artikel

Review IDStalk Bekerja di Pelosok Negeri

By  | 

CkbKu7LVEAAK0Wg

  1. Hallo kak @intanwierma Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Halo! Lagi ngurusin MAP recruitment sama persiapan next project-nya program Ibu Rumah Terang (Mothers of Light)

  1. Apa sih Nusantara Development Initiative itu? #IDStalk

NDI adalah social enterprise yang berfokus pada 3 aspek: Women, Technology, Social Impact. NDI memberdayakan perempuan di pelosok negeri untukjadi wirausaha lampu tenaga surya yang dikenal sebagai Ibu Rumah Terang. IRT memperkenalkan lampu tenaga surya ke masyarakat. Sehingga mereka punya sumber penerangan yang sehat,aman,dan hemat. Dengan begitu, NDI membantu IRT & Masyarakat keluar dari permasalahan energy poverty dengan usaha mereka sendiri.

  1. Apa tujuan didirikannya NDI? #IDStalk

NDI didirikan di Singapore oleh student group Indonesia – Singapore yang sedang berkuliah di NUS, NSU, NTU. NDI pindah ke Jakarta 2 tahun lalu agar lebih dekat dan mudah untuk menjangkau pelosok Indonesia yang jadi fokus NDI dari awal. Meski founding team saat itu masih mahasiswa, mereka ingin membangun sesuatu yang impactful & terstruktur seperti proper NGO. So, they were young but wanted to initiate something big. Hingga lahirlah NDI dan berkembang seperti sekarang.

  1. Mengapa kak @intanwierma memilih untuk bekerja di daerah pelosok/pedalaman? #IDStalk

Karena saya yakin tidak ada jalan tercepat untuk membuat sebuah perubahan selain berada di bottom of pyramid. Bagi saya tidak bisa hanya lihat & berasumsi, tapi pergi & rasakan seperti apa berada di grassroots. Then u’ll know what to do!

  1. Bagaimana respon keluarga dan orang-orang terdekat saat kak @intanwierma memilih bekerja di daerah pelosok? #IDStalk

Pasrah karena ini passion saya. Iri karena saya punya kesempatan menjelajah & memahami negeri. Kangen karena sering ilang sinyal haha

  1. Menurut kak @intanwierma, apa perbedaan saat bekerja di pelosok jika dibandingkan bekerja di perkotaan ? #IDStalk

Di NDI, tim harus mampu bekerja dalam urban & village setting dengan sama baiknya. We never compromise our quality of work. Hanya saja, saat di pelosok, segala sesuatunya lebih unpredictable, harus lebih kreatif karena keterbatasan sumber.

  1. Menurut kak @intanwierma apa alasan anak muda khususnya freshgraduate untuk bekerja di daerah pelosok? #IDStalk

Dulu, ada yang bilang ke founder NDI “Ga mungkin ada anak muda mau jauh dr AC dan pergi ke pelosok klo bukan traveling.” Tp beliau kekeuh nyebar recruitment. Nyatanya, ada lebih dr 50 pendaftar. Hingga NDI bisa membuktikan bahwa masih banyak sekali anak muda Indonesia yang mau berbuat sesuatu untuk negaranya. Asumsi anak muda perlu alasan super untuk ke pelosok itu harusnya ga ada. Karena cuma 1 alasan : MAU dan itu harus tulus.

  1. Apa tantangan dan hambatan yang pernah ditemui kak @intanwierma saat bekerja di daerah pelosok? #IDStalk

Kadang sulit merealisasikan program karena key leaders tidak melihat betapa besar impact program IRT untuk desa mereka.. Terkadang dianggap sebagai orang luar tanpa melihat apa yang ingin kami lakukan.

  1. Bagaimana kak @intanwierma menghadapi hambatan yang ada? #IDStalk

Memutuskan untuk tinggal lebih lama untuk meyakinkan mereka. Community Development butuh kesabaran dalam prosesnya. Gagal karena penolakan dari masyarakat sendiri adalah realita yang sering terjadi. Harus selalu siap dengan kemungkinan tersebut.

  1. Terakhir, apa yang ingin disampaikan kak @intanwierma untuk anak muda mengenai bekerja di pelosok ? #IDStalk

Harus datang dengan motif yg benar. Genuine feeling. Bukan sekedar ingin mempercantik CV. Do not have saviour mentality. Kita hanya membantu mereka untuk build up their strength, to be independent. The saddest thing about poverty isn’t that people are poor,but they have in themselves, the potential to be great. Kemudian daftar MAP! Info lebih lanjut follow Instagram dan twitter NDI @mothersoflight Thank you!

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *