

By  | 

“The 7th Ramadhan Jazz Festival 2017” akan kembali digelar pada tanggal 09- 10 Juni 2017 bertempat di Plaza Masjid Cut Meutia yang tetap mengusung konsep tanda masuk dengan donasi. Adapun kali ini, kegiatan yang sejak tujuh tahun lalu, merupakan hasil kerjasama Remaja Islam Masjid Cut Meutia (RICMA) dan WartaJazz -sebuah eco-system Jazz Indonesia yang juga menyelenggarakan sejumlah Festival Jazz lain seperti Maratua Jazz & Dive Fiesta, Maumere Jazz Fiesta, Flores, Reyog Jazz Ponorogo dan berbagai kegiatan lainnya ini menghadirkan banyak musisi Jazz dengan berbagai latar belakang – menyediakan ragam donasi yang diharapkan bisa menjadi pilihan para pengunjung yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan dua malam mini.

Agus Setiawan Basuni, selaku Artistic Director dan penggagas RJF menjelaskan,“Konsep Donasi ini merupakan perwujudan dari Sedekah untuk sesama”.Donasi tahun ini akan dialokasikan untuk sumbangan alat tulis, seragam sekolah,serta perlengkapan sekolah lainnya untuk siswa/I Madrasah Ibtidaiyah Hidayatysshibyan di Tangerang serta bekerja sama dengan pihak 1000 Guru. Dalam Jumpa pers yang telah diadakan sebelumnya yang dihadiri Sukarno Hatta ketua Ricma, Muhammad Sofyan ketua Gema Ramadhan, dan Amira Aziza Audi Vice Project Officeer RJF 2017 menyampaikan bahwa mekanisme untuk penonton menghadiri kegiatan ini tidak berubah, yaitu dengan metode donasi. Namun demikian, untuk memudahkan penonton yang tidak sempat membawa buku, tersedia pilihan donasi melalui GoersApp dan crowdfunding atau situs berbagi, Kitabisa.com

Selain itu tersedia pula donasi tersebut dalam bentuk lain yakni Donor Darah, Donasi Al-Quran/Juz Amma, Donasi buku atau mainan anak-anak atau donasi dalam bentuk uang cash yang pilihannya beragam mulai dari melalui KitaBisa.com, GoersApp ataupun yang langsung di lokasi kegiatan Ramadhan Jazz Festival (on the spot).
***
Mundur ke 7 tahun yang lalu, RICMA merespon tawaran WartaJazz dari sebuah celotehan di Twitter untuk bekerjasama dan menggarap kegiatan yang menyedot perhatian banyak anak anak muda ini. Menurut catatan panitia, acara The 6th Ramadhan Jazz Festival 2016 yang digelar tahun lalu berhasil mengumpulkan 68 kantong darah yang disalurkan kepada PMI serta danainfaq mencapai Rp. 32.000.000 yang berasal dari tiket masuk (donasi) pengunjung.

Dalam acara Main Event The 7th Ramadhan Jazz Festival tahun ini ditargetkan akan mendatangkan lebih banyak partisipan dan pengunjung serta dihadiri oleh tokoh- tokoh ternama, baik dari pengisi acara, tokoh politik, masyarakat, serta duta besar dari negaranegara sahabat.
***
WartaJazz merupakan sebuah eco-system Jazz di Indonesia. Selama 17 tahun secara aktif mempromosikan Jazz (di) Indonesia baik dipasar domestik maupun mancanegara. Hingga kini WartaJazz telah menggelar sedikitnya 8 Jazz Festival dalam satu tahun. RICMA adalah Remaja Islam Masjid Cut Meutia yang merupakan tempat berhimpun generasi muda dengan kegiatan tahunan yang inspiratif seperti Gema Ramadhan, RICMA Camp, RICMA Fair dan banyak lagi lainnya.

mm
the dreamer. the simple person who loves to discuss. “success is an iceberg”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *