artikel

Review IDStalk Berkarya dan Berkontribusi Untuk Kesehatan Bangsa

By  | 

Co2q4T2UAAEyKqE

 

  1. Hallo mbak @ciwitti Apa kabar? Apa aja kesibukannya saat ini? #IDStalk

Halo @IDstudentjob, kabar baik πŸ™‚ Masih sibuk dengan dunia kesehatan.

  1. @ciwitti Bisa ceritakan kuliahnya jurusan apa dan pengalamannya selama kuliah seperti apa ? #IDStalk

Dulu saya kuliah di Program Studi Gizi UI. Selama kuliah juga suka sekali dengan kegiatan kemahasiswaan. Waktu kuliah pernah bergabung dalam @akgfkmui, @ILMAGI dan HPEQ Student. Semua pengalaman organisasi membuat mata saya terbuka lebar tentang isu gizi & kesehatan Indonesia. Rasanya ilmu yang didapat di kampus jadi bermanfaat dan bisa mulai dipraktikkan melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

  1. @ciwitti Bisa ceritakan apa itu Indonesian Young Health Professional Society ? #IDStalk

Saya bergabung dg Indonesian Young Health Professionals’ Society setelah lulus kuliah. IYHPS adalah komunitas profesional kesehatan muda dari berbagai disiplin ilmu kesehatan. saat ini ada dokter, dokter gigi, bidan, perawat, ahli gizi, ahli kesehatan masyarakat, dan apoteker di IYHPS.Β  IYHPS fokus pada penguatan kolaborasi interprofesi kesehatan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan Indonesia. Ohya, IYHPS adalah organisasi yang bersifat non-pemerintah, netral, dan non-profit.

  1. @ciwitti Apa saja kegiatan dan program yang ada di @IYHPS? #IDStalk

Kegiatan IYHPS selalu berbasis kolaborasi interprofesi kesehatan, baik di bid.pendidikan dan sosial. Salah satu kegiatan IYHPS adalah Seminar & Training Interprofessional Education & Collaboration (IPE/IPC). IYHPS juga membuat berbagai modul, seperti modul IPE & IPC, serta modul kesehatan reproduksi. IYHPS juga melakukan penyuluhan/edukasi kesehatan oleh berbagai profesional kesehatan muda. serta melakukan kampanye kesehatan melalui media sosial. IYHPS juga punya kegiatan menulis melalui PENAKES (Penulis Muda Kesehatan). Teman-teman bisa ikut serta di sini πŸ™‚ IYHPS juga ingin membangun IPE Center di Indonesia dan sedang mempersiapkan hal-hal yang diperlukan.

  1. Apa yang membuat @ciwitti memilih bergabung di @IYHPS? #IDStalk

Saya memilih bergabung di IYHPS karena ingin terus berkontribusi & bermanfaat untuk kesehatan Indonesia. saya melihat bahwa praktik kesehatan yang berbasis kolaborasi adalah cara yang efektif namun belum banyak yang tahu. Masih banyak pula tenaga kesehatan yang belum terbiasa untuk berkolaborasi. saya ingin praktik kolaborasi kesehatan bisa mengakar di tenaga kesehatan demi peningkatan kualitas kesehatan.

  1. Sebagai kepala Humas, apa saja yang menjadi peran dan tanggung jawab mbak @ciwitti di @IYHPS? #IDStalk

Sebagai humas IYHPS saya bertanggung jawab menghubungkan IYHPS dengan pihak luar, seperti stakeholders & partner lainnya. Sebagai humas, saya juga ikut mengurus media sosial & channel lainnya yang digunakan IYHPS untuk berhubungan dengan public.

  1. Sejauh ini, seperti apa tantangan serta suka duka yang pernah dirasakan oleh mbak @ciwitti ? #IDStalk

Kami sering bertukar ilmu antar profesi kesehatan sehingga menambah wawasan & perspective dalam menanggapi isu. Karena kami dari latar belakang pendidikan kesehatan yg berbeda, tentu perlu banyak toleransi πŸ™‚ apalagi pengurus & anggota tersebar di penjuru Indonesia. Jarak selalu punya pengaruh, tapi kita komit maju bersama. Together we can!

  1. Menurut mbak @ciwitti bagaimana kondisi dari kualitas kesehatan masyarakat Indonesia saat ini dan bagaimana kepedulian anak muda sejauh ini? #IDStalk

Kualitas kesehatan Indonesia masih perlu ditingkatkan. Misal, Angka Kematian Ibu sudah mulai turun tapi masih jauh dari target MDGs. Prevalensi penyakit menular (misal HIV) & tidak menular (diabetes, hipertensi, dll) juga masih tinggi. Menurut saya saat ini anak muda sudah banyak yg peduli dengan kondisi & kualitas kesehatan Indonesia. Buktinya, banyak kegiatan sosial kesehatan yang dilakukan oleh anak muda, bahkan dari background non-kesehatan. Kini jg banyak jaringan/perkumpulan anak muda yang berfokus pada isu kesehatan. Semakin banyak anak muda yg berolahraga rutin jg menunjukkan bahwa mereka peduli & menjaga kesehatan dirinya.

  1. Menurut mbak @ciwitti hal apa yang dapat dilakukan anak muda khususnya mereka yang berlatar kesehatan untuk meningkatkan kesehatan bangsa? #IDStalk

Banyak yang bisa dilakukan anak muda, misalnya terjun langsung ke masyarakat, melakukan magang, dsb. Terjun ke masyarakat tdk hanya bermanfaat utk orang sekitar tapi juga belajar hal-hal yang tidak ada di gedung perkuliahan. Anak muda kesehatan juga harus menulis! Tuangkan pengalaman, opini, dan pikiranmu dlm tulisan. Tulisan bisa menjadi media advokasi dan bertukar pikiran dengan orang lain. Teman2 boleh ikut PENAKES.

  1. Terakhir apa pesan yang ingin disampaikan mbak @ciwitti untuk anak muda yang sedang menyimak #IDStalk saat ini? #IDStalk

Kaum muda adalah pemimpin masa depan bangsa. Anak muda perlu merasa terpanggil hatinya untuk berkontribusi bersama dalam meningkatkan kesehatan bangsa. Sering-seringlah terjun ke masyarakat dan lihat langsung apa yang terjadi di luar sana. Perkaya diri dengan berbagai kegiatan di luar kampus (tanpa melupakan tugas utama untuk belajar). Sejak dini, biasakan berkolaborasi dengan banyak orang dari beragam disiplin ilmu utk menuntaskan sebuah isu. Biasakan pula menulis sejak dini. Tuangkan pengalaman dan pikiran dlm tulisan. tentunya, jangan ragu untuk berkarya. Anak muda itu kan kreatif πŸ™‚ toh demi masa depan & kesehatan bangsa.

mm
Situs kerja khusus pelajar, mahasiswa dan baru lulus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *