artikel

Review IDStalk “Be A Social Changemakers”

By  | 

Masalah sosial yang terjadi di masyarakat merupakan masalah bersama yang butuh penanganan dari berbagai pihak. Banyak anak muda yang tergerak hatinya untuk membuat sebuah perubahan sosial demi terciptanya keadilan sosial. Kehadiran dan antuasisme anak muda sebagai social changemakers salah satunya telah dibuktikan secara nyata melalui ide Kreanovator dan MeetChange. Adalah Khaira Al Hafi, pemuda yang memiliki passion dan cita-cita agar semua pihak dan lapisan masyarakat dapat saling terhubung, menginspirasi, dan berkolaborasi demi menciptakan perubahan sosial. Mau tau bagaimana kisah lengkap Al Hafi sebagai social changemakers? Yuk simak ulasan #IDStalk berikut ini!

idstalk-al

1.Hallo kak @Al_Hafi, apa kabar?Ā  Sekarang lg sibuk apa aja? #IDStalk

Halo @IDstudentjob makasih atas undangan sharing-nya. šŸ™‚ kabar saya melelahkan namun menyenangkan šŸ™‚ Kenapa melelahkan dan menyenangkan? Karena sekarang saya memang disibukkan dengan berbagai proyek dan semuanya adl passion saya šŸ™‚ Karena sekarang saya memang disibukkan dengan proyek-proyek di Kreanovator dan Meetchange dan semuanya adalah passion saya šŸ™‚

  1. Bisa ceritain proses perjalanannya dulu sebelum seperti sebelum menjadi seperti sekarang? #IDStalk

Siap! seperti anak2 muda lainnya,saya mengawaliĀ  semuanya dengan mencoba mengenali passion dan tujuan hidup saya sndiri. Saya lalu belajar menurunkannya menjadi resolusi per tahun hingga per minggu. Karena sesuai petuah kakek Steve job šŸ˜‰ waktu hidup kita terbatas jadi jangan sia-siaakan dg menjalani hidup orang lain selanjutnya saya belajar melakukan personal branding dan networking sesuai passion saya. Brand penting karena ide & keahlian kita tidak berguna jika orang-orang yg membutuhkan tidak bisa mengingat kita pada kesempatan pertama. Networking penting karena untuk mengubah ide kita jadi nyata,apalagi menjadi prestasi, kita tidak mungkin bekerja sendirian šŸ™‚

3. Hal apa yang mendorong kak @Al_Hafi aktif membuat berbagai social movement?Ā  #IDStalk

Untuk menjawab ini, Sebaiknya saya sedikit menjelaskan apa itu Kreanovator dan Meetchange ya. Yep,Kreanovator adalah sebuah bisnis sosial yang membantu kamu membuat proyek sosial untuk dunia yang lebih baik. Kami mengasistensi pemerintah,CSR Perusahaan, & komunitas mendisain proyek yang keren namun berdampak. Lalu kami menghubungkan proyek tersebut untuk mendapat pendanaan, teknologi, dll dengan menggunakan Meetchange.Ā  Meetchange adalah situs jejaring sosial baru khusus untuk kamu aktifis sosial & pegiat komunitas di Indonesia. Meetchange akan mmbantu kamu mndapatkan triliunan bantuan sosial dr pemerintah, dermawan, dan perusahaan se-Indonesia. Meetchange juga membantu kamu menemukanĀ  mentor, relawan, atau komunitas lain yang bisa kamu ajak berkolaborasi. Saya memulai Kreanovator dan Meetchange karena merasa sebagian besar sumber daya terkurung, tidak diketahui & tidak bisa diakses dengan mudah oleh siapa saja. Saat ini, Ribuan relawan,dermawan dan komunitas sosial bermunculan. Triliunan rupiah dari perusahaan & pemerintah dialokasikan untuk sosial & lingkungan. Ribuan teknologi & inovasi dihasilkan. Namun berapa banyak di antara kamu yang kesulitan mendapatkan pendanaan untuk kegiatan komunitasmu?. Banyak gagasan dan teknologi berakhir menjadi kertas pembungkus makanan, beberapa masuk perpustakaan. Sebagian besar ahli & relawan kesulitan menemukan proyek yang sesuai dengan keinginan. Mereka saling tidak mengetahui. Bagaimana jika kita bisa saling terhubung, menginspirasi, dan membantu dalam kesempatan kolaborasi tak terbatas? Menyebarkan kesejahteraan ke seluruh Indonesia dengan cepat dan tepat? Bagaimana jika kita bersama sama dapat memetakan permasalahan dari seluruh penjuru Indonesia dan Ā meetchange hadir utk membantu kamu berkolaborasi tanpa batas. We help conecting people by the better world they want to see.

4. Sebagai Founder dari Kreanovator dan Meetchange.org, bisa ceritakan apa itu kreanovator dan meetchange.org serta tujuan dari kehadirannya ? #IDStalk

Tujuan meetchange adalah mnjadikan gotong royong kembali menjadi jati diri bangsa.Ā  meetchange memanfaatkan teknologi untuk melipatgandakanĀ  dampak kolaborasi bagi pemerataan kesejahteraan Indonesia. Bagaimana @Meetchange bisa menjadi enzimā€ perubahan Indonesia? Menciptakan terobosan perubahan? misalkan,Perusahaan teknologi A di Bandung memiliki program CSR pengadaan pembangkit listrik tenaga angin. & sdg mencari wilayah perbatasan Indonesia yg membutuhkannya. Perusahaan A membuat penawaran teknologi di @Meetchange. Pemerintah kabupaten B di Papua melihat penawaran perusahaan A, dan menyatakan tertarik berkolaborasi. Komunitas mahasiswa universitas C di Johja juga melihat penawaran yang sama & menyatakan berkeinginan menjadi relawan. Miliarder D di Jakarta bahkan ikut menyumbang sebesar RP 10 Miliar. menambah kincir angin menjadi lebih banyak, mengaliri listrik ke wilayah yang lebih luas. Semua bertemu, bertukar niat baik, dan bekerja sama, menghasilkan kemanfaatan berlipat ganda. Aktifis E melihat status A,B,C, dan D ttg kolaborasi mereka, E trinspirasi melakukan hal yg sama di daerahnya sendiri. Inspirasi kolaborasi pun menyebar.Ribuan changemakers lainnya ikut memasukkan info lokasi masalah dan kebutuhan. Sehingga sumber daya dapat disalurkan secara cepat dan tepat ke seluruh Indonesia. Membagikan kesempatan pada akses kesejahteraan ke setiap orang Indonesia dimanapun. Meetchange. Menciptakan terobosan menuju Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Saat ini meetchange sedang tahap pengembangan, Yuk daftarkan emailmu utk mendapatkan info kesempatan sblm peluncuran. Buka Meetchange.orgĀ  dan submit emailmu sekarang ya!

5. Menurut kak @Al_hafi, bagaimana dampak/pengaruh dari kehadiran gerakan sosial bagi diri sendiri, orang lain, serta bangsa dan negara ? #IDStalk

Sangat penting! Tahukah kamu bahwa Indonesia termasuk 10 negara ekonomi terbesar di dunia ? (World Bank, 2013). Seharusnya, pendapatan setiap orang Indonesia adalah USD 3600 setiap tahun. Setara 42 juta rupiah per tahun untuk masing-masing 250 juta orang Indonesia. Namun,mengapa kita masih melihat kemiskinan di sekitar kita?. Pembangunan belum merata. Sumber kesejahteraan belum bisa diakses oleh semua orang. Masalah tersebut terlalu kompleks untuk hanya menjadi urusan pemerintah. Bahkan seorang presiden negara adidaya pun, Barack Obama, bilang pemerintah tidak sanggup sendiri, We need hands on deck.

6. Rintangan/hambatan apa saja yang pernah dialami saat menjalankan ide social movement ? #IDStalk

Ada banyak tantangan seperti mematangkan gagasan, membangun tim, keuangan, dll. Itu semua bisa dipelajari asalkan tidak takut jatuh. 80% resolusi saya setiap tahun gagal. Namun, perbedaannya saya tak pernah menyerah. Saya selalu ingat sebuah pepatah, ā€œbermimpilah setinggi langit, karena kalaupun gagal, kita masih jatuh di antara bintang-bintangā€ Pastikan di setiap jatuh,kita dapet pembelajaran. kalaupun gagal, kita masih jatuh di antara bintang-bintangā€ Pastikan di setiap jatuh,kita dapet pembelajaran.

7. Bagaimana cara kak @Al_Hafi melewati dan memaknai hambatan yang pernah ada? #IDStalk

Saya percaya bahwa jatuh itu bukan gagal. Gagal yang sebenarnya adalah ketika kita jatuh namun memilih untuk tidak bangkit. Analisa masalah dengan kepala dingin, Ciptakan alternatif solusi, berani mengambil keputusan dan mmpertanggungjawabkannya.

8. Menurut kak @Al_Hafi, kenapa anak muda perlu terlibat dalam sebuah gerakan sosial? #IDStalk

Dalam agama yang saya yakini, Islam, Tuhan mengatakan kebanyakan manusia adalah makhluk yang merugi.. kecuali mereka yang memanfaatkan waktunya dengan optimal, saling tolong-menolong dan nasihat-menasihati dalam kebaikan. Jadi, motivasi saya tak lebih dari sesederhana untuk manfaatin waktu hidup saya yang terbatas ini,memulai semuda mungkin. menghasilkan sesuatu yang maksimal & berguna, baik untuk diri saya sendiri, keluarga,dan orang-orang di sekitar saya.

9. Apa pesan khusus dari kak @Al_Hafi bagi anak muda yang ingin menjadi social changemaker dan membuat kontribusi bagi masyarakat? #IDStalk

Periode hidup sebagai anak muda, adalah periode hidup yang paling bebas dalam mengeksplorasi keinginan dan mimpi pribadi. Secara intelektual dan psikis,pemuda sudah cukup matang untuk memikirkan siapa saya, akan menjadi apa dan akan kemana. Hal ini didukung dg kondisi hidup yang secara umum belum memegang tanggung jawab besar, seperti menghidupi keluarga. dan memperjuangkan karir dunia kerja, yang kebanyakan menjadi penyebab pupusnya keinginan untuk meraih mimpi pribadi. dan melakukan sesuatu yang secara alami kita cintai. Teruslah menjaga idealisme. Mari terus belajar dan menjelajah, mencari hal hal baru.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *