artikel

Review IDStalk Being a Blogger : For Passion, Life, and Career

By  | 

3a71213b-c077-47cb-a994-87ed94dafb01

1. . Hallo kak @dindaps, apa kabar?  Sekarang lg sibuk apa aja? #IDStalk

Hi! Kabar baik, Alhamdulillah. Sekarang lagi roadshow #88lovelife, blogging, dan ngerjain beberapa project ilustrasi.

2. Apa sih yang jadi passion kak @dindaps dan bagaimana cara kak dinda menemukan passionnya? #IDStalk

Passion aku itu bisa dibilang ilustrasi, tapi juga creating things in terms of art, design or fashion. Aku suka gambar dari kecil, tapi gak pernah sadar kalo passion aku itu menggambar. Sampai 3 tahun yang lalu aku mulai ngerasa my day job is a pressure and illustrating is what I really love to do.

3. Bagaimana cerita awal kak @dindaps saat memulai blogging? #IDStalk

Waktu masih kuliah di tahun 2009, blog masih agak asing, but it was a really cool thing. Aku suka liat blog fotografi & design. Fashion juga suka tapi gak sebanyak reference design & photography blog itu. Dulu itu gak segampang sekarang untuk lihat hasil karya, foto atau cerita orang lain. Jadi blog adalah sumber inspirasi aku waktu itu, sampai sekarang. Tahun 2009 itu aku masih kuliah & ada kelas graphic design, aku bikin blog untuk share hasil tugas aku. Yang akhirnya jadi tempat aku sharing ilustrasi dan cerita sehari-hari. Bisa diliat archive blog aku th 2009 isinya gak penting semua hahaha, hasil coba-coba design, gambar, foto lomo, dll

4. Hal apa aja yang dirasakan saat sebelum dan sesudah memiliki Blog terhadap diri sendiri dan karier? #IDStalk

Aku gak terlalu ngerasain bedanya, because I feel like I grew up with my blog. It’s been 7 years since I started it. Tapi yang pasti sampai sekarang aku selalu suka sharing di blog aku, expressing my ideas and my thoughts. Karena sering publish ilustrasi & hasil design iseng-iseng aku di blog, aku jadi sering terima job gambar & nulis.

5. Apa aja manfaat dari kehadiran blog yang bisa dirasakan dalam dunia professional? #IDStalk

Job dari clients yang aku gak pernah kira akan liat blog aku. But apparently they did.  My blog has opened a lot of opportunities and new experiences for me. I tend to write so many random things that I like and publish my spontaneous illustrations & designs. Tapi ternyata hal-hal seperti itulah yang disukai pembaca blog aku dan potential clients. They liked it & asked me to be involved in their projects.

6. Menurut kak @dindaps, bagaimana cara membangun personal branding melalui blog? #IDStalk

Sharing apa yang kamu suka, put your self out there. Express what you like, so people can feel and see your personality in your blog. Jangan ragu untuk bikin tampilan blog beda dengan yang lain, cari yang sesuai dengan personality kamu. Untuk itu jangan males untuk coba customise sendiri template blog, belajar basic html coding untuk blog di google.

7.  Seberapa penting digital skill (seperti SEO skill) untuk mengembangkan sebuah blog pribadi? #IDStalk

Penting gak penting, tapi untuk aku kayaknya belum perlu. Karena blog aku itu sifatnya lebih ke personal expression.

8. Kalau menurut kak @dindaps, hal apa saja yang dapat membuat blog kita mampu di endorse dan berkolaborasi dengan pihak/brand ternama? #IDStalk

Kesesuaian karakter kita sebagai blogger dengan karakter brand atau pihak client. Rutin atau nggak nulis blognya. Kalau update terakhirnya 1 bulan lalu yaa kurang menarik. Kualitas tulisan itu paling penting, harus bisa nulis dari angle yang menarik. Tampilan blog juga lumayan diperhatikan, as in blog design & the photographs. If we have a strong characteristic, it will automatically attracts clients. Satu lagi yang penting utk client adalah blog traffic. Client pasti mau sponsorin blog yang trafficnya bagus.

9. Apa aja suka duka yang dialami kak @dindaps selama menjadi seorang blogger? #IDStalk

Kalo sukanya banyak yaa, tapi untuk aku ke networking dan opportunities. Bisa kenal orang lebih banyak. Tapi yang paling aku suka sih lebih di kebebasan untuk self expressing. Duka nya lebih ke pribadi juga, suka sedih kalo lagi gak rutin update blog. Jadi kayak lagi tidur blognya hahaha

10. Terakhir, apa tips yang ingin disampaikan kak @dindaps untuk anak muda yang tertarik dunia blogging? #IDStalk

Don’t think twice in starting a blog, just do it and express yourself in your blog. I started my blog as a hobby and never expected that it will bring me to lots of opportunities like today. Waktu aku baru mulai kerja kantoran, blog aku jadi bahan perhitungan utk dapetin posisi aku saat itu di bidang digital. Publisher aku juga awalnya ngajak aku utk nulis buku karena liat blog aku. Mereka suka cara aku nulis tentang style. Gak hanya tulisan, tapi juga ada design layoutnya (yang iseng-iseng itu tadi). So I might say that writing a blog will bring soooo many benefits to you, both tangible and intangible. Oiyaa jangan terlalu money oriented waktu baru mulai menulis blog. Karena nanti terasa moodnya gak genuine & you’ll be under pressure. Just let your ideas and thoughts flow freely.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *